Tuesday, October 3, 2017

punya bayi, apa yang harus dibeli?



Ketika newbie belanja untuk si newborn.. 
Finally hit the 38 weeks! Woohooo! 

Karena sudah dekat waktunya bongkar muat, beberapa teman menyarankan saya untuk mulai mencicil membeli perlengkapan bayi. Apa saja? Banyak, gila. Terus apa sih yang pertama kali harus dibeli? 

JAWABNYA: SEPATU 

Tapi itu kalo saya. 
Dan saya adalah contoh yang salah. 
Jangan ditiru, ya. 
Uhm..
  
Mungkin ada sekitar 40% barang-barang yang ada di daftar perlengkapan yang harus dibeli untuk newborn yang saya ga familiar dengan istilah-istilah yang digunakan. Cup feeder? What's dat? Clody? Sorry, say it again? Baby bather? Naon eta? Terangkanlah.. 😕 Did i mention that i am a newbie? Oh iya, perlu ditambahkan selain pemula, mungkin agak bego juga.. 

*kemudian merenung.. 

Pertama, baju bayi

Saya sudah banyak dengar bahwa beli baju bayi newborn sebenarnya ga perlu banyak-banyak. Karena mereka akan cepet gede dan alhasil jadi ga kepake. Lagian konon juga nanti bakal banyak yang ngasih kado baju #geer. Jadi saya beli secukupnya aja. Karena saya pemalas dan wanita karir yang sukses sibuk, saya membeli via Tokopedia. Banyak loh yang jual paketan baju buat newborn. IDR 300.000,- udah include 6 kaos, 6 celana dalam, 6 singlet, dll. Tinggal pilih, transfer, duduk cantik, lalu dateng deh paketnya. Saya dapet bocoran untuk rekomendasi merk baju newborn yang oke adalah merk Fluffy atau Libby, jadi saya beli merk Libby. Dan pas dateng, cukup puas dengan barangnya. Murmer lagi. Top, deh! 

Oh ya saya beli dua paket yang berbeda. Satu untuk 0-3 bulan, satu lagi 3-6 bulan, karena konon lagi katanya kita ga tau kalau ternyata anak kita pas brojol ternyata gondut, dan baju yang ukuran 0-3 bulan itu cuma muat beberapa minggu aja. So, kalo saya sih akhirnya beli dua ukuran baju yang berbeda. 

My random thoughts: Pengen cari kostum karakter yang lucu buat photo session si newborn abis lahiran nanti. Apa kek, kostum jerapah kek, kuda nil kek 😴  Btw, kira-kira abis lahiran gw udah bisa pegang kamera buat foto-fotoin anak gw belom, ya? 

Kedua, printilan macem perlak, kain bedong, alas ompol, gurita, selimut bayi dll
Ini juga sama, saya beli di tokopedia. Hahaha. Kain bedong saya juga beli merk Libby dan Velvet. IDR100.000,- dapet 3 pcs. Alas ompol saya ga beli, karena rencananya saya mau pakein diapers aja. Konon newborn itu sering banget pup dan pipis, daripada repot nyuci ya, kan? Praktisnya pake diapers aja, lah, ya. Selimut saya beli merk Baby Bee. Bahannya lembuut, harganya juga ga mahal-mahal banget. 

My random thoughts: Gurita? Apaan tuh? Buat dipake sampe puput? Puput? Apaan tuh, bray? 

Ketiga, perlengkapan mandi semacam ember yang lonjong buat bayi, wash lap, anduk bayi, skin care buat bayi dll

Ini sih udah ngerti barangnya kaya gimana aja. Tapi baru beberapa yang dibeli, sisanya nanti aja lah, gampang carinya. Yang lucu, temen saya bilang kalau dia baru beli ember merk Puku seharga IDR300.000,- kelebihan dari ember tersebut adalah bawahnya bisa dibuka tutup sehingga kalo abis mandiin bayi, tinggal buka bagian bawah embernya dan airnya bisa langsung kebuang. And i was like.. 

"Emang penting yah ember bisa dibuka tutup bawahnya?"
"Penting, lah! Nanti kan lo lagi sambil megang bayi terus repot mau buang airnya?" 
"Tinggal ditendang pake kaki tar kan embernya terguling, airnya kebuang, deh." 
"......." 

#kemudianhening 

My random thoughts: Bayi kenapa sih harus mandi tiap hari? Kan belum aktif bergerak yang ampe berkeringet gitu, keluar rumah juga jarang-jarang pasti. Masa iya udah ada dakinya atau bau ketek, gitu? Gw aja mandi sehari sekali, gitu. Kikkkss...

Keempat, perlengkapan gendongan, diaper bag, box bayi, stroller, bouncer,  car seat dll

Gendongan? Saya sebel deh, gendongan yang saya taksir kok mahal-mahal banget sih harganya? Mending kalo mau punya anak 12, kan bisa dipake lagi dan lagi. Ini kan engga. *face palm*. 

Baby box juga ga beli, padahal pingin sih. Tapi dipikir-pikir kamar cuma seuprit ditambah lagi ada box bayi. Ya udalah ya, Nak, kita tidur bertiga aja seranjang sama Bapak kamu biar kita makin akrab.. 

Car seat? Ini saya harus banget beli kayanya, secara nanti bakal sering berduaan doang sama si bayi sementara bapaknya nyari duit dan saya cuti melahirkan. Saya udah feeling kalo saya ga bakal betah di rumah terus-terusan, jadi rencananya ni bayi mau saya bawa aja jalan-jalan nek mobil berdua, so i think i am gonna need one. 

Diaper bag? Agak kurang penting, ga sih? Semacam cuma marketing gimmick biar mamak-mamak newbie pada heboh beli tas baru. Padahal sih bentukannya ya begitu-begitu juga, sama kaya tas-tas non diaper. Stroller? Saya beli yang merk kelas menengah ngehek laah. Merknya Elle. Bouncer? Belum ngerti banget ini alat fungsinya buat apa? And will my daughter like it? Jadi belum dibeli juga, liat nanti, deh. 

My random thoughts: Kenapa semua ibu menyusui sekarang keknya pake tas merk Gabag? 

Kelima, yang paling peer banget, alat pumping (dan sterilizer) 

Ini asli deh bingung banget belinya. Karena saya akan jadi ibu bekerja, alat pumping ini hukumnya udah wajib banget sebagai alat tempur mamak-mamak kantoran yang mau ngasih ASI. Masalahnya adalahnya, tiap saya browsing review alat-alat pumping, yang keluar bermacam-macam review panjang lebar dengan kesimpulan akhir: alat pumping tuh cocok-cocokan, cocok di ibu Anu belom tentu cocok di Ibu Una. 

Terus gw harus beli semua gitu? 😩

Ada juga yang nyaranin untuk sewa dulu aja. Supaya tahu alatnya cocok apa enggak. Dan ni alat pumping juga harganya bukan cuma seratus dua ratus ribu (kalau yang electric), jadi saya masih bingung mau beli merk apa. Untuk first step, karena katanya kalau di awal bagusnya pake manual, saya beli aja yang murmer dulu. Beli merk apa? Well.. based on Tokopedia.. (lagi-lagi tokped, anyway thanks tokped, please endorse saya, lah!) saya klik bagian ulasan penjualan alat breast pump terbanyak dan hasilnya adalah... 

Urutan pertama: Spectra 9 Plus Breast Pump Electric
Yang ngereview ada 379 dan rata-rata puas sama alat pumping ini. Tingkat penjualannya juga tertinggi di tokped. Jadi beginilah.. karena saya pusing baca review dan artikel panjang lebar, saya langsung aja liat lah demand tertinggi ke barang apa, i like numbers better. Konon ni alat pumping bisa buat dua payudara sekali pumping. Memiliki dua ritme pas mompa; ritme stimulasi massage dan ritme expression/memerah dan sudah closed system jadi ASI ga bakal masuk ke selang. Harganya? IDR1.665.000,- 

Urutan kedua: Claire's Electric Breast Pump 
Merk ini saya baru denger pas buka di tokped. Sebelumnya yang udah saya sering denger dan direkomendasikan orang-orang adalah Medela, Avent, dan juga Spectra. Si Claire's ini malah saya baru tahu. Tapi ternyata tinggi juga demandnya. Reviewnya juga banyak yang puas. Mungkin karena harganya murah, ya? Cuma IDR295.000,- bayangin? Jauh kan harganya ama Spectra. Tapi saya sih tipikal orang yang percaya ada harga ada rupa. Terus jadi saya beli Spectra, gitu? 

Oh tentu tidak! Saya ga beli keduanya. Saya beli Claire's Manual Breast Pump Ergonomic yang harganya cuma IDR125.000,- hehehe.. Terus terang saya belum berani beli yang mahal atau yang bagus sekalian karena takutnya ga cocok dan jadi mubazir. Meskipun, saya pinginnya sih berusaha sekeras mungkin buat ngasih ASIP buat anak saya, jadi beli alat pumping mahal engga apa-apa deh, daripada beli susu formula, ya, kan? Tapi nanti dulu, kayanya saya harus banyak-banyak riset dulu soal alat pumping. Untuk sterilizer nya saya beli merk Crown, rekomendasi dari kakak saya dan harganya juga tengah-tengah. Ga terlalu mahal or terlalu murah. Oke, lah!

Terakhir, tentunya buat emaknya.. 

Sepatu Timberland biar kakinya kuat pas gendong bayi, sepatu running Asics atau Nike juga boleh, biar semangat work out abis lahiran, baju yang kancing depan buat menyusui, terus bra menyusui, terus gurita, katanya biar perutnya nanti ga bleber setelah melahirkan. Apalagi, ya? Saya juga beli Palmer's stretch mark massage cream. Takut pecah-pecah ih perutnya, mudah-mudahan tetap mulus kaya Beyonce. Ini cream baunya enak deh, kek cocoa-cocoa gitu, dan ga lengket. 

Oh ya, selama 8 bulan ini saya bener-bener ga peduli sama perawatan kulit muka sendiri. Rasanya malaaass banget nyuci muka. Di bulan ke delapan kehamilan, setelah menyaksikan sendiri betapa banyaknya orang yang bilang gw degil, saya jadi mulai rajin lagi perawatan muka. Saya pake face mask dari The Body Shop yang seri Himalayan Charcoal. Best buy, banget, deh! Aku sukaaa! Mirip-mirip, lah sama masker Glam Glow dan produk ini juga aman buat ibu hamil. 

Sekarang saya udah masuk 39 weeks dan still no signs from the baby kapan dia mau keluar. Baiklah, kita nikmati aja dulu me time selagi bisa ya, kan? Sembari deg-deg serrrrr nunggu kontraksi yang tak kunjung datang, rasanya lebih deg-degan dari final PON ternyata, ya? Hahaha.. Ok then, wish me luck dear readers! :) 

***

4 comments:

  1. Wahahahaaa. Asli ngakak baca ini Mbak. XD

    Hmm, selamat 38 minggu yaaaa. Semoga nanti pas hari H persalinan dilancarkan dan ibu juga bayi dalam keadaan sehat wal 'afiat. Aamiin.

    ReplyDelete
  2. udah nungguin lama update nya eh pas ngecek lg udah dua postingan. sebenernya nungguin cerita soal ngisi rumah atau marriage lyfe soalnya kalau saya blm ngisi hehe, but good sharing for mypreparation. semangat semoga sehat teruuuus aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eheheheee thank you sudah mampir dan doanya. :D :D

      Delete