Sunday, August 27, 2017

the honeymoon: mendaki gunung kinabalu


*A very very late post! Udah setaun lebih dan baru sempet nulis tentang Kinabalu sekarang. Tapi tetep diposting akhirnya meski udah basi. Mudah-mudahan bisa membantu siapapun yang mau mendaki Kinabalu. Enjoy! :) 

Senin 15 Agustus 2016

Subuh. Saya sudah bertolak menuju bandara Soekarno Hatta lengkap dengan suami dan dua carrier besar. Ciyee suami. Kami baru saja dua hari menikah. Badan rasanya masih pegal-pegal dan lelah, tapi dari semua rangkaian acara pernikahan kami kemarin, ini yang paling saya tunggu-tunggu, honeymoon... ke gunung... Kinabalu!

"Ngebut, Pak!" kata saya ke supir taksi.

Kami sedikit telat. Uhm, maklum pengantin baru. Dari Soekarno Hatta, kami akan berangkat ke Kuala Lumpur untuk transit dengan Lion Air, lalu lanjut pakai Air Asia ke Kota Kinabalu. Ini adalah tiket termurah yang berhasil saya dapatkan via Airpaz.  And by the way, saya baru sekali ini pesan tiket via Airpaz dan super duper puassss. Harganya beda hampir Rp 500.000,- lebih murah dari portal pencari tiket yang lainnya. Hihi..

Di Kuala Lumpur kami transit sekitar 2 jam dan langsung bertolak lagi menuju Kota Kinabalu dengan lama penerbangan sekitar 1 jam. Sampe di bandara Kinabalu, kami naik bus seharga RM5 per orang. Ga pake nunggu lama, bus kecil yang saya naiki langsung membawa saya ke King Park Hotel. Hotel ini lokasinya di pusat kota (disebutnya Central/Padang), saya sudah booking duluan via Booking.com dengan harga Rp 400 sekian per malam.

Dengan harga 400 sekian, kalau di Indonesia, saya udah dapet hotel bintang 3 yang bersih dan nyaman. Di sini? Ditulisnya sih hotel bintang 3, tapi hotelnya benar-benar jadul, bau apek dan kecil. Tapi ya engga apa-apa, karena saya juga emang ga berniat buang-buang duit banyak cuma untuk bayar kamar hotel. Prinsip saya dari dulu, kalo lagi travelling, ngapain bayar hotel mahal-mahal cuma buat tidur doang? Most of the time, saya juga akan keluyuran di luar hotel, kok. Rugi saya. *Eh tar dulu, ini honeymoon apa gimana sih? Honeymoon kok masih merki aja :))))

Singkat cerita, kami check in dengan selamat di King Park Hotel. Setelah unpack dan bersih-bersih, lalu kami langsung keluar hotel lagi untuk cari sim card Malaysia dan tentunya mencoba kuliner lokal di Kinabalu yakni.... KFC Kinabalu! Yessss... karena saya penggemar berat potato cheesy yang ada di semua KFC di berbagai negara kecuali... Indonesia! Hihhh sebel!

16 Agustus 2016

Setelah sarapan pagi, kami check out lalu cari angkutan di Padang Central yang bisa ngangkut kami ke Kinabalu Park Headquarters. Cuacanya ga beda jauh sama di Indonesia. Yaah.. less polution lah kalo dibanding Jakarta. Kinabalu itu kota kecil yang mirip-mirip hmmm.. Malang mungkin, ya? Atau Jakarta tahun 1990an gitu, deh. Meski mobil yang berseliweran mobil-mobil keluaran baru, tapi bentuk bangunan semacam mall dan perkantoran masih jadul-jadul. Dan ciri khas kota kecil ya biasanya adalah; sulit mencari public transportation.

Seperti yang sudah kuduga, yang disebut-sebut Central itu sudah dipenuhi oleh calo-calo tiket bus dan travel. Bentukannya juga ga jauh beda ama calo-calo di terminal-terminal di Jakarta. Haha. Dan keselnya, karena memang turis luar yang datang ke Kinabalu itu ya mostly memang mau naik gunung dan kebanyakan bule-bule, tiketnya jadi dimahal-mahalin gitu, deh. Saya ga nemu satu pun orang Indonesia yang mau daki Kinabalu. Padahal sih kan ya, please deh Pak Cik, kite ini satu rumpun, bukan? *mendadak melayu*

Kurang lebih 2 jam waktu yang dibutuhkan dari pusat Kota Kinabalu ke Kinabalu Park HQ. Untuk mengurus permit pendakian gunung Kinabalu bisa dicek di sini. Amsyongnya saya, begitu kami tiba di Kinabalu HQ Park ternyata di sana sama sekali ga ada ATM dan kebetulan saya pun tidak bawa cash banyak. ATM dan pusat perbelanjaan terdekat berada di Ranau, sekitar 5 km dari Kinabalu Park. Deket sih.. tapi ya itu, ga ada angkot atau gojek, deh. Zzz...

Ketika saya lagi putar otak mikir gimana caranya mau ke Ranau, di pinggir jalan raya depan Kinabalu Park HQ ada dua bule yang lagi duduk sembari menunggu bus/mobil travel yang mau angkut mereka.

"Hey, where are you guys heading?" kata saya.
"Bla ble blo.. (saya udah lupa jawabannya, yang jelas bukan ke Ranau seperti tujuan saya),"
"How long have you been waiting for the bus here?"
"About 1 hour.." jawabnya dengan lesu.

Oncom kurap. Lama bener. Dan itu pun belum ada tanda-tanda itu bus bakal nongol.

Ngeliat saya clingak-clinguk nyari tebengan, tiba-tiba saya dideketin bapak-bapak. Ternyata beliau semacam supir taksi odong-odong. Setelah tawar-tawaran dengan sangat alot, akhirnya si bapak sepakat untuk mengantar saya ke Ranau dengan harga sekitar Rp 200.000,- lah kalau dirupiahin. Ppfft... 5 km doang, mannn. Kalau jogging 30 menit juga nyampe. Tapi saya lagi ga kepengen jogging, apalagi dengan barang bawaan carrier dua biji yang mayan berat. Lalu besok pagi saya mau mendaki, kondisi harus prima. Akhirnya dengan berat hati saya iyakan deal harga sama si bapak taksi. I have no choice, demi ambil duit di ATM di Ranau untuk bayar logistik di Kinabalu Park HQ. Lesson learned, kalau mau ke Kinabalu Park HQ, jangan lupa siapkan cash sebelum kesini, yhaaa!



17 Agustus 2016 

Saya bangun tepat pukul 06.00 waktu Kinabalu. Setelah shalat subuh kami langsung packing dan bersiap untuk sarapan. Makanannya enaaak, apalagi satenya. Sebagai cheap bastard yang menggemari resto dengan konsep all you can eat, sungguh saya amat senang sarapan di sana. Udaranya cukup dingin dan menusuk meskipun saya masih di base camp. Segelas teh panas juga tak bertahan lama, langsung dingin dalam sekejap! Kinabalu HQ Park terletak di ketinggian 1.866 mdpl makanya udaranya juga sudah cukup dingin. 

Di sini kami memesan satu buah private room. Agak mahal memang, tapi ya udahlah ya namanya juga honeymoon haha.. Kamarnya cukup memuaskan, spacey, toiletries yang lengkap dengan hair dryer, ada heater, air hangat dan sebelahan langsung sama tebing lengkap dengan bunyi tonggeret lagi paduan suara. Niceee banget, lah! Minusnya cuma satu sih, tempatnya tidur twin! Hahaha! Tega bangeet laah. 😂

Setelah sarapan kami langsung mengurus pendaftaran dan memesan guide serta satu buah locker buat nyimpen barang-barang. Guide kami orang asli Kinabalu, seorang bapak berumur 40 sekian yang bernama...... LUPA. Sumpah ya ingetan saya parah banget. 😓  Anyway, sekitar pukul 9 kami akhirnya mulai mendaki Yang Mulia Kinabalu via Timpohon trail. Dari base camp ke Laban Rata itu sekitar 5-6 jam. Rencananya dari base camp kami akan beristirahat di Laban Rata, lalu lanjut muncak sekitar jam 3 subuh. Trek pembuka langsung masuk ke hutan belantara. Ga pake lewat kebon warga kaya gunung-gunung di Indo. Ada curug kecil, lumayan buat ngademin mata. 

Setelah shelter 2 barulah trek berubah menjadi anak tangga yang bukan main banyaknya. Saya pribadi sih lebih suka trek biasa ya, trek tangga tuh bikin tumit pegel dan paha sakit. Dan keknya boring aja gitu, tangga lagiii tangga lagiii.. sekitar 5 jam pendakian, barulah kita akhirnya sampai ke Laban Rata, tempat dimana kita akan beristirahat untuk kemudian summit attack jam 3 subuh. 

Laban Rata ini letaknya di ketinggian 3.272 mdpl. Kami dapat satu kamar yang isinya 4 orang. Selain saya dan suami, ada juga satu perempuan Amerika dan satu laki-laki Australia yang namanya juga saya... LUPA. Keduanya solo hiker. Si Amerika ini sempet ketemu saya juga sebelumnya pas lagi makan malam di base camp. Orangnya ramah dan entah kenapa dia kalau ketawa kenceng banget terbahak-bahak gitu, padahal yang saya omongin juga engga lucu-lucu amat. Sempet terpikir "is she on drugs or something?" 😅

Begitu sampai di kamar, si Amerika ternyata udah duluan sampe dan udah naro barang-barangnya di kasur. Si Australia dateng belakangan dan dia langsung misuh-misuh ngomel cerita betapa capeknya dia dan bahwa dia engga mau lagi naik gunung. Padahal doi suka ikut lari marathon katanya. Ini adalah pertama kalinya dia naik gunung dan katanya dia shock liat treknya. Ya kali ya, pertama naik gunung langsung Kinabalu? Kan geuring.  

Sampe di Laban Rata, saya langsung ke restoran dan memesan segelas hot lemon tea. Harganya sekitar Rp 40.000,- yang sebenarnya itu cuma lemon tea sachet dengan rasa biasa aja tapi emang kalo diminumnnya di 3.272 mdpl rasanya jadi luar biasa, Apalagi sambil disuguhi pemandangan awan dari atas balkon dan lanskap puncak Kinabalu yang gagah.

Di sini saya sempat ngobrol dengan beberapa officer SAR nya Kinabalu. Saya bilang saya kagum dengan management pendakian yang menurut saya sangat apik dan di Indonesia belum ada yang seperti ini. Yang bikin agak malu tapi bangga adalah.. si officer jawabnya begini, "Ya iya lah.. elo mah gunungnya punya banyak, bray, kalo gw mah cuma ada satu doang ini yang model begini, ya ape boleh buat dah harus dijaga baik-baik!" (disclaimer: jawabannya udah saya translate dari bahasa Melayu jadi bahasa Indo gaul). 

Setelah makan malam, masih dengan sistem all you can eat dengan menu segala macem ada, kami kembali ke kamar dan istirahat untuk pendakian ke puncak. Emang enak sih ya kalo naik gunung dan dikasi menu all you can eat begini, bikin kalap. Tau lah ya, kalo di atas gunung tuh apa aja enak, kebayang ga? Ini dikasi all you can eat dengan berbagai macam varian menu? Si guide kami beberapa kali mengingatkan jangan makan terlalu banyak karena takut kami muntah dan kena mountain sickness. Di dinding juga ada beberapa notes yang mengingatkan untuk ga makan terlalu banyak kalau mau summit attack. 






18 Agustus 2016 

Jam 2 subuh kami bangun dan mulai bersiap-siap untuk makan dan mendaki ke puncak. Si Amerika ga bergerak dari tempat tidurnya. Si Australia malah lebih rajin, dia udah siap dengan perlengkapan tempur untuk ke summit. Ketika saya bangunkan, si Amerika bilang dia kayanya ga akan ke summit karena kena mountain sickness, kepalanya pusing banget katanya. Kasian juga liatnya. Mungkin karena dia kalo ketawa kenceng banget dan mulutnya sering kebuka lebar sampe temboloknya keliatan, alhasil angin masuk semua ke badan dia kali ya. (Analisis cem apa, Luh? Kok pinter banget) 

Setelah makan secukupnya, kami mulai bersiap untuk mendaki puncak Kinabalu. Kayanya hampir 70% pendaki yang jalan bareng kami adalah ras kauskasia, dan kalau buat saya pribadi, ini sebenarnya bikin agak bete. Seperti kita tahu postur tubuh orang bule itu kan tinggi-tinggi ya? Dan kaki mereka juga panjang-panjang, alhasil saya jadi terintimidasi sama langkah panjang mereka. Kesel aja gitu disalip muluk, padahal kayanya saya udah cukup lincah. Kan aku anaknya suka kompetitif ga penting, haha. Lalu saya jadi cape sendiri karena berusaha keras untuk tetep sejajar sama langkah mereka. Jadi malah abis nafas sendiri gitu. Bego banget. 

Pukul 04.30 pagi, kami sempet tidur dulu di tengah jalan karena saya dan suami ngantuk banget. Dan setelah liat estimasi sampai ke summit kayaknya bakal kecepatan, kami akhirnya memutuskan untuk cari batu yang agak besar untuk ngetem dulu tidur barang 30 menit. 

Tapi.. diem ga bergerak di ketinggian > 4.000 mdpl itu no kidding, guys. Dinginnya sih masih bisa ketolong sama jacket thermoball yang saya pakai. Tapi anginnya itu lhoo.. uwoowww... bikin pening kepala! Padahal kita udah ngumpet di balik batu, tapi tetep aja deh, begitu bangun badan langsung kaku, kaki kaku, kepala pening, mulai segala macem kerasa gitu. Langsung lah cepat-cepat kami mulai menggerakan badan dan mulai mendaki lagi sebelum beneran kena mountain sickness. 

Di Kinabalu, matahari baru naik sekitar jam 05.30 - 06.00 pagi. Untungnya kami sampai tepat waktu di puncak ketika matahari baru saja naik. Saya langsung ambil posisi, rebahan, nyelonjorin kaki, merapatkan jacket, lalu bersantai sambil menikmati pemandangan langit keemasan dan gumpalan awan-awan. Ini dia, pemandangan matahari terbit dari 4.095 mdpl. Ya Allah, kenapa sih liat sunrise di puncak itu heaven banget rasanyaaa? Syahdu-syahdu gimana, gitu! Makasih ya Allah sudah ngasih rejeki dan minjemin badan dan kaki yang sehat buat aku daki gunung ini! Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah! Woohoo, i am so happy! 



Sekitar 2 jam kami menikmati Low's Peak, puncaknya Kinabalu. Nama Low sendiri diambil dari Sir Hug Low, pendaki Inggris yang pertama kali mencapai puncak gunung Kinabalu pada tahun 1851. Dalam pendakiannya dia juga ditemani oleh Gunting Lagadan. Si Gunting ini adalah orang suku Kadazan, suku asli penghuni kaki gunung Kinabalu. Mungkin semacam Sir Edmund Hillary sama Tenzing Norgay, gitu, ya? 

Setelah leyeh-leyeh, foto-foto, eksplor sana-sini, akhirnya kami memutuskan untuk turun ke Laban Rata. Oh ya, peraturannya, kami harus check out dari Laban Rata paling lambat jam 12.00, ga bisa extend (kecuali ada urgent situation) karena kamarnya sudah akan diisi lagi oleh pendaki lainnya. Tadinya kami sempat pengen turun pake via ferrata. Konon yang di Kinabalu ini adalah yang tertinggi di dunia. Untuk turun pake via ferrata ini kita harus pake jasa operator terpisah dari Sutera Sanctuary, salah satu operatornya adalah Mountain Torq. 

Tapi setelah dipikir-pikir, kalau kita turun pake via ferrata, kita harus turun dari puncak lebih cepat satu jam dari waktu normal dan cenderung jadi kaya diburu-buru gitu. Kalo kita sampe telat, kita ga bisa turun di via ferrata dan uangnya juga bakal langsung angus aja gitu. Terus kalo kita cidera atau ternyata kita ascendingnya lambat dari Low's Peak, gimana? Ya udah bye bye ferrata! Rugi, kan? Jadi akhirnya karena saya juga pengen fokeus menikmati Low's Peak tanpa diburu-buru, akhirnya kami ga jadi pake via ferrata. 



Kami tiba kembali di base camp sekitar pukul dua siang dan langsung menuju restoran untuk makan siang. Setelah mengurus segala perizinan dan mengambil barang-barang di locker, kami sudah siap untuk meninggalkan Kinabalu Park HQ. Lalu, where to go? Tujuan kami selanjutnya adalah Kundansang. Rencananya kami akan mencari penginapan di sana. Tapi entah kenapa signal handphone saya busuk banget saat itu, alhasil saya kesulitan mencari penginapan di Kundangsang. Sekalinya kebuka, hotelnya ga sesuai yang saya mau (yang murah tapi enak gitu maksudnya). Ngeliat saya yang struggling nyari hotel murah, suami saya yang kayanya udah kecapekan banget dan kayanya juga udah muak juga dengan kemerkian saya yang HQQ tiba-tiba bilang, "Cari hotel yang ada air anget lengkap sama jacuzzinya, duitnya dari aku aja, ga usah dari budget kinabalu yang di kamu." 

"Duitnya dari aku aja" --> kalimat sakti yang bikin istri happy. Siap, bos! 😋 

Setelah browsing beberapa offering hotel yang masih available, akhirnya kami putuskan untuk menginap di Dream World Resort di Kundansang. Harganya per malam sekitar IDR 800.000,- Kalo liat di Agoda sih fasilitasnya cukup oke, ada jacuzzi, air hangat, heater dll. Tapi belum sempet saya baca-baca reviewnya, signalnya udah off lagi. Arghhh kesal. Dari base camp Kinabalu ke Kundangsang jaraknya sebenarnya tidak terlalu jauh, mungkin sekitar 30 menit, tapi karena jalurnya berkelok-kelok dan menanjak, waktu yang dibutuhkan jadi lebih lama. Dan ketika kami tiba di sana... kami kecewa berat nginep di sini! 

Pertama, kamar yang biasa bangeet (jauh deh ama foto-foto di Agoda), ya iyalah biasanya juga kan gitu ya, tapi ini sih bedanya parah banget. Lalu yang paling menyebalkan adalah jacuzzinya rusak dan air hangatnya ga keluar! Padahal kan justru itu yang kami cari-cari, yaa bayangin aja, abis kawinan terus naik gunung, ini kaki rasanya udah macem ayam tulang lunak, lemessss banget, shay! Dan sebel aja gitu udah bayar 800rb, tau gitu kan nginep aja di hotel yang lebih murah. 😒  *sifat merki gw muncul lagi 



19 - 20 Agustus 2016

Kami kembali menuju Kinabalu City dengan menggunakan bus yang kami tumpangi dari Ranau. Oh ya sempet ada drama Go Pro ketinggalan segala lagi di travel yang kami gunakan menuju Ranau dari Kundangsang, untungnya supirnya baik dan mau anterin tu kamera balik lagi. Alhamdulillah deh masih rejeki. Sampai di Kinabalu, kami masih menginap semalam dan menyempatkan diri untuk jalan-jalan di Kinabalu City sekalian cari oleh-oleh. Tanggal 20 kami pulang ke Indonesia menggunakan Air Asia and fly directly to Jakarta. 

Setelah sekitar tiga jam penerbangan dari Kinabalu ke Jakarta, kami akhirnya tiba di bandara Soekarno Hatta dengan udara berbau khas campuran knalpot Damri dan asap rokok. Ahh welcome home, honeymoon is over, hikss.. Duit abis, tenaga abis, pokoknya lemah, letih, lesu but hey.. we have each other now, dear husband! Selamat datang di dunia pernikahan! Buckle up, the real adventure calls! 

Lantas,  gimana kesan-kesannya setelah mendaki Kinabalu? 

Tahun 2013 saya pernah mendaki Rinjani dan bertemu dengan pendaki asal Malaysia. Waktu itu kami sempat ngobrol dan saya bertanya, "Menurutmu lebih bagus mana antara Rinjani atau Kinabalu?" Kebetulan si pendaki Malaysia yang saya tanya sudah pernah ke Kinabalu. Tanpa berpikir panjang, dia langsung menjawab, "Kalau pemandangannya, jauh lebih cantik Rinjani!" 

Dan sekarang, saya setuju! :) 

***

6 comments:

  1. Wah kak kok bagus gtu siih, gara2 drama cari tau wedding ala ala rustic pinus malah jadi ngikutin blog kakak ini, gmna dong wqwq enak sih dapet suami yg hobi nge gunung jg, doakan sy jg gtu deh kak 😆😆 haha

    ReplyDelete
  2. Dari Padang Central ke Kinabalu Park Headquarters naik apa ya jadinya? Itu angkutannya available 24 jam kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik bus (elf) dari central. kalau ga salah cuma ada sampai sore aja, deh.

      Delete