Friday, November 8, 2019

tiga tahun di serpong lagoon

Well.. sudah hampir tiga tahun sejak beli rumah, saya baru sadar bahwa anggapan banyak orang yang bilang bahwa millenial ga sanggup beli rumah itu salah besar. 

Karena sesungguhnya yang benar adalah: Millenial ga sanggup beli rumah..... 

yang ada ruang tamunya. Hahahaha *laugh in poverty*

Ini beneran, rumah-rumah minimalis yang sekarang banyak dijual, rata-rata ya rumahnya beneran strategis alias deket banget bu kalau mau kemana-mana, ke kamar mandi deket, ke dapur deket. *garing

Satu ruangan beneran multifungsi, ya ruang keluarga, ya ruang tamu, ya ruang leyeh-leyeh. Sekarang saya baru sadar bahwa rumah yang punya ruang tamu itu mewah bener yaa hahaha.. 

Gara-gara postingan soal survey rumah saya banyak di-DM sama orang-orang yang lagi survey mau beli rumah juga. Pertanyaannya mostly serupa: gimana rasanya setelah tinggal di Serpong Lagoon? *lirik marketing* *ga mau endorse gua apa?* 

Kita bahas satu-satu ya, karena aku agak lelah juga kalo harus jawab pertanyaan yang sama berulang-ulang di DM. Hehe..

1. Jauh ya? Dari Jakarta? 
YA IYA BUK. wkwk.. Namanya juga suburb. :D

Tiap temen saya (yang tinggal di Jakarta) main ke rumah, pasti komennya rata-rata sama: Jauh banget, sih, Luh. Hahaha.. RASAKAN! :D 

Buat perbandingan, kalo dari Lagoon mau ke Monas jaraknya 40 km haha.. pertama kali survey ke Lagoon juga saya ngerasanya ebuset jauh banget! Apalagi pake mobil kan, makin berasa jauhnya karena kena macet dsb. Tapi lama-kelamaan jadi biasa aja haha.. Apalagi pas udah hapal jadwal kereta, udah tau kereta yang kosong jam berapa, dll.

Total waktu tempuh saya dari kantor saya (di SCBD) ke rumah di Lagoon adalah 1 jam 15 menit. Itu udah include nunggu gojek buat angkut saya dari kantor ke stasiun Palmerah (kurleb 15 menit sama jalan kakinya dan kadang nyangkut di tukang jajanan dulu), lalu naik kereta 30 menit, lalu sampe deh ke stasiun (bisa Serpong/Rawa Buntu), perjalanan dari stasiun ke rumah, sekitar 10-15 menit. Total 60 menit aku sudah di rumah kok, tanpa macet-macetan, ya maksimal 1 jam 15 menit. Ga perlu bayar bensin mahal, cukup bayar Rp. 3.000 aja, jam 7 malam aku sudah bisa unyel-unyelan sama anak di rumah. 

Life's good! :D

2. Akses keluar bagaimana?

Kalau kamu mau jadi anak kereta, jarak paling dekat itu ke Stasiun Serpong. Tapi perlu diketahui, Stasiun Serpong itu sebelahan sama pasar. Jadi kalau lagi pagi-pagi tu emang chaos banget sih di situ. Ya pasar, ya palang kereta kalo lagi nutup, plus angkotnya kalo ngetem juara banget, ga kira-kira ngalangin satu jalur wkwk.. akses lebih enak memang ke Stasiun Rawa Buntu, tapi... kalo di Rawa Buntu ga ada kereta yang start dari Rawa Buntu. Jadi kalau kamu naik dari Rawa Buntu jangan ngarep dapet duduk, kecuali kalo emang lagi beruntung.

Ada 4 titik keberangkatan KRL Tangsel: Rangkasbitung, Maja, Parung Panjang dan Serpong. Rangkasbitung (titik paling jauh), ini kereta amsyong banget, penuh naudzubillah, kalo Parung Panjang masih makes sense sih penuhnya. Dan yang terakhir Serpong, ini kereta inceran saya tiap pagi. Karena keretanya berangkat dari Serpong, jadi keretanya masih kosong, aku bisa duduk dan bobok cantik sampe Palmerah. 

Ke pintu tol arah Jakarta jaraknya sekitar 20 menit juga. Kalau mau bergaul, mall terdekat bisa ke AEON mall (20 menit by car), atau Qbic (25 menit by car) atau The Breeze dan Teras Kota Mall, sekitar 20 menit juga. Kalo aku pribadi paling demen nongkrong di Pasar Modern BSD (Pasmod), jaraknya sekitar 20 menit dari Lagoon, selain buat belanja sayur dan daging, juga ada KOPI ROSSO CINTAQUE dan dekat situ juga ada KOPI TUKU -- MY LOVE OF MY LIFE. 

3. Airnya gimana? 
Di Serpong Lagoon, airnya dikelola sendiri oleh estate management jadi bukan dari PAM. Sebulan yang saya bayar ga tentu, tapi biasanya berkisar antara 50-60 ribu rupiah. Selama saya tinggal di sana, saya baru sekali bermasalah dengan air. Pada suatu hari, tiba-tiba saja mbak di rumah ngabarin bahwa airnya hitam dan bau amis. Eww.. Tapi masalah ini diselesaikan dengan cepat oleh pihak WTP sih. Oh ya pernah juga sekali karena sedang maintenance, air jadi ga bisa keluar selama beberapa jam. 

Tapi entah kenapa ada beberapa rumah yang kayanya sering banget bermasalah dengan air. Mostly permasalahannya air yang keluar tidak jernih dan berbau. Untuk case yang ini sejujurnya saya juga agak bingung sih, kenapa ada rumah yang airnya jernih ada yang engga. Tapi konon beberapa ibu-ibu di whatsapp group bilang kalo rumah di yang paling ujung biasanya yang paling sering bermasalah sama air. 

2. Aman? 
Saya pernah naro duit Rp. 100.000,- di kursi teras semaleman dan alhamdulillah masih utuh. Pernah juga suami pulang lalu naro tasnya di kursi teras dan baru sadar paginya. Atau tidur dalam keadaan pintu rumah tidak terkunci semalaman. Alhamdulillah sih, aman. Tapi.... baru aja kejadian dua minggu lalu di cluster sebelah (cluster Lotus) kemalingan. Yang diincer barang-barang yang disimpan di teras; sepeda, burung (burung tuh mahal juga ya ternyata), sepatu dll. Kebetulan di cluster Lotus ini memang lagi ada pembangunan perluasan area gitu, dan jadi ada akses masuk yang terbuka ke kampung sebelah. Jadi orang bisa bebas tuh bisa masuk ga lewat security gate.

3. Konstruksi bangunan gimana? 
So far saya belum ada masalah bocor sih. Ada bagian yang bocor di dapur belakang, tapi itu emang saya renov sendiri, jadi yang bermasalah kayanya kang bangunan yang renov rumah saya ini. Cuma emang dari awal ada beberapa bagian tembok ada yang lembab gitu jadi kaya bocel-bocel dan retak-retak tipis gitu temboknya. Saya juga ga paham sih ini kenapa.

4. Banjir? 
Pernah. Sekali selama tiga tahun dan hari itu kalau nggak salah memang lagi musin hujan. Entah kenapa sungai Cisadane naik tinggi banget dan si air di danau ikutan naik. Banjirnya di jalan perumahan aja sih, pendek, engga sampe bikin mobil mogok. Selesai hujan, pihak estate juga langsung gercep bersihin jalan perumahan dan nyedot air yang masih ngegenang di jalan. 

5. Keluhan lain? 
Kadang (sore-sore), biasanya suka ada bau sampah tertiup angin sepoi-sepoi yang kecium sampe ke Lagoon. Katanya sih di deket Lagoon emang ada TPS yang saya juga ga tau letaknya dimana. Masalah bau sampah ini juga ternyata sampe juga ke perumahan the Icon. 

Lalu.. ok.. ini mungkin agak sensitif ya, tapi sebagai ibu baru yang punya bayi, jujur saya agak keganggu sama speaker masjid kampung sebelah yang kenceng banget. Kalau cuma adzan doang sih santai ya, lah ini tiap sabtu atau minggu pagi-pagi mereka kaya pengajian gitu dan pake speaker luar yang kualitas soundnya you know lah ya ga perlu aku jelaskan dengan detail, kan? 

Mending lagi kalau cuma pengajian, kadang mereka nyanyi (lagu-lagu Islam gitu) dan suaranya tuh uhm.. GA MERDU GAES :') atau NGOBROL juga kedengeran, kaya masih on gitu mic nya. Hadeuh. Mau protes tapi kok takut kaya kasus Meilana, mau ga protes tapi ya puyeng juga dengernya. Jadi ya udah, paling aku sih tutup pintu aja lumayan buat meredam noise. (FYI, aku muslim juga kok, kebayang ga sih aku aja yang muslim keganggu ya, apalagi yang non, pasti uda kesel banget dengernya hehehe..

Lalu.. ada juga tetangga yang pernah NEMU ULAR di halaman depannya. Ini horror banget sih, semoga ga kejadian di rumah gue. Tapi yaa namanya perumahan baru (yang konon dulunya ini rawa) ada aja binatang yang aneh-aneh, ya ular lah, ya musang lah, IYAAA MUSAAANG, biawak (kan ada danau) wkwkw.. Seru, ya? :)) 

6. Kelebihan lain? 
Banyak ibu-ibu yang suka masak di rumahnya dan pada buka PO di whats app group hahaha HOME MADE FOOD FTW! Free dianterin punnn.. tinggal japri aja pesen, duduk manis lalu bayar. 

So far yang paling seneng itu kerasanya kalo sore-sore wiken ngajak jalan-jalan anak keliling komplek di sepeda sambil nyuapin makan. Sambil main ke playground atau main ke sports club. Suka jadi inget, kalo dulu jadi ambil rumah di area Jagakarsa yang padettt dett dett penghuni banget, kayanya saya ga akan berani ngebiarin anak main di jalan kaya gini. Kalo punya anak, menurut saya tempat ini lumayan ideal sih. 

Anak bisa bebas main di jalan atau di playground, udaranya juga masih oke laah, kadang kalo malem suka turun kabut gitu dan kerasa dingin. Masih ada hawa-hawa Bogor. :D Terus ya penghuninya rata-rata tipikal pasangan muda yang sama-sama jadi pejuang KPR (ada juga yang tajir sih belinya cash LOL), anak semacam baru satu atau dua, jadi kalau curhat nyambung, dengan tema: mau renov ga punya duit, mau naikin SHM kok mahal banget notarisnya, anak mau masuk sekolah deg-degan liat harganya, hahaha.. Pokonya banyak teman senasib. :D

Tau kan pepatah yang bilang "It takes a village to raise a child?" Saya sih lebih pilih saya aja yang ngalah commute jauh ke kantor daripada rumah di Jakarta, tapi anak saya ga bisa explore lingkungan rumahnya dengan leluasa. Ninggalin anak juga lebih tenang karena udah tau lingkungan dan tetangga-tetangganya. Jadi gimana? Ada yang mau jadi tetangga? DM saya dulu, ya, siapa tau saya bisa dapat komisi dari marketing!* Hahahaha.. 


*Ini serius gaes, aku ga becanda. 

33 comments:

  1. Hi Mba Galuh, thx reviewnya. Kenalin saya Indah, sekarang lagi proses cicil DP di Lagoon untuk cluster Pelican. Tapi sempat rada khawatis juga, karena kemarin lihat postingan salah satu penghuni lagoon yang kena banjir di 1 Januari kemarin, btw kemarin aman kah Mba ? Thx infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Indah, apakah sudah dapat info atau jawaban mengenai Banjir di lagoon? Kebetulan saya juga sedang mau ambil di sana cluster Pelican. Jika ada info share pengalaman ya 🙏🏻

      Delete
    2. ola tetangga, saya tinggal di flaminggo, untuk banjir saat ini sudah teratasi berkat keluhan keras para warga, developer sudah bikin sistem buangan air yang baik, hujan badai selama ini amannnnn, cuman ya itu, hati hati dengan bangunannya bikinan mereka asal asalan, seenggaknya generasi awal yang mereka bangun kaya rumah saya :(

      Delete
    3. Hi mbakk bangunannya kurang kokoh ya? Mbaknya di cluster apa ya?

      Delete
    4. Untuk banjir alhamdulillah aman tuh, semoga banjir tahun baru itu jadi yang pertama dan terakhir. Itu sudah 3 tahun lalu sih, belum pernah kejadian banjir lagil. Untuk bangunan konon yg di cluster Flaminggo itu memang kurang bagus konstruksinya karena bekas rawa dulunya, jadi tanahnya basah, kalo cluster Pelican memang dari dulunya tanah. Tapi coba didouble check lagi ya kak sama yang lebih ahli dan paham terkait konstruksi rumah supaya lebih haqul yaqien. :)

      Delete
  2. Wah seperti'nya seru juga nie bisa bertetangga dengan mba Galuh.... mau dong tanya" seputar tinggal di serpong lagoon..

    ReplyDelete
  3. Mba aku mau tanya" dong... bolehkah?

    ReplyDelete
  4. Hai mbak gaduh. Tadi saya abis liat2 ke lagoon. Tapi merasa nyaman tapi ada sesuatu juga di komplek itu. Nyaman tapi ada sesuatu gitu loh. Trus aku cari2 review ketemu ini. Boleh kalo aku bisa kontek mbak gaduh kemana ya? Thank u mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, share dong sesuatunya apa ya?hehe kebetulan mau survey juga kesana

      Delete
  5. Keren banget Mbanya, makasih yah, ada minat nih, baru kemaren nengok nengok kesana, liat tanah Kavling di Aquatic. ada info info terbaru apakah Mba?

    ReplyDelete
  6. Nyaman ada sesuatu apakah itu yaa ?




    ReplyDelete
  7. haloo mba galuh, mau nanya untuk internet di lagoon ada keluhan gak ya? karena infonya cuman ada 1 internet provider ya? first media

    ReplyDelete
  8. Halo mba Galuh, sepertinya bau yang dimaksud berasal dari TPA Cipuecang. ini kalo saya liat dri gmap sih. sorry kalo salah.

    ReplyDelete
  9. Hi Mba Galuh, it's really fun to read your blog. Aku emang lagi nyari review langsung dari penghuni serpong lagoon karena kebetulan lagi tertarik sm rumah disana. Btw Mba so far untuk bau sampah di sore hari nya apa mengganggu kah? kalo banjirnya, apa pernah banjir lagi mba disana? looking forward to hear from you ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih sudah mampir. Kalau bau sampah ya mengganggu kak, cuma memang ga tiap hari juga sih, kadang-kadang aja, dan biasanya durasi waktiu 15-20 menitan gitu, abis itu hilang sih. Kalau banjir, so far belum pernah lagi :)

      Delete
  10. hi mb gakuh,salam kenal dr aku.mksih byk reviewnya,abis liat iklan rumah di serpong lagoon di cluster flamingo di posisi hoek,tp abis liat review mba galuh krn posisi hoek suka bermasalah airnya ,jd ragu mb..thanks mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di bagian hook so far belum ada info juga sih kak

      Delete
  11. Halo Mba Galuh, mohon info dan pencerahannya. Untuk status sertifikat smdri di serpong lagoon apa ya mba ? Aku cai cari info ada yg bilang SHGB mba .-.

    ReplyDelete
    Replies
    1. status awal memang HGB karena belum pecah sertifikat dari developer, tapi bisa dipecah dan dinaikan ke SHM, punya saya sudah SHM kok.

      Delete
  12. Hi mba Galuh. saya calon penghuni Serpong Lagoon di Pelican. rencana mau pindah kesana bulan depan (Agustus 2022). maaf mba mau nanya apa ada group WA or telegram gitu khusus penghuni Lagoon? ingin join kalau boleh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok, nanti tanya langsung saja sama pak RT nya ya

      Delete
    2. Assalamualaikum mba galuh slm knl sy dgn lin, sy mhn infonya ttg cluster north pelican itukan dpn danau y apa t4 tsb amankah dr banjir & utk air apa qt bs pke air tnh lsg yg qt bor sendiri, thx atas infonya y mba galuh 🙏

      Delete
    3. bantu jawab mba, sudah di lagoon juga. gaboleh air tanah mba, air dari wtp langsung.. Danau jugaa aman gak banjir

      Delete
  13. Halo mba… mau tanya dong.. kalo di cluster aquatic gimana? Aku liat msh banyak kavling yg kosong… lumayan tertarik nih… akses sekitar lagoon bebas banjir juga kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman kok, akses ga pernah banjir so far

      Delete
    2. Mba Galuh thanks a lot gor sharing, mba dari lagoon ke rawa buntu kalau pagi dan sore pulang kerja apakah jalanan padat banget mba?

      Delete
    3. akses pagi dan sore masih macet wajar, lagoon ke pintu tol 30 menit saat jam 7an bisa berangkat lebih pagi atau lebih siang biar gak kena macet. Untuk sore, macet hanya di rawabuntu dan muncul, ada banyak jalan alternatif atau bisa estimasi sampai di area rawabuntu jam 7an biar aman gak kena macet

      Delete
    4. kl saya personally lebih suka naik dr stasiun serpong, karena ada jalan potong lewat kampung belakang, jadi lebih cepat. Plus ada kereta yang berangkat awal dr stasiun serpong jadi chance dapat duduk lebih besar hehe minusnya cuma memang chaos banget stat serpong itu krn sebelah pasar

      Delete
  14. Hai mba galuh rencana sy mau beli di cluster aquatic serpong lagoon. So far permasalahan disana apa yaa yg sampai sekarang msh ada, atau baru muncul? Butuh insight penghuni nyaa

    ReplyDelete