Monday, April 18, 2016

wedding prep: wedding photographer bandung


Mari kita kembali ke wedding prep. Haha.. Jadi, apa saja yang wajib hukumnya ada dalam sebuah acara pernikahan selain CPP, CPW, saksi dan wali? Jawabannya adalah FOTOGRAFER YANG HANDAL. Hehehe.. Coba bayangkan, ketika dalam satu hari kamu menghabiskan uang berjuta-juta, apa yang tersisa setelahnya? Doa restu dan angpaw dari tamu tersayang, hmm ya cuma foto-foto lah yang bisa kita pandang-pandangin. Foto yang nanti akan kita kenang sampai tua itu? Atau yang bakal kamu pajang di ruang tengah dan dicetak besar itu? Ya, tanggung-jawabnya ada di wedding photographer yang kamu pilih saat acara pernnikahan. Oleh karena itu, menurut saya wajib hukumnya memilih vendor wedding photographer yang bisa memenuhi request sesuai kemauan kamu. Betul, ga? 

Warning: Post ini akan sangat panjang dan penuh berisi foto-foto. Ya iyalah, namanya juga lagi bahas wedding photographer.

Saya suka motret. Meski ga jago-jago amat, tapi saya tahu persis kriteria foto semacam apa yang saya mau. Dari dulu saya penggemar berat Anda Marie dan Kirsten Parker. Keduanya ini adalah wedding photographer dari Amerika. Dari pas jaman kuliah dulu paling seneng  liat website dan mandang-mandangin hasil karya si Ceu Marie, kita panggil Ceu aja ya biar ikrib. Foto-fotonya bercerita banget. Mulai dari pengantin (yaa, jelas), tamu-tamu, landscape, portrait, 'the behind the scene' scene, decoration, the perfect shade of tone, the super soothing lighting, the families, the happy faces, the candid facial expression, the body gesture, she's really into details, dan pokonya ambiencenya di fotonya dapeeet semua. Mari kita simak hasil karya Ceu Marie yang dulunya berprofesi sebagai pesenam, lalu banting haluan jadi fotografer di New York sana. Kalo liat gallery foto di websitenya, it feels like you're also attending the wedding. Top notch banget, lah, pokonya si Ceu Marie ini. Ceu Mar, aku padamuuu! 




Gimana? Sudah terpukau dengan keindahan foto-foto Ceu Marie? Buat yang mau nikah dan sedang hunting vendor wedding photographer, saya sarankan untuk mulai mengumpulkan foto-foto yang kamu sukai, kumpulkan jadi satu dalam wedding mood board dan tunjukan ke calon vendor pilihan kamu. Nah, sekarang saya akan pajang foto-foto hasil karya temen satu gengnya, yakni Ceu Kirsten Parker. Ga kalah ciamik pokoknya, uh wow banget. Ingin rasanya aku kursus motret sama Ceceu-ceceu ini.. 


Nah, sekarang mari kita mencari vendor wedding photographer di Bandung yang bisa, ya, setidaknya, mirip-mirip lah sama Ceu Marie dan Ceu Parker.. Ada tiga vendor yang belakangan ini saya ubek-ubek instagramnya. Pertimbangan yang saya cari adalah; harganya terjangkau (teteeup lho, ya, harus terjangkau haha) definisi terjangkau buat saya adalah di bawah Rp.15.000.000,- hehee eh sorry, revisi lagi, bisa ga kalau di bawah Rp.10.000.000 hahaha.. Yang kedua, pemilihan angle, tone dan tentunya kelihaian sang fotografer to catch 'the moment'. Kebanyakan vendor wedding photographer di Bandung selalu menonjolkan foto pre-wedding di portfolio mereka. Ini agak celaka, karena saya jadi sulit untuk mendeteksi mana yang benar-benar skill motretnya sesuai dengan kemauan saya.

Foto pre wedding biasanya memang jatuhnya lebih bagus karena segala sesuatunya bisa dibuat sesuai kemauan kita. Mulai dari attire, lokasi, waktu pemotretan (ini berpengaruh sama lighting ketika motret), sampai tema foto. Berbeda dengan motret saat the wedding day yang sebagian content acaranya sifatnya seremonial yang sakral dan kadang terkesan kaku. Untuk properti foto dan lokasi juga ga bisa seenak jidat menentukan ketika pre wedding. Makanya ini sangat tricky, gimana cara menghasilkan foto yang tetap artistik, warm, good angle, dengan segala keterbatasan yang ada? Oh ya, yang akan saya bahas ini cuma service untuk foto saat wedding day karena saya memang tidak mencari fotografer untuk pre wedding. So, berikut adalah nominasi 3 vendor yang saya taksir. 

1. Redwhite Photo 
Vendor yang ini saya dapat dari hasil rekomendasi teman saya. Kebetulan dia baru menikah juga dan bilang sangat puas sama hasil jepretannya. Langsung dong saya hubungi, tanya harga via whatsapp, eh, fast response sekali, deh. Price listnya mulai dari Rp. 14.500.000,- untuk wedding day only. Pas saya bilang saya cuma punya budget Rp.10.000.000,- eh langsung dong sama dia dicustom paketnya. Ada beberapa item yang dihilangkan seperti jumlah foto yang diedit, jumlah fotografer sama kalau ga salah ukuran foto yang akan dicetak besar. Intinya budgetnya bisa disesuaikan, senang deh. Pas saya liat jepretannya, anglenya cukup oke, ga standar, cuma entah kenapa saya kurang suka tonenya, kaya masih terlalu kasar gitu. Atau mungkin request dari clientnya kali, ya? Foto-foto di bawah ini saya ambil dari websitenya. Silakan kalau mau kepoin IG nya di @redwhitephoto atau langsung ke websitenya


2. Nesnumoto
Dapat vendor ini kebetulan dari pameran vendor pernikahan di Pusdai awal tahun 2016. Ibu saya yang semangat 45 datang kesana, sementara saya sih lagi pijat refleksi di Jakarta *durhaka*. Pulang dari pameran, Ibu saya ngasih banyak sekali brosur. Salah satunya brosur Nesnumoto ini. Pas lihat brosurnya, lucu, minimalis, bergambar pasangan dengan kostum robot. Pas lihat dalemnya, lebih lucu lagi, harganya terjangkau bangeett. Huhuy.. Start dari Rp. 8.500.000,- sudah include foto pre wedding dan foto plus video saat wedding day. Ketika saya hubungi via whatsapp juga sangat fast response. Untuk yang punya budget minimal tapi pingin kualitas foto yang oke, kayanya Nesnumoto bisa jadi pilihan. Foto-foto di bawah ini juga saya grab dari IG nya di sini. Silakan cekidot. :D


3. Dannn... akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada... Hieros Photography! 
Tau vendor ini secara ga sengaja waktu lagi browsing-browsing Instagram. Pas liat IG nya, suka banget liat foto-fotonya. Terus saya kepoin lagi IG owner sekaligus photographernya. Ini juga penting nih, kalau bisa kamu kepoin juga IG pribadi photographernya, supaya kamu bisa tau personal style dia sebenarnya kaya apa, kalau udah sejalan, request konsep foto yang dipengenin juga akan jadi lebih mudah. Anyway, pas saya liat IG ownernya, ciri khasnya langsung kebaca dan saya suka banget. Langsung lah saya hubungi si Mas Fusuy, owner Hieros Photo. 

Responnya agak lama, kayanya karena dia fotografer paruh waktu, kalau weekday sepertinya kerja yang lain gitu, deh. Tapi ga masalah, karena orangnya ternyata ramah banget. Pas saya mention Anda Marie, dia juga langsung tahu. Cocok! Untuk harga, ratenya Rp8.500.000 untuk photo saat wedding day for 6 hours coverage. Kalau mau nambah video, ratenya  jadi Rp13.500.000,- Enaknya jasanya foto dan video terpisah, jadi kita bisa ambil foto saja atau video saja. 

Nah, yang masih jadi pertimbangan saya adalah; haruskah saya hire jasa untuk video juga? Karena setelah dipikir-pikir, perkataan teman saya si Acil di sini, ada benarnya juga, berapa pasangan sih yang nonton video pernikahan mereka lebih dari satu atau dua kali? Uhm, kayanya sedikit, yah. Untuk rate Rp.5.000.000,- entah kenapa saya lebih prefer beli Fuji Film XM-1 (yah nambah dikit, sih) terus saya bisa briefing salah satu saudara saya yang punya bakat ngeshoot video, terus suruh dia jadi videographer dadakan. Kalo urusan ngedit video sih, saya juga bisa sendiri. Memang sih pasti hasilnya ga akan sebagus videographer profesional, tapiii kan, aku jadi punya kamera baru, yaa kan? Hehehe... 

Foto-foto di bawah ini saya ambil dari IG nya @hierosphoto 



Selain tiga nominasi vendor wedding photographer di atas, saya juga sempat naksir sama Owlsome Project. Tapi ratenya cukup tinggi, start from Rp.23.000.000,- hence, this vendor out of the list. Lagipula entah kenapa saya malah lebih suka jepretannya si Hieros, so i'll just stick to Hieros saja, Mas Fusuy, I am counting on you! :D 

***

7 comments:

  1. Mba Galuh, gara2 posting ini jadi mau pake Hieros juga nih. Hehehehe. Emang keren-keren yaaak.

    Btw, Mbak Galuh ada referensi buat cateringnya juga gak Mba? Kalau ada, diposting Mbaaaa. Buat referensi. Makasiii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah kita satu selera ;)

      next post aku tulis soal catering yaa, semoga lancar persiapannya, thanks for reading 😊

      Delete
  2. Kak Galuh ad file pricelist hieros? Boleh minta, aku ud ngemail tp blm ada respon :(, kalo boleh kirim ke ktazkiyah@gmail.com makasih Kak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Kiki, untuk hieros PL nya untuk photo 8 juta, untuk video 5 juta. :)

      Delete
  3. aku juga lagi pusing milih vendor foto kak, yauda anbil hieros aja biar samaan sama kak galuh he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehee.. Semoga lancar yaa acaranya, thanks for reading :D

      Delete
  4. Its like you read my thoughts! You seem to understand
    so much approximately this, such as you wrote the ebook in it or something.
    I think that you simply could do with some p.c.
    to drive the message house a little bit, but instead of that, this is fantastic blog.

    A great read. I will certainly be back.

    ReplyDelete