Wednesday, March 23, 2016

wedding prep: souvenir pernikahan unik dan bermanfaat


Hmmm.. setiap saya jadi tamu di kawinan orang, seringnya saya pulang tanpa mengambil souvenir (jika souvenirnya diberikan saat tamu akan pulang). Alasannya? Repot bawanya ahahaha.. Biasanya kalau ke undangan saya cuma bawa tas kecil yang cuma muat handphone sama duit dan lipstik. Makanya kadang suka males kalau harus bawa-bawa souvenir sambil megang piring, sambil berdiri, sambil makan pula. Ahh.. oleh karena itu saya pingin nyari souvenir yang kecil tapi tentunya bermanfaat. Seringnya souvenir pernikahan tuh cuma kaya sekadar syarat doang, alhasil, kok malah cuma jadi 'sampah' di rumah?

Beberapa hari ini saya rajin googling-googling souvenir pernikahan yang unik dan bermanfaat. Budgetnya, ehm, kalau bisa sih di bawah Rp.10.000,- eh sorry, revisi, kalau bisa sih di bawah Rp. 7.000,- eh sorry revisi lagi deh, bisa ga kalau Rp. 5.000,- aja? Ahahaha... berikut ini beberapa yang saya dapat dari hasil pencarian kala istirahat makan siang, sebelum tidur malam, atau di sela-sela bekerja kalau bos saya lagi ga ada. :-D 


1. Packybag Vintage 
Lokasinya di Surabaya. So far, hasil survey singkat saya, Packybag Vintage ini kayanya jual tote bag/pouch bahan blacu/goni dengan harga paling murah, deh. Awalnya saya pengen buat tote bag. Apalagi sekarang kan udah diterapkan aturan 'no kantong plastik' di supermarket-supermarket. Kayanya berguna deh buat jadi kantong belanja. Tapi dengan budget saya yang demikian irit, dapetnya cuma bahan spun bound which is, eh, kok kurang oke ya kayanya hahaha.. jadi maju mundur deh. 

Untuk tote bag bahan spun bound seperti foto tote bag warna biru di bawah ini, untuk pemesanan 500 pcs harganya Rp. 5.300,- sudah include packaging dengan nama pengantin dan tanggal pernikahan. Bisa pilih warna dan bebas mau sablon tulisan atau gambar apa saja. Untk pouch serut dengan material katun Jepang harganya mulai dari Rp.3.300 sampai Rp. 25.000,- tergantung ukuran. Untuk dompet zipper katun Jepang, mulai dari Rp. 4.800,- sampai dengan Rp. 16.800,- untuk material goni mulai dari Rp.3.800,- sampai dengan Rp. 19.750,- Buat yang mau cek produknya bisa liat di instagramnya @packybagvintage


2. My Pouch Craft
Lokasinya di Tulung Agung. Haha. Ga ada apa ya, vendornya yang di Jakarta atau Bandung aja, gitu? Tapi beneran deh, produknya lucuuu-lucuuuu sekali.. Ownernya juga responsif banget sih, meski saya rewel nanya-nanya malem-malem, tetep lho dijawab dengan sabarnya. Haha.. Yang saya suka juga adalah karena barangnya handmade, jadi bener-bener personalise dan one of a kind aja sih. Kelemahannya cuma satu; karena handmade, jadi waktu produksinya lumayan lama. Sekitar satu bulan. Untuk jahitannya sendiri, saya belum tahu ya rapih atau engga, tapi kalau liat produk-produk dia di instagramnya sih kayanya oke, ya. Saat ini saya lagi pesan samplenya supaya bisa lihat jahitannya rapi atau engga. Untuk liat produknya lebih lengkap bisa cek di @mypouchcraft 



3. Luminous 
Lokasinya di Palembang. Tuh kan, jauh-jauh semua vendor souvenir yang saya taksir. Hihihi.. Nemu vendor ini dari blog temen kuliah dan saya langsung naksir sama souvenir nikahan dia yang dipesan di Luminous. Dompet cantik dan patternya vintage bangeet yaa.. Me likey! Untuk pemesanan 500 pcs harganya Rp. 7.500 sudah include packaging. Sempet liat-liat produk lainnya, memang oke sih. Mostly produk impor yang ga pasaran, tapi, ya, harganya juga rata-rata di atas Rp. 10.000,- untuk yang punya budget berlebih dan lagi hunting souvenir, silakan cek instagramnya, ya, kakkk @LuminousSouvenir 

foto diambil dari blog Annel 




4. Rumah Bunga Rizal  
Nah, yang ini sih lokasinya di Lembang, Bandung. Judulnya souvenir go green, anaknya green banget emang. Seneng deh kalo dikasih souvenir taneman, apalagi kaktus yang bisa ditaro buat pemanis di meja tanpa perlu harus sering disiram air. Haha. Tapi kalau di kebanyakan orang Indonesia, seringnya malah dibuang, lho.. jadi sayang banget kan? Buat yang lagi cari referensi souvenir tanaman bisa cekidot di Rumah Bunga Rizal. Untuk souvenir tanaman di bawah ini harganya Rp. 10.000,- jika pemesanan di atas 100 pcs, harganya jadi Rp. 8.000,- saja. Oh ya, kalau kamu berminat untuk memesan souvenir tanaman, cermati juga ongkos pengirimannya ya karena costnya akan lumayan banyak dibanding souvenir non-tanaman. Perhatikan juga packaging paket souvenir supaya tidak rusak saat pengiriman. 













5. Lucklig
Buat yang tema dekor pernikahannya rustic atau vintage, cocok banget kalau ngasih souvenir cangkir berbahan kaleng enamel yang emang literally rustic alias cangkir khas petani-petani di Indonesia hehehe..  Naksir juga sama souvenir pernikahan cangkir enamel dari Luck Lig ini. Lokasinya di Depok. Untuk designnya, bisa bebas dari kita atau dibuatkan oleh tim Luck Lig. Designnya oke sih, kalo menurut saya. Untuk pemesanan sebanyak 200 pcs, harganya Rp. 10.000,- sudah include packaging. Kalau pemesanan 500 pcs, harganya menjadi Rp. 9.500,- 


Pengen cangkir enamel serupa tapi dengan harga lebih murah? Saya nemu satu vendor cangkir enamel yang lebih murah. Namanya Vintage Home Solution. Lokasinya di Bandung. Dia juga ngasih free shipping untuk area Bandung. Untuk pemesanan 500 pcs, harganya cuma Rp. 56.000,- per lusin yang berarti cuma Rp. 4.700,- per buah. Tapii.. ya tidak bisa custom design seperti di Lucklig. Hehe.. Kekurangan dari cangkir enamel hanya satu; catnya cepat meletek.. huhu..  







Wait.. masih pengen yang lebih murah lagi? 

Kamu bisa membuat DIY wedding souvenir demi menekan budget. Kira-kira bentuknya seperti foto di bawah ini. Mini jar kosongan dijual mulai dari harga Rp. 4.000,- s/d Rp. 8.000,- tergantung ukuran. Lalu tinggal ditempel sticker vinyl, deh. Sticker vinyl harganya cuma Rp. 375,- per piece nya :D Salah satu toko yang menyediakan jas custom sticker vinyl adalah Infinity270, lokasinya di Bekasi. Dengan catatan kamu mesti menyediakan waktu untuk nempel-nempelin sticker sendiri, ya. 








6. Bitter Sweet
Lokasinya di Bandung. Cocok sih, bisa hemat ongkir kalau buat saya hehe.. Packagingnya lucu, vintage banget. Mini jar plastik isi permen caramel. Diameternya 6.5cm x 6cm. Untuk pemesanan 500 pcs harganya Rp. 5.600,- sudah termasuk thank you card nya juga. Uh wow. :D

CP Bitter sweet 085220779066 








7. Kopi Kubu Bali

Well, who wouldn't love coffee? 

Ada aja sih.. 

Tapi dalam satu keluarga pasti ada deh minimal satu orang yang suka ngopi, bener ga? Entah itu bapaknya, ibunya, anaknya, atau mungkin supir keluarga atau tukang kebun. Hehe.. Saya suka minum kopi dan saya juga suka banget design packaging dari kopi kubu Bali buat souvenir pernikahan yang mruah meriah, unik tapi tetep bermanfaat. Lokasinya di Denpasar, Bali. Souvenir pernikahan rustic ini harganya juga sangat terjangkau. Mulai dari Rp. 5.300 sampai dengan Rp. 12.000,- mantap, kan? Hihi..




Dann demikianlah vendor souvenir yang sedang menjadi bahan pertimbangan saya. Oh ya, semua foto di atas saya ambil dari instagram masing-masing vendor. Will update you on this later, ciao! :) 

***

16 comments:

  1. Mbak Galuh, share pemilihan kartu undangannya dong Mbak :D :D :D

    ReplyDelete
  2. Mbak Galuh, untuk cangkir enamel yg mungkin paling murah, cek www.mastergrosir.com atau di instagram: master.grosir. Harganya cuma Rp. 42.000,- per lusin yang berarti cuma Rp. 3.500,- per buah. Sepertinya jauh lebih murah dari vintage home solution. Tapi belinya per dus yg isinya 20 lusin. Di sana juga jual berbagai jenis gelas2 secara grosiran yg juga bisa untuk suvenir nikah yg menarik.

    ReplyDelete
  3. Mbak Galuh, untuk cangkir enamel yg mungkin paling murah, cek www.mastergrosir.com atau di instagram: master.grosir. Harganya cuma Rp. 42.000,- per lusin yang berarti cuma Rp. 3.500,- per buah. Sepertinya jauh lebih murah dari vintage home solution. Tapi belinya per dus yg isinya 20 lusin. Di sana juga jual berbagai jenis gelas grosiran yg juga bisa untuk suvenir.

    ReplyDelete
  4. mbaaa~ untuk kopinya mau list vendornya dong. boleh kirim k email saya raindroppy90@gmail.com .... thanks lot

    ReplyDelete
    Replies
    1. search aja di tokopedia, nama tokonya Ara Mukena Bali :)

      Delete
  5. Halo kak galuh,
    Semoga ga bosen yaa hehehe
    Boleh minta cp ara mukena bali, vendor suvenirnya kak galuh?
    Aku cari di ig dan google ga nemu soalnya heheh
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Agatha, sorry late reply, aku baru cek bagian comment2 nih hehe.. kamu searchnya di tokopedia ya. :)

      Delete
  6. ka galuh boleh minta emailnya ? ada yg mau sy tanyakan. makasiiii😊

    ReplyDelete
  7. Yaampun ternyata ada Mba, aku nyari di section yang salah *katro
    Makasih info-infonya ya Mba Galuh!

    ReplyDelete
  8. Mbakk, yg bitter sweet itu IG nya itu jg namanya kah?? Saya cari2 ga nemu soalnya huhu

    ReplyDelete
  9. Kak Galuh, aku suka banget postingan yang ini. Bisa bermanfaat buat referensi nikahan aku nih. Karena aku dan calon suami suka kopi, jadi order kopi kubu di Mba Ara. Thanks Kak ☺

    ReplyDelete
  10. Mbak Galuh Kubu Kopi Bali Well itu yang Restoran juga ya? Yang ada di Jalan Hayam Wuruk? Nama IG nya apa ya (Gambar packaging kopi).. Terima kasih infonya..

    ReplyDelete