Tuesday, October 20, 2015

nonton bola untuk pemula

Hari minggu kemarin saya nonton grand final Piala Presiden di Gelora Bung Karno (GBK). Jujurnya, saya bukan penggemar berat Persib, I don’t even like bobotoh, tapi cuma karena ada tawaran tiket, saya dengan murahnya langsung bilang, “Oke deh, ikut” hahaha.. Saya tidak bawa kamera karena saya takut ribet dan kemudian saya agak menyesal huhu.. I should've brought my wide lense. Ahh... sayang sekali.  

Ini pengalaman pertama saya nonton Persib langsung di GBK, pas final pula. Saya bukan orang yang suka keramaian, nonton konser aja males, apalagi nonton final bola yang supporternya sudah bisa dipastikan mencapai puluhan ribu. Dan yang lebih seru lagi (eh, kok seru ya?) supporter Persib dan supporter Persija ini punya unfinished business kalo bahasa kerennya. Mirip mantan gengsian yang masih pengen balikan;  kalo ketemu berantem muluk, kalo ga ketemu? Dicariin muluk. Padahal pertandingan final ini bukan antara Persib vs Persija, tapi Persib vs Sriwijaya FC. Aneh kan? “Kalau ga tau soal rifalitas kita, ga usah banyak omong.” Komentar salah seorang anggota Jakmania yang saya baca di media sosial. Rifalitas, pake f. Jadi, ya sudahlah, tidak usah didebat. :))

Hari Minggu pukul 3 sore saya sudah meluncur ke Senayan -yang anehnya tidak sesuai dugaan- jalanannya lowooong banget. Mungkin orang-orang jadi pada takut keluar rumah karena memang sudah banyak kendaraan-kendaraan yang mengangkut boboth yang dilemparin sama supporter Persija. Alhasil jam setengah 4 saya udah nangkring aja gitu dengan manisnya di GBK, padahal kick off baru mulai jam 7 malam.  I’m wearing hijab, selain memang kalau weekend saya biasanya pakai (maklum, masih belajar), ternyata pakai hijab itu memang terbukti sangat membantu untuk perempuan yang mau gabung nongkrong sama puluhan ribu laki-laki yang agak-agak brutal. Minimal-minimal, ga ada tuh yang suit-suit atau godain ga bermutu. Nah berikut ini adalah beberapa point penting yang saya catet ketika di GBK:

1. Nonton bola langsung di stadion itu ambiencenya beda banget. Asli, seru! Sense of belonging kita terhadap tim dukungan kita bisa tiba-tiba meningkat sekitar 75%. Apalagi pas goal, seru bangeeet. Kita bisa teriak-teriak, joget-joget, naik kursi, bahkan ada satu moment dimana saya malah teriak-teriak curhat yang ga ada hubungannya sama bola, “Gueee capeeeekkkk dehhh kerjaaaaaa!” tapi ga ada tuh yang ngatain kita gila, stress atau melirik dengan tatapan sinis. Biasa aja. Di dalam stadion, being brutal is normal. Enak, kan? Haha.

2. Ada 3 ring jalur sweeping pengamanan untuk masuk ke stadion. Semuanya dijaga oleh tentara dan polisi. Di ring pertama ini kita mesti siap mental. Lumayan lah buat latihan nanti di akhirat dimana semua manusia sama di mata Tuhan. Di ring pertama, semua penonton mau VIP mau tribun, semua sama di mata tentara. Semua penonton campur aduk jadi satu. Kita akan antre bareng sama supporter, copet, tukang ngamen, tukang asongan, anak hipster, artis ibukota, skuter (selebriti kurang terkenal), Jakmania yang nyusup karena mau lempar-lempar batu, anak gym, anak pesantren, anak metal, plus orang-orang kaya saya gini, yang ga ngerti apa-apa maen dateng aja. Kebetulan saya dapat tiket VIP, jadi di ring terakhir, antriannya udah rapih karena sudah based on kursi di tiket, satu lajur, dan orang-orangnya ga sebrutal di ring pertama.

3. Tidak boleh bawa benda tajam, benda tumpul juga ga boleh kalau bisa dipakai untuk mengancam keselamatan orang lain (misal; golok tapi tumpul). Tidak boleh bawa rokok, tidak boleh bawa minum dalam botol, bolehnya dalam plastik aja, kembang api, petasan dan hal-hal semacam lainnya, karena semua akan disita sama Pak Tentara.

4. Oh ya, waktu saya lagi antre di ring pertama, rusuh banget. Ada sekitar 6 orang yang digebukin lalu akhirnya dibawa sama polisi sambil diiringi teriakan “Huuuuu!!!” dari semua orang yang antre, termasuk saya. Padahal ga ngerti juga sih dia ngapain, mungkin copet, tapi seneng aja gitu tereak-terak, “Huuuuuu!!!!” Selain itu ada juga rombongan tak bertiket yang maksa masuk di ring pertama. Sempet kejadian juga pas saya lagi antre. Lalu tahu apa yang terjadi? Datanglah pasukan kavaleri dengan kudanya yang turunan Godzilla, gede banget kudanya. Dan langsung para perusuh itu lari tunggang langgang. Pokoknya paling rusuh ya di gate ring pertama ini, lah. Tercatat waktu saya antre ada tiga kali rusuh dan semua orang langsung teriak-teriak, tentunya termasuk saya. 'Woyyyy!! woyyy!!' padahal.. again.. ga ngerti ada apaan. -__-



Ini orang-orang yang ditangkep sama Pak Polisi. 

5. Suka liat pemain bola yang diving di lapangan? Lalu kita akan bilang, “Yaelaaah lebaaayyy..” berhubung saya duduk di VIP Barat barisan paling depan yang lumayan deket jaraknya ke lapangan, ternyata kalo lihat aslinya, itu beneran sih kayanya sakit. Denger suara badan dia jatuh sambil beradu aja udah “Bzzzggg!” kenceng banget. Minimal-minimal itu kulit perih banget keseret kaya gitu. Maaf ya, selama ini saya sudah begitu judgemental karena cuma nonton di tipi. :(

6. Saya tiba-tiba jadi kepikiran soal social pressure buat pemain-pemain cadangan. Bayangin aja, pas penyebutan nama-nama pemain yang akan bertanding, setiap MC membacakan satu nama, langsung disambut dengan tepukan tangan. Nah, ketika penyebutan nama untuk pemain cadangan, penontonnya kaya udah ga peduli gitu. Ga ada yang tepuk tangan, sumpah sedih lho ini. Coba bayangin aja perasaan para pemain cadangan itu. Furthermore, saya lihat ada beberapa pemain cadangan yang bener-bener ga turun main alias dikulkaskan. Coba deh bayangin perasaan dia ketika misalnya ibunya nanya, “ Nak.. kamu katanya main, tapi kok ibu ga liat kamu di tipi, nak?” Ih sedih, kan? Bayangin perasaan dia, belum lagi temen-temennya kalo nanya atau komen di medsos. Kira-kira mereka hidupnya hampa ga, ya? Orang lain bajunya keringetan, kotor, kok saya engga ya? Mungkin kaya gitu yang ada di pikirannya. Dan dia juga harus warming up and stretching for…. Nothing. Sedih banget, kan? Tapi kalo kata temen saya sih dengan entengnya dia komentar begini, “Ga apa-apa, yang penting gajinya sama.”

7. Selain kasian sama pemain cadangan, saya juga kasihan sama tim P3K yang bawa tandu. Saya perhatiin mereka tuh ada sekitar empat kali sprint kenceng ke tengah lapang sambil bawa-bawa tandu. Begitu sampe ke tempat pemain yang lagi kesakitan, eeeh… pemainnya ternyata sehat wal afiat, dan lalu mereka kembali ke pinggir lapang dengan tatapan hampa dan tandu yang kosong. Pekerjaan sebagai petugas tandu ini sebaiknya diisi oleh orang-orang yang ambisius dan jago sprint, jangan lupa juga stretching dan warming up, kalau ga mau hamstring di paha belakang cidera akibat sprint mendadak.

8. Pulangnya saya mampir ke FX karena lapar dan haus sembari mendapatkan suguhan pemandangan supporter Persija yang lagi kejar-kejaran sama polisi di Jalan Sudirman. Oh ya, sebelumya saya sempat ngomel-ngomel pas mau keluar stadion sama polisi yang jaga gate di GBK. Bayangin aja, dari 12 pintu Senayan, masak yang dibuka gerbangnya cuma dua? Kan ngerepotin banget. Doyan banget sih nutup-nutup gerbang? Nah, untuk hal demikian, mohon jangan ditiru karena si Galuh ini benar-benar buta mengenai strategi pengamanan dan mobilisasi massa pendukung sepak bola. Dan untuk kejadian tersebut anggap saja saya sedang beruntung karena Pak Polisi sungguh bijaksana dan baik hati dengan tidak menghardik balik si perempuan yang sedang lapar, haus dan jelang PMS. Arigato, Pak! 

9. Agak menyesal duduk di VIP karena penontonnya kurang alay hahaha, terlalu tertib gitu jadinya malah kurang seru. Sementara di tribun sebelah penontonnya udah naik-naik ke pager sambil buka baju dan joget-joget heboh. Tapi kayanya bau ketek sih.. Tapi tetep deh, pinginnya sih duduk di tribun aja. Lebih menjiwai pasti dan bisa lebih bebas berekspresi. :)) 

10. Polisi vs Bobotoh ini macem srimulat. Ups, maap, Pak. Waktu pertandingan sedang berlangsung, ada bobotoh yang lempar-lempar petasan, lalu dari balik pager ada dua polisi yang nyolok-nyolok bobotoh pake bambu hahahaa sumpah deh mirip adegan anak kecil nyolok-nyolok monyet di kebon binatang. Dan yang lebih kurang ajarnya, pas Pak Polisi lagi dengan muka galak dan serius nyolok-nyolok sambil berasa main pedang ala Zoro gitu, bobotoh yang lainnya kompak teriak, "Eaaaa... eaaaa..." sambil cekikikan. Yang paling parah sih pas pertandingan dimulai dan rombongan polisi masuk dengan berbaris rapi dan bermuka dingin. Sontak satu stadion langsung kompak teriak begini, "kiriii.. kiriii.. kiri, kanan, kiri!" ala-ala pasukan Paskibra lagi latihan. Astaga.. Hahahaa... saya pun cuma bisa mendoakan agar bapak-bapak polisi diberikan kesabaran. Ingatlah anak dan istri yang harus dinafkahi di rumah, Pak.. 

So far, nonton bola di stadion ternyata cukup aman buat perempuan. Banyak petugas keamanan yang kooperatif dan sigap membantu. Untuk sweeping di ring ketiga juga dibagi menjadi dua jalur, perempuan dan laki-laki. Jadi nanti yang akan sweeping barang perempuan ya mbak-mbak Polwan yang cantik. Terus mau lagi ga nonton di stadion? Mauk banget laah! Hahaha... 

***

*ditulis 7 hari jelang menstruasi 

4 comments: