Monday, February 5, 2018

#livingwithOzzu: jadi ibu menyusui tidak boleh congkak

#LivingwithOzzu adalah series yang akan saya tulis berkala based on pengalaman saya menjadi ibu baru. Mau nulis pake label parenting tapi kok malu ya? Karena justru yang akan saya tulis kayaknya kebanyakan contoh yang salah yang tidak perlu ditiru. So anyway, here we go.. first post, its about ON BECOMING A BUSUI! :D 

Dulu sebelum menikah, saya pernah membaca beberapa postingan AIMI dan beberapa organisasi sejenis di media sosial. Isinya mengenai ajakan untuk menyusui bayi. Dan waktu itu yang tercetus di mulut saya adalah: 

Lagian ngapa dehh ada ibu yang ga nyusuin anaknya? Aneh banget, sufor kan mehong!

Later on, saya baru tahu kalau kalimat di atas adalah kalimat laknat yang pabila didengar oleh seorang ibu yang ngasi sufor ke anaknya, niscaya, saya akan disumpahin tujuh turunan. 

Brohhhh... gue pikir nyusuin itu gampang, tinggal templok lalu ngocorrr bak air keran. 

*Ngocor pantat lo item, kata ibu-ibu.. 


Anyway.. setelah jadi ibu menyusui, pernah ga sih kalian ngeliat postingan foto seorang ibu di instagram dengan satu freezer khusus ASIP yang isinya penuh banget bleber-bleber sampe susah ditutup, kira-kira kaya gini.. 



dan komen kalian adalah..

ANJIR 

Sorry revisi..
ANJEEEERRRR!!! 

masih kurang gede, Luh, masih kurang efek dramatisnya. 


*Lalu menatap nanar pada pompa ASI yang isinya cuma ngotorin botol.. 

Percayalah.. rasanya sangat menyesakkan dada. Di hari pertama Ozzu lahir ke dunia, dia sudah harus masuk NICU karena menelan ketuban. Alhasil, Ozzu harus diinfus dan pihak NICU membombardir ruangan saya dengan telepon terus menerus, 

"Bu, ASInya sudah keluar? Bisa tolong dikirim segera ke NICU?" 
"Bu, gimana? ASInya sudah ada? Bisa tolong segera ke NICU?" 

Stress ga, lu? Pengen gue banting aja tu suster telepon. 

Pala masih puyeng, duduk aja belum boleh, ASI seret banget. Belom-belom udah diminta 30ml. Gimana ga pengen ngamuk? Udah dipijet-pijet sampe ruam merah di payudara, tetep aja hasilnya paling banyak cuma 10ml. Itu pun setelah berusaha sekian lama. Sampai di hari kedua, pagi-pagi NICU telepon lagi, dan suster di telepon bilang, 

"Bu, kalau ASI nya belum bisa keluar, izin untuk menggunakan susu formula, ya? Bagaimana?"

Mendengar kata SUSU FORMULA, langsung deh dengan segenap hati saya minta copot kateter dan langsung turun ke bawah. (Saya di lantai 5, Ozzu di NICU di lantai 2). Tapi emang the power of jadi emak-emak kali ya, demi bisa menyusui si Ozzu langsung, jalan kaki ke lantai 2 ga kerasa sakit sama sekali tuh meski saya abis operasi. Yang ada di pikiran saya pokoknya cuma mau nyusuin langsung aja biar bisa lebih lancar keluar ASI nya. 

Alhamdulillah, ASI bisa keluar ketika Ozzu menyusu langsung, alhamdulillah lagi Ozzu juga cukup pintar nyusunya, dia langsung nemplok di puting dan nyot-nyot. Masalahnya.. dia nangis tiap dua jam sekali dan saya ga bisa terus-terusan stand by di situ. Saya tetap butuh ASIP dan payudara saya ga bisa dipompa. Di tengah kemelut dan pergulatan batin itu, dokter lagi-lagi menawarkan sufor atau cari donor ASI. Donor ASI, entah kenapa saya kurang sreg, terlalu banyak terms and conditions nya dan saya ga lagi di posisi yang pas untuk take risks itu. 

Ngeliat saya yang lelah dan mompa tanpa hasil, suami saya juga akhirnya mengizinkan dokter memberikan sufor ke anak saya. Ya sudahlah, tokh bukan racun? Daripada Ozzu dehidrasi dan akibatnya lebih fatal, ya kan? Akhirnya saya pun ikhlas. "Ya uda lah, sufor juga apa-apa, yang penting Ozzu bisa keluar secepatnya dari NICU." So sufor it is.. 

Konon Pak Ustad pernah bilang, ketika kita ikhlas dan bersyukur, maka hati lebih lega dan rejeki akan ditambah. Eh.. nel uga Pak Ustad. Di hari ketiga, rejeki yang dinanti-nanti tiba. ASI saya keluar. Memang belum banyak, sih. Tapi lumayan lah, suami saya sudah bisa bolak-balik ke NICU untuk setor ASIP. Di hari ke empat, saya dan Ozzu sudah boleh pulang dan ASI saya makin deras, bahkan sampai rembes. 

Problem solved, dong? Oh tentu belum. Seperti kubilang di judul, JADI BUSUI TIDAK BOLEH CONGKAK! Ok, ini daftar kecongkakan saya yang tidak perlu ditiru, ya! 

CONGKAK #1: Baru menabung ASIP saat cuti melahirkan di bulan kedua

Dari hamil 5 bulan, payudara saya sudah mengeluarkan cairan yang bisa sampai membasahi baju. Orang-orang bilang itu bagus, nanti ASInya lancar. JUMAWA DONG GUE. Nanti aja lah nabung ASIP nya, tokh ASI banyak ini. Sampai di bulan kedua, saya baru beli pompa Spectra 9 plus yang banyak good reviewnya. Harganya lumayan kalo buat saya, 1.7 juta. Begitu dicoba, zonk! Seret banget sist, ga keluar! 😂 Lalu saya coba Tomee Tippee yang mana ternyata sama juga, tetap seret! Barulah gw mengetahui fakta bahwa, PAYUDARA SAYA EMANG GA BISA DIPOMPA. ANEH BANGET POKONYA! GRRRHHH... 

Lalu selama beberapa hari kemudian, saya mompa dan berhasil nabung meski cuma sedikit banget. Bayangin, sehari cuma dapet 100ml. Itu pun hasil pumping seharian disatuin, dapet deh 100ml. Cry banget, kan? Padahal kalo saya lagi direct breastfeeding, payudara yang ga ditetein netes-netes banyak banget. Tapi kalo dipompa susah banget keluar. Sempet terpikir bahkan sudah pasrah, kalau Ozzu cuma bisa minum ASI sampai 4 bulan. Sisanya mungkin ASIP saya bakal habis dan yasudala... saya beli sufor aja. 

Sampe pada suatu hari, temen saya merekomendasikan sebuah alat penyelamat hidup saya, yakni:........ SILICON BREASTPUMP! Awalnya sih niatnya cuma mau nampung ASI yang netes-netes di tete sebelah kalo saya lagi nyusuin. Tapi ternyata pas saya pake, oh wowww.. sekali sesi netein saya bisa dapet 70ml dari satu payudara yang netes! Amazing ga, sih?? 

Kesel banget saya baru tahu alat ini pas udah tinggal satu bulan cuti lahiran. Alhasil, selama sisa sebulan itu, langsung kejar setoran lah. Tiap netein pasti sambil pake silicon. Alhamdulillah pas masuk kantor saya punya tabungan sekitar 90 botol ASIP isi 100ml. Still, its not that much though, but i hope its enough. 

CONGKAK #2: Merasa ASInya banyak 

Hari pertama saya masuk kerja setelah tiga bulan melahirkan, saya sudah siap berangkat ke kantor dengan peralatan perang (baca: alat pompa manual dan silicon breast pump). Ketika saya sampai di nursery room kantor untuk naro peralatan perang saya, iseng deh cek kulkas nursery. 

Glek. Pagi-pagi temen saya udah dapet 300ml aja. 

Sungguh ku merasa kecil. 

Tapi ketika saya pumping bareng sama dia, dia kaget sendiri liat metode pumping saya. Yakni dipancing pake pompa manual sampe LDR lalu saya ganti templokin silicon breast pump dan dibiarin aja gitu ngalir sendiri sampe penuh 100ml. 

"Waaah? Lo netes-netes doang aja bisa penuh gitu yaa? Enak banget idup lo ga usah pegel mompa udah ngalir!" komen dia. 
"Ahh masi kalah lah sama lo mah, pagi-pagi uda 300 ml.." kata saya.
"Hah apaan? ITU MAH HASIL MOMPA KEMARENNN!!" 

SEKETIKA KU MERASA JUMAWA LAGI. 

Ternyata gue canggih juga eeaaa. 
Azeek. 

Saya masih jumawa sampai pulang ke rumah dengan membawa 500ml ASIP yang berhasil dipompa di kantor. Saya masih jumawa di kereta ketika perjalanan pulang dan mengingat pembicaraan di ruang nursery. Saya masih jumawa ketika mengeluarkan botol-botol ASIP dari cooler bag dan memasukan ke kulkas. Saya masih jumawa sampai mbak di rumah yang jaga Ozzu nyeletuk.. 

"Bu, tadi saya ngambil lagi ASIP di kulkas atas soalnya kurang, jadi total Ozzu tadi habis 10 botol.." 

APAAA??? 
SEHARI BUTUH 1 LITER??? 
ANJEEERRRR!
💆💆💆💆

Perasaan dari beberapa literatur yang saya baca, bayi tiga bulan menghabiskan sekitar 700ml doang selama 10 jam. Tetiba palaku pening. Apalah arti 500ml yang kubangga-banggakan, cuma bisa memenuhi setengah kebutuhan ASIP ozzu selama saya tinggal. Kalau setiap hari saya nombok 500ml, sementara saya cuma punya tabungan ASIP 90 botol. Kira-kira sampai kapankah saya bisa bertahan untuk ASI ekslusif? Sampe ga ke 6 bulan? 6 bulan juga udah ALHAMDULILLAH BANGET YA ALLAH. You do the math laah.. 

Oleh karena itu dear para busui.. demikianlah salah satu cerita yang bisa diambil pesan moralnya: JADI BUSUI TIDAK BOLEH CONGKAK, tidak boleh jumawa, karena percayalah, di atas langit, ada langit, jikalau ASI mu banyak lalu congkak, ternyata kebutuhan anakmu jauh lebih banyak. Ok, paham, ya?

Another lesson learned, jadi busui itu takes a huge commitment! Apalagi buat ibu bekerja, wawww banget deh. Jadwal pumping harus disiplin, boro-boro mikirin KPI kerjaan ya, mikirin KPI ASIP aja kita udah pening pala. Pulang kantor bawaannya pengen sprint aja gue dari kantor ke stasiun. Semakin cepat gue pulang, semakin cepat gue bisa direct breastfeeding dan semakin sedikit juga ASIP yang dibutuhkan. 

Beruntunglah aku punya bos yang cingcay banget ga demanding, asal kerjaan kelar. Ga kebayang kalo jadi pegawai yang workloadnya ampun-ampunan plus bosnya ga pengertian. Haduuh.. SUFOR MAHAL? Nyoongg, ASI lebih mehong. Hahaha. Belom pompanya, belom, printilannya, belom ASI booster. Haillll busui yang working mom, laah! Aku sungguh salut! 

Demikianlah pembaca.. (seperti biasa cem banyak yang baca) sampai bertemu di #LivingwithOzzu series berikutnya, ya! :D  

*Brb ngemil sayur katuk* 

***

4 comments:

  1. ka galuh, ku kan baca post sebelumnya soal perlengkapan bayik dan comment kaka soal diaper bag, setelah ngerasain keluar rumah bareng bayik kira2 perlu gak pake diaper bag? kalau kaka pake apa ? makasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku si pake tas deuter kikki hihihi.. tas gunung buat anak kecil gitu hehee.. biar nanti uda gedean bisa dipake sendiri sama si ozzu :D

      Delete
  2. Kak perlu ga sih asi booster? Sebenarnya asi di pd itu udah sesuai dgn kebutuhan bayi ga sih takarannya? Maksudnha gini, bayinya kakak bisa 1000ltr/hari itu dibiasakan banyak mimik atau emang tubuhnya butuh segitu? Atau gini, ketika jumlah asi standar maka bayi akan terbiasa dgn jumlah tsb? Karena ki jrg asip,bayi sukanya direct, tapo gimana kira bisa tau bayi cukup asi ketika direct?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai... kalo kebutuhan ASI bayi itu gimana tubuh bayi itu sendiri. Beda-beda tiap bayi, jadi bukan karena dibiasakan. Intinya sih prinsip ASI itu supply = demand. ASI baru produksi ketika payudara kosong. Kalau payudara ga dihisap bayi atau tidak dipompa, si badan kita akan mikir, "Oh udah ga ada kebutuhan ASI nih" lalu produksinya menurun deh.. Makanya tiap orang kalau pumping ASI jumlahnya bisa beda-beda, kalau bayinya sering nyusu, produksinya akan lebih banyak. Meanwhile in my case, karena kerja dan kadang suka ga disiplin sama waktu pumpung, lama kelamaan menurun deh produksinya. Nah dalam case kaya aku gini biasanya si ibu jadi konsumsi ASI Booster supaya produksinya ga menurun. Demikian, semoga membantu ya :D

      Delete