Monday, January 18, 2016

daftar tempat resepsi pernikahan outdoor di bandung: in search of the perfect wedding venue

Well.. here's the breaking news *drum roll* i am getting married this year (Insya Allah). Wacana menikah ini baru muncul di akhir tahun 2015, itu pun terpikir karena tiba-tiba pelatih saya melontarkan pertanyaan, "Ada rencana menikah tahun 2016? Jangan hamil dulu ya, sampai PON bulan September," and i was like.. oh iya ya, nikah. Eh, lama ya, bulan September? Hahaha.. Setelah pertimbangan plus berantem diskusi alot sama pasangan, akhirnya kami pun memutuskan untuk menikah. 

Terus terang, saya bukan penggemar kegiatan membuang-buang uang dalam jumlah yang besar dalam satu hari saja (baca: resepsi), saya bahkan ga terpikir mau pakai baju apa, bunganya mau kaya apa, pelaminannya apa, maharnya apa, rasanya cuma pingin bilang, "Bisa ga sih kita nikah di KUA aja? Satu jam kelar urusan. Oh ya, maharnya sepeda gunung ya sayaang.." jawabannya ENGGA BISA SHAYYYY. Alasannya cukup panjang kalo mau dijabarkan. Pokonya ternyata ga bisa, hiks.. 

Sebetulnya, saya pun agak malas gimana gitu dengan konsep resepsi pernikahan. The idea of me being in the spotlight pretty much scares me. I do not like being in the situation where all eyes are on me. Gimana kalau gigi aku ada cabenya? Gimana kalau aku jatuh terus bajunya robek? Gimana kalau tiba-tiba aku muntah? Gimana kalau muka aku jelek? Atau muka aku batak banget? Gimana kalau tiba-tiba ada gempa bumi, terus pelaminannya runtuh dan aku masuk koran? Ok stop. There are just too many what ifs and bad thoughts, i am about to shut my evil brain.


 Sampai awal Januari 2016 saya pun masih santai aja dengan wacana menikah ini, sampai ibu saya nyeletuk, "Venuenya mau dimana? Harus dibooking dari sekarang, lho"  Ngek. Perasaan rencana menikah masih lama (menurut saya) masih sekitar 7 bulan lagi dan ternyata setelah saya ngobrol sama teman-teman perempuan saya yang sudah menikah, 7 bulan itu waktu yang sangat singkat untuk menyiapkan pernikahan. WHAT DO YOU MEAN? Ngek lagi. Akhirnya saya pun mulai bergerak untuk cari venue. Singkat cerita, 2 hari kemarin saya habiskan waktu untuk puter-puter Bandung cari venue dimana hasilnya pun sangat mengejutkan saya, rata-rata sudah dibooked sampai September, ada yang sudah full booked sampai Desember malah. Ngek lagi dan lagi. Orang lain pada ambisius amat ya mau nikah? *lap keringet* 

Definisi perfect venue menurut saya itu, bersih, luas, strategis, plus MURAH. Hahahaha... Saya sih tidak berminat bikin resepsi di venue manapun yang letaknya di Lembang/Sersan Bajuri, pokonya daerah Bandung atas itu udah saya coret, kenapa? Karena  setiap weekend macetnya luar biasa banget kalau mau ke daerah atas, dan saya sendiri jujurnya paling males kalau diundang nikahan di daerah Bandung atas. 

Akhir-akhir ini kan kayanya lagi ngetrend ya kawin di hutan, Saya pun sebenarnya naksir deh sama venue yang dipenuhi pohon pinus, lalu udara sejuk khas pegunungan, tapiii.. biasanya lokasi-lokasi venue semacam itu letaknya jauuh dari kota, dan saya kok ga tega ya mau undang tamu jauh-jauh, belum macet, belum kalau mereka bawa anak terus crangky.. belum kalau yang dateng udah tua, dan dan sebagainya. Lalu kenapa saya mau yang luas? Karena saya pingin naro meja dan kursi, minimal kursi, karena saya ga suka makan sambil berdiri, lagian dosa tau nyuruh orang makan sambil berdiri hahaha. Plus proper area for parking, supaya tamu ga perlu jalan jauh ke venue karena susah cari parkir. 

Kemaren saat saya mau survey venue, saya sempat googling dan terus terang agak kesulitan cari informasi, terutama mengenai harga venue outdoor wedding di Bandung. Maka itu, sepulang survey kemaren saya putuskan untuk menuliskannya di blog, siapa tahu ada perempuan-perempuan pemalas sibuk kaya saya yang cuma punya waktu untuk browsing di internet. Oh ya, kenapa outdoor? Karena saya pengen pesta kebun, secara kan saya tuh outdoor banget getooh anaknya. Ok abaikan. 

Berikut ini beberapa tempat yang saya datangi untuk survey venue outdoor wedding di Bandung:

1. Selaras Guest House 
Lokasinya di Jalan Cibeunying, dekat Jalan Ciliwung, sebelah Restoran Rumah Nenek. Tempatnya bagus, rumah tua belanda yang sudah direnovasi jadi ga kelihatan apek, hanya saja tempatnya kecil banget. Pas saya tanya manajernya, katanya sih muat sampai 400 orang standing party, tapi kayanya bakal sumpek banget deh, menurut saya sih 200 orang max baru pas. Kalau bikin wedding party kecil-kecilan sepertinya sih oke. Ada halaman belakang yang cukup luas dan well maintain, cocok sih untuk garden party kecil-kecilan. Tapi berhubung saya mau undang lebih dari 400 orang, akhirnya ga jadi deh. Harganya paket sekitar Rp. 10.000.000 sudah termasuk listrik, piano, meja dan kursi,  plus catering makanan untuk 70 pax. Sisanya bisa nambah sendiri, harganya berkisar dari Rp. 100.000,- sampai Rp. 120.000,- kata teman saya sih makanannya lumayan enak. Cuma parkirnya yang agak sulit, karena tamu-tamu harus parkir di sepanjang jalan Cibeunying. Pas saya kesana, kebetulan lagi ada acara lamaran gitu. Excuse for very low quality photo, cuma modal kamera HP, motretnya juga sambil grasa-grusu :D 





2. The Centrum
Murah, thats it. Dari beberapa venue yang saya survey, Centrum yang letaknya di dekat SMA 5 Bandung ini memang paling menggiurkan tawarannya. Ada beberapa paket wedding yang disediakan, paling murah Rp. 27.5000.000 udah termasuk catering makanan 200 pax, sisanya kalau mau nambah, tersedia menu mulai dari Rp. 75.000,- tapi pas saya cek venue, di lobby depannya, entah kenapa ya kok kaya bau pesing -___- dan kolamnya airnya warna hijau plus ada kodok lagi berenang. Aduh aduh.. Centrum ini kelihatannya memang luas, tapi dua kali saya datang ke nikahan di Centrum, suasananya selalu terlihat penuh dan sumpek, karena yang bikin sempit itu kolamnya yang super besar itu, alhasil tamu-tamu jadi memenuhi aisle di sepanjang kolam. Ini juga coret akhirnya. 



3. Maxi Resto 
Ini cakep! Rumah besar Belanda yang tua dikelilingi halaman rumput hijau yang menyejukan mata. Ahelahh. Sayangnya, mahal haha. Lokasinya di dekat Bumi Sangkuriang, Ciumbuleuit. Untuk penggunaan venue selama 4 jam, kita harus membeli paket wedding catering seharga paling murah Rp. 130.000,- plus plus, kalau lebih dari 4 jam, ya kena charge lagi. Makanannya juga lumayan enak, parkir bisa menampung sekitar 80 mobil lah.. Akhirnya ini juga saya coret. 



4. Tjendana Bistro 
Kemarin sempat lihat ada teman yang menikah disini, kayanya lumayan bagus untuk konsep semi outdoor, saya sih belum sempat survey kesini, tapi sempat email-emailan sama manajernya. Lokasinya di Jalan Sukajadi. Harganya dimulai dari Rp. 120.000,- plus plus untuk menu buffet sederhana. Tempatnya ga terlalu besar ternyata, kalau mau undang diatas 400 orang kayanya kurang cocok di sini. Plus parkirnya benar-benar chaos. Co... ret. 

5. Rumah Kebon Cengkeh 
Ini venue outdoor wedding yang lagi hits belakangan ini, beberapa teman saya juga ada yang menikah disini. Saya belum sempat survey kesana, tapi sudah email-emailan juga. Harga paket pernikahan paling murah Rp. 45.000.000,- untuk 200 pax (Buffet + 3 dessert+ 3 stalls) sudah include venue berupa joglo, patio, rumah pohon, pelaminan, meja penerima tamu, janur umbul-umbul plus sound system max 2000 watt. Untuk additional pax dimulai dari harga Rp. 67.500,- Cuma lokasinya agak jauh ke dalam, bisa bikin tamu-tamu bingung. Coreeet..

6. Le Delice Cafe 
Tempat ini bisa disewa untuk wedding/ulang tahun. Kalau sewa venue di sini, ga perlu pake dekor macem-macem lagi deh. Tempatnya udah shabby chic bangeet, sayangnya rumputnya sintetis, meski kalau difoto keliatannya hijau banget gimana gitu. Untuk kapasitas undangan, hanya untuk 50 undangan/100 orang standing party. Kiciill banget yaaa, padahal tempatnya lucu. Untuk harga dimulai dari Rp. 85.000,- per pax sampai Rp. 120.000,- per pax. Oh ya, saya baru telpon-telponan aja sama managernya, mundur teratur pas denger cuma muat 100 orang. Foto-foto di bawah ini hasil karya Helen di sini. 



7. Hotel Malaka 
Venue yang ini termasuk baru di Bandung. Ini judulnya semi outdoor sih, untuk pelaminan biasanya ditaruh tetap di indoor. Harganya sama dengan Maxi's resto. Per pax nya dimulai dari Rp. 130.000,- plus plus, tapi dapat bonus kamar untuk pengantin dan dua kamar untuk keluarga. Kalau saya sih dengan harga segitu pasti lebih pilih di Maxi's.

8. Vila Saddak 
I love this place! Letaknya di dago pakar, masih acceptable lah macetnya kalau weekend dibanding ke Lembang. Hanya sajaaa, vila ini cuma bisa nampung 250 orang max. Huhu. Area parkirnya pun kurang luas. Karena judulnya vila, sewanya pun kita dapat sehari semalam dengan harga Rp. 15.000.000,- jadi untuk keluarga calon yang butuh penginapan, bisa sekalian nginap di sini, ga perlu sewa hotel lagi. Kalau ada yang butuh contact personnya, silakan PM :) 


9. Bumi Bandhawa 
Ini juga sama, ga sempat survey, baru email-email saja. Paketnya paling murah dimulai dari Rp. 40.000.000 untuk 200 pax, udah termasuk venue, one night stay at Grand Suite, complimentary room buat akad nikah, dan listrik 3.000 watt. Additional catering per pax harga Rp. 200.000,- Kalau lihat foto-fotonya sih kayanya oke juga untuk konsep outdoor-small wedding, tapi lahan parkirnya kurang mumpuni. Pricey juga, ga masuk budget. Coreeet lagi. 

10. Galeri Cinde
Lokasinya di Jalan Pahlawan. Bangunannya agak lama dan kurang terawat menurut saya. Kalo ngadain malam mungkin ga terlalu kelihatan, kalau mau ngadain siang, bisa diakalin dengan dekor yang ciamik sih. Kental dengan unsur-unsur jawa sejenis joglo gitu. Untuk harga ga terlalu mahal sih, untuk venue saja Rp. 8.000.000,- tapi belum termasuk uang kebersihan dan tambahan listrik, mungkin jatoh-jatohnya sekitar 9-10 juta ya. Di Galeri Cinde enaknya kita bisa nentuin vendor catering sendiri, jadi di sini kita cuma sewa venue saja. Untuk kapasitas undangan sepertinya bisa muat sampai 500 orang deh, lebih dari itu nampaknya bakal sumpek. Parkirnya juga kurang luas, tamu harus parkir di sepanjang jalan pahlawan. Coreeet lagi ya Allah.. 

11. Salian Art 
I honestly fell in love instantly at the very first sight. Viewnya cakeep banget. Interior mereka juga artsy, untuk yang pingin pake theme rustic wedding bisa pakai kursi dan meja mereka yang udah mendukung banget. Venue cukup luas, bisa menampung hingga 300 undangan/600 orang lah. Parkir juga lumayan luas. Sayangnya lokasinya di Jalan Sersan Bajuri. Orang Bandung pasti udah hapal banget deh sama betapa macetnya akses menuju Sersan Bajuri di kala weekend. Plus agak pricey juga sih tempatnya hehe. Untuk sewa venue saja all area exclude galeri seni dibanderol Rp. 25.000.000,- plus kena charge catering Rp. 10.000,- per pax. Untuk durasi rental venue sih mereka cukup fleksibel, tidak terpatok harus 3 jam atau 4 jam. Jika memesan makanan dari Salian Art, ada dua paket yang tersedia mulai dari Rp. 95.000,- per porsinya. Menunya juga kurang variatif sih. Saya belum pernah coba makanan di sini, jadi belum tahu juga makanannya enak atau tidak. Akhirnya.. coret. 


12. Trees Cafe 
Daaan inilah dia venue yang saya pilih. Lokasinya di Jalan Bungur sebelah kolam renang Karang Setra. Pertama kali datang kesini, langsung jatuh hati sama halamannya yang luaass plus banyak pohon rindang. Suasanannya adem dan banyak joglo-joglo.Di Trees Cafe kita juga bisa pilih sendiri vendor cateringnya. Untuk harga sewa venue Rp. 18.000.000,- pheww pricey sih, tapi kalau dipikir-pikir lagi, di Trees kita bisa pakai venue dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore. Loading dekor sudah bisa dimulai dari malam sebelumnya. Kalau di venue lain rata-rata cuma 4 jam, lebih dikit kena charge. Udah include listrik 1.000 watt (terpaksa deh saya mau angkut genset dari kantor ibu saya buat nambah listrik haha), keamanan, polisi, dan lahan parkir yang luaas. Plus saya bisa bawa catering sendiri, which means, saya bisa lower down budget di catering. Kebetulan Ibu saya punya teman baik yang punya catering enak, jadi bisa diatur laah itu. Kalau di venue lain rata-rata udah bundling sama catering, dan langsung diketok jadi mahal banget. 



13. Wisma Joglo
Well.. tepat sebulan setelah saya booking venue di Trees Cafe dan booking vendor dekor (mengenai vendor dekor ini akan saya review lagi nanti), tiba-tiba saya engga jadi pake venue di Trees Cafe ahahaha.. Jadi begini, setelah ngobrol sama dekorator, kebetulan dia sudah pernah ngedekor di Trees Cafe, lalu diperlihatkanlah foto-foto layout dan design ruangan yang sudah pernah dibuatnya. Pas lihat, eh.. kok jadi kaya kecil banget ya tempatnya? Ngek. Alhasil saya jadi berubah pikiran. Orang dekor menyarankan tempat ini, Wisma Joglo, lokasinya di Dago Pakar bersebelahan dengan Stone Cafe. Pas lihat lokasinya, ugh, cocok, bukan area macet, sepi, dan aksesnya banyak, bisa via Dago atau Rancakendal. Tempatnya terdiri dari dua joglo besar dan halaman. Parkir luas, tempatnya bagus, dan udaranya sejuk. Perfect for garden party. Harganya sama dengan Trees Cafe Rp. 18.000.000,- sudah dapat dua kamar pula gratisan. Coba, gimana saya ga langsung girang? 

Tapi... 

Emang yang namanya mu nikah tuh banyak banget halang rintangnya, ya? Ketika saya menghubungi ownernya (ceritanya mau nawar gitu, deh, hahahaha *teteup nawar*) ternyata Wisma Joglo mau dijual dan sudah punya peminat pula. Jadi si owner takut kalau ngejanjiin venuenya masih available atau tidak di bulan Agustus. Deg. Langsung deh mundur teratur. Hiks.. batal lagi... Berikut ini foto-fotonya, diambilnya pake handphone, excuse the low quality photos. :) 



14. Roemah Kajoe 
Dapet venue Roemah Kajoe dari hasil browsing-browsing di Instagram. Tempatnya lucu dan serba kayu, ya iyalah, namanya juga Roemah Kajoe pfftt.. Yang bikin saya mengganjal cuma satu; lokasinya di Setiabudi, Eldorado, udah masuk Lembang. Daerah macet nih, pikir saya. Dan benar saja, waktu kakak saya survey kesana, dia misuh-misuh sepanjang jalan karena macetnya luarr biasaaa. -__-  Akhirnya coret juga deh. Oh ya untuk sewa venue harganya Rp. 13.000.000,- all day sudah include dapat satu villa isi 4 kamar. Oke ya harganya? Sayang banget lokasinya di daerah macet. Huhu.



15. Taman Hutan Raya Djuanda 
Ketika saya lagi bingung mau pindah venue kemana, seorang teman upload foto dia lagi ngopi-ngopi di Tahura. Tiba-tiba langsung terbersit, "Eh kenapa ga di Tahura aja, ya?" Langsung lah saya browsing-browsing. Seperti kita semua tahu, yang namanya tempat yang dikelola sama pemerintah ya begitulah.. buka websitenya pun tidak informatif, tidak mobile friendly dan nampak sudah ga diupdate sangat lama. Ditelpon pun tidak tersambung. 

Akhirnya saya sempatkanlah pulang ke Bandung saat weekend ke Tahura. Di pos tiket saya diarahkan untuk bertemu dengan Ibu Elis, staff pengelola Taman Hutan Raya Djuanda. Dan ternyata pemirsa, Tahura bisa disewa untuk venue wedding dan tanggal yang saya mau pun masih available, yippiieee! Jadi apa kelebihan dan kekurangan wedding venue di Tahura? 

Kelebihan:
Lokasi bagus. Bukan zona macet Bandung kala weekend. Tidak terlalu jauh ke pusat kota. Untuk harga sewa selama sehari penuh (tidak terbatas jam) harga sewanya Rp. 10.000.000,- plus kita juga harus bayar keamanan dan kebersihan Rp. 4.000.000,- harga segitu sudah termasuk sewa venue satu hari. Menurut saya, Rp. 14.000.000 terbilang murah untuk sewa venue outdoor di Bandung, tidak dibatasi pula jamnya.  Oh ya dekor sudah bisa mulai H-1, free tiket masuk untuk 250 mobil, listrik 2.000 watt, dan mess untuk dandan, mau dipakai nginap juga boleh, tapi tempatnya agak kotor sih, dan ya namanya di tengah hutan, agak spooky juga hehehe. Toilet banyak tersebar di segala penjuru venue dan cukup bersih. 

Meski outdoor, tapi saya rasa ga perlu sewa tenda banyak-banyak, karena venue nya sangat rimbun jadi tamu-tamu ga akan kepanasan meski acaranya diadakan siang hari (hemat biaya tenda), paling butuh tenda untuk catering saja, in case ada burung poopie dari atas kan ga lucu ya? Hahaha.. Udaranya karena di tengah hutan jadi sejuuk banget. Venue cukup luas, bisa menampung sampai 500 undangan. Ada satu spot seperti open theater. Bisa dipakai untuk panggung musik (hemat biaya untuk stage musik juga), dan tamu-tamu bisa duduk disana, jadi tidak makan sambil berdiri. Persis di sebelah venue wedding, ada taman bermain anak. Mainannya lengkap mulai dari ayunan, perosotan, jungkat-jungkit dll. Ini cocok untuk tamu-tamu yang bawa anak kecil, karena biasanya anak kecil sering rewel kalau dibawa ke kondangan. 

Kekurangannya: 
Ketika kita membayar Rp. 14.000.000,- bukan berarti Tahura ditutup untuk umum. Pengelola hanya akan membloking area wedding. Tahura tetap dibuka dan karena tetap dibuka, ada kemungkinan tamu-tamu tak diundang yang akan ikut masuk ke venue ehehehe.. Salah satu solusinya, gunakan dress code untuk undangan, misalnya memakai baju putih, atau persiapkan tim penerima tamu yang mukanya cukup galak hahaha. 

Kedua kalinya kesini sama Ibu saya, beliau agak kaget sama banyaknya tukang-tukang dagang di depan Tahura, semacam tukang jagung, tukang balon dll. Memang kesannya seperti agak "gerbang kebun binatang" gitu deh hahaha.. Tapi untungnya ibu saya akhirnya setuju dengan venue ini setelah dibujuk-bujuk. Oh ya, meski kita bisa booking untuk seharian, Ibu Elis menyarankan saya agar tidak menggelar acaranya malam hari. Meski sebenarnya waktu paling pas itu ya sore ke malam karena sudah sepi pengunjung umum (Tahura ditutup pukul 17.00 wib). Hmm satu lagi kekurangannya, karena Tahura hanya menyewakan venue, otomatis kita harus provide kursi, meja dll sendiri (ini akan makan biaya lagi), di kebanyakan venue, biasanya harga sewa sudah satu paket dengan meja dan kursi. 

Akhirnya dengan pertimbangan kelebihan dan kekurangan, akhirnya diputuskan venue yang akan dipilih adalah Tahura Djuanda. Bagi yang butuh informasi lebih lanjut atau CP nya Tahura, silakan PM ya :D 



Fiuhh.. selain mafia properti, ternyata wedding venue juga ada mafia ya? Kok tiba-tiba jadi mahal-mahal yaaa semuanya? Hahahaha *ketawa lalu keluar air mata moment* Anyway, selain yang saya tulis di atas, masih ada beberapa venue yang unyuk buat wedding party, misalnya, Bumi Sangkuriang (tapi ini katanya jadi mahal banget sejak Rafi Ahmad nikah di sana, mehhh), Bumi Samami (Rp. 25.000.000,- venue saja), oh and speaking of Bumi Samami, saya kadang heran sih, tempat itu rasanya favorit banget, enak sih, luas, tempat strategis tapi bukan daerah macet, tapi kalo ngadain acaranya siang hari ke sore, yaaa ampuuun panasnyaaa... Bumi Sangkuriang juga sama sih, kalau ngadain siang, panas banget lho... Meski udah pake tenda juga, tetep aja panasnya ngelekep gitu deeh.. hehe.. Sekali waktu saya datang ke nikaan di Bumi Samami, lalu liat pengantinnya dengan kebaya brukat yang mewah banget berkilau diterpa sinar mentari.. uhm.. bagus sih... (kalo difoto, no filter needed) tapi mennn, saya bisa bayangkan keringet yang netes-netes di punggung dia pasti udah berliter-liter. 

Oh ya saya juga sempat mampir ke Tizi Resto Jl. Kidang Pananjung, dekat Simpang Dago. Tizi Resto bisa jadi alternatif buat wedding kecil-kecilan juga, max 100 orang dan ga perlu bayar venue, cukup pesan makan aja bisa buffet or ala carte. Saya sih suka ya dengan bangunan Tizi Resto, ambiencenya juga sukaa banget, tapi ya itu.. tempatnya terlalu kecil.. 

Ah andaikan saja bisa nikah di KUA.. 
Lalu bisa saving money sangat banyak..
Lalu bisa honeymoon ke Nepal..
sebelumnya daki Kinabalu dong, tiga hari cukup. 
sebelumnya beli Osprey dulu yang 55 liter.. 
oh ya bisa juga beli Timberland
pilih tiga pasang sambil merem.. 
beli mountain bike juga bisa tuh yang specnya sama kaya sepedanya Danny MacAskill 

Sorry, Luh, mu kawin apa mau sepedaan apa mau naek gunung Luh? 

*mingkem

If you want to read more about my wedding preparation, please click here and thanks for reading! :) 

***

152 comments:

  1. Ya ampun galuh, congraztttt, akhirnya...posting donk calonya. Penasaran dah....ha..ha..ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa ntar aja cuy kalo uda resmi

      Delete
    2. a ,harga2 ini smua tuh belum termasuk decor ap udh sam decir?

      Delete
    3. mba minta email dong penting.ini email saya itsmegigy.0809@gmail.com

      Delete
  2. hi mba Galuh, boleh minta CP villa saddak gak? emailku di novitadewiwijaya@rocketmail.com. oh yah btw semoga lancar yaaah sampe hari - H :)

    ReplyDelete
  3. Hi Mba, aku boleh minta CP nya villa saddak?

    ReplyDelete
  4. Haloo berhubung banyak yang nanya, aku taruh di sini aja ya CP Villa Saddak. Namanya Pak Herry bisa dihubungi di 081320404750 :)

    ReplyDelete
  5. hi mas galuh.
    boleh minta email atau cp untuk trees cafe?

    ReplyDelete
  6. halo mas galuh

    boleh sy minta cp untuk trees cafe?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, silakan tinggalkan email ya, nanti sy email cp nya. Thank you

      Delete
  7. Hallo mba galuuuh,,thankyou sharingnyaa,, membantu sekali.. mau cp yg villa sadak sama rumah kajoe yah mba..kirim email ke aku boleh lhi,,hihi anisiapuspitas@yahoo.com , makasih banyak mba galuuh :* ,lancar sampe hari H yah mba, akupun taun ini hihi

    ReplyDelete
  8. hai mba,
    salam kenal. bisa saya minta detail dekor yg mba pakai baik PIC maupun IG-nya. trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, untuk vendor dekor, saya pake Spechelle Decoration. https://www.instagram.com/spechelle_decoration/

      Delete
    2. hi mba,

      sorry nih, bisa tolong email ke mbebadotz@yahoo.com mengenai kesan mba setelah diskusi dengan spechelle.
      jika tidak keberatan mungkin juga range harga deal mba dengan spechelle dan apa saja yg mba dapet dengan harga segitu.
      jujur saya agak down juga nih browsing harga spechelle dr user lain yg sudah pernah pakai (untuk dekor saja mencapai 25juta) :(

      Delete
  9. hai mbak galuh, ngebantu banget nih aku sebagai pemalas dan ga suka ngurusin ceremonial yg ribet2, mending naik gunung beneran :)) mau tanya cp Roemah Kajoe soalnya kayanya bersih dan belum hits amat :D email ke syahnazk@gmail.com ya mba, thanks a lot!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba, hahaa tos sebagai pemalas :) udah saya kirim ya emailnya

      Delete
  10. Bisa minta PL untuk list tempat2 diatas buat referensi sya..
    Thanx

    anggadr.88@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Haiiii, aku boleh tau CP Roemah Kajoe dan Tahura juga gak ya? Menarik hihii. Boleh email ke fannyholic_chan@yahoo.com? Di Tahura bisa menampung berapa orang ya? Terima kasiiih :)

    ReplyDelete
  12. halo mas galuh..
    mas apa mbak sih ?

    ReplyDelete
  13. Hai mba galuh
    Sorry boleh minta pricelist untuk tempat2 diatas?
    Bisa dikirim ke nwpratiwi@gmail.com ya mba
    Makasiii

    ReplyDelete
  14. makasih infonya bermanfaat banget �� mau langsung survei tempatnya ..
    thankss a lot ��

    ReplyDelete
  15. makasih infonya bermanfaat banget �� mau langsung survei tempatnya ..
    thankss a lot ��

    ReplyDelete
  16. Hi Galuh, congrats for your upcoming wedding yaa. Btw bisa di share cp buat Roemah Kajoe dan Tahura nya. Baru minggu kemarin main2 ke Tahura dan seru banget. Ini yah emailku intanreza21@gmail.com thanks in advance :)

    ReplyDelete
  17. Halo mba galuh
    Salam kenal
    Boleh tau CP untuk trees cafe
    Makasih :)

    ReplyDelete
  18. Bisa kirim ke vitriwidia180491@gmail.com
    Makasih :)

    ReplyDelete
  19. halo mbak galuh
    boleh saya minta rincian biaya wedding di tahura?
    kebetulan saya juga rencana akan menikah di taun ini, dan lumayan tertarik untuk acara di tahura
    boleh saya minta CP dan rincian biaya yg mbak galuh keluarin buat nikah di tahura?
    email saya ennu.nunur@gmail.com
    makasih mbak sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba galuh, blog nya suka deh, mendetail dan tutur katanya enak untuk diikuti, saya boleh minta rincian biaya nya juga kah ? email saya di jeannynoviana@gmail.com. Saya insyaAllah ada rencana nikah desember ini..dan masih cari venue..Mba galuh ada foto pas weddingnya ? Saya penasaran jadinya seperti apa :D

      Delete
    2. Yaaa email ke deryrizkyryandy@gmail.com jugaa yaa pertanyaan nya juga sama kaya si teteh di atas

      Delete
  20. Siang mbak galuh
    sebelumnya makasih postingannya berguna banget buat kita yg sama2 sedang persiapan nikahan
    saya juga rencana mau nikah taun ini
    saya tertarik dengan bahasan mbak galuh tentang tahura
    boleh saya minat CP dan (kalo boleh) rincian biaya dan vendor2 yg mbak galuh pake buat nikahan di tahura
    email saya ennu.nunur@gmail.com
    makasih mbak galuh sebelumnya
    lancar2 yah mbak persiapannya :)

    ReplyDelete
  21. Halo mba galuh.. Aku tadi lagi iseng2 buka blog nya. Dan lsg ngerasa sama persis sama mba soal "kenapa ga di KUA aja?"
    Dan lebih kaget lagi pas terakhir tahura. Karena saya juga mau tahura, tapi juli nanti kemungkinan. Boleh bertukar info ga mba? Email saya dwitiya.tacil@gmail.com
    Terima kasih :) lancar2 di persiapan nya

    ReplyDelete
  22. Mba boleh minta cp tahura dan PL dekor spechelle mba nanti d tahura? Ke email saya di shanz.irmawan@gmail.com
    Makasih bgt ya mba semoga dilancarkan persiapan nya mbaaa ☺

    ReplyDelete
  23. Hello, Mb. Galuh..senang bisa baca info dari blognya.
    sangat membantu dan bermanfaat bgt :)
    Kalau boleh minta bantuannya, saya minta diinfokan CP / Pricelist terakhir / informasi lainnya yang bisa dishare untuk Trees Cafe dan Rumah Joglo :)
    Teimakasih sebelumnya ya.

    ReplyDelete
  24. btw, email saya di rr.andrian@yahoo.co.id
    Trims b4

    ReplyDelete
  25. Aku juga baru nyari2 venue buat nov des mba galuh... semoet ke vila dicihanjuang, macet sih kayanya tp harga oke 15juta sdh termasum 17 kamar dan area 2h3m tp kayanya list dari mba galuh boleh dicoba deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah oke banget yaaa itu uda dapet 17 kamar, menggiurkan banget hehehe...

      Delete
  26. Halo mba, boleh aku minta CP nya villa sadak? Email aku citraadistip@gmail.com. Thanks yaa 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. CP Villa Saddak. Namanya Pak Herry bisa dihubungi di 081320404750 :)

      Delete
  27. Halo mba, boleh aku minta CP villa sadak? Email aku citraadistip@gmail.com. Thanks yaa 😊

    ReplyDelete
  28. Halo mba, boleh aku minta CP villa sadak? Email aku citraadistip@gmail.com. Thanks yaa 😊

    ReplyDelete
  29. Makasih mbak mimin udh review Ledelice, skrg kita udah renovasi ko, lmyan nambah max 250 undangan, 400-600 standing party, info lanjut lbih ke 085720155238. Tomi, thx mbak galuh...

    ReplyDelete
  30. halo mba galuh, boleh tolong minta detail tahura dan dekornya gak ya? sama biayanya kalo boleh ke fitri.adianugrah@gmail.com Thanks so much in advance.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo untuk dekor aku pake spechelle dekor, untuk biaya, itu based on request kamu sih, karena beda-beda..

      Delete
  31. halo mas galuh, selamat yaa..akhirnyaa :D
    sehat mas?
    kapan ini katalog tempat nikahnya dijadiin buku?? ahahaa

    ReplyDelete
  32. Halo mba galuh, blog nya suka deh, mendetail dan tutur katanya enak untuk diikuti, saya boleh minta rincian biaya nya juga kah ? email saya di jeannynoviana@gmail.com. Saya insyaAllah ada rencana nikah desember ini..dan masih cari venue..Mba galuh ada foto pas weddingnya ? Saya penasaran jadinya seperti apa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo.. weddingku belum kok, rencananya agustus awal, masi sekitar 2 bulan lagi hehee..

      Delete
  33. halo mas galuh, boleh di email rincian biaya wedding di tahura & contact PIC Tahura? boleh di email ke : ivan_edogawa@yahoo.com

    Thanks so much in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk rincian biaya sudah saya tulis yaa, silakan dicermati..

      Delete
  34. Halo mba galuh, makasi review tempat2nya lumayan jadi referensi, blh minta cp selaras guest house? Blh d email k ayeshanabillarakhima@gmail.com

    Makasi sblmnya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloooo selaras guest house bisa ke (022) 7213681

      Delete
  35. selamat malam mba,
    mohon izin mau minta rincian resepsi di Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda hehehe

    insya ALLAH akhir tahun mau menikah,lagi hunting tempat outdoor

    e-mail saya : roryosha@gmail.com

    mohon maaf dan terima kasih sebelumnya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo untuk rincian biaya sudah saya jabarkan di blog post saya yaa.. thank you

      Delete
  36. Halo mba Galuuh, begitu liat postingan ini aku lgsg teriak kegirangan! Haha literally what I have been thinking about for last couple months! Aku boleh minta detail vendor2 yg mba pake ga? Beserta harganya? Ke email syafirars@outlook.com yaa. Aku lg ngincer outdoor party juga soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo.. nanti coba kucompile ya, belum sempet aja nih, so lil time, so much to do huhu... nanti segera kuinfo yaa.. thanks for reading :D

      Delete
  37. Haii mbak galuh, baca^ blognya sangat membantu sekalii. Boleh minta CP untuk di Selaras Guest House ke email riniafriani.ra19@gmail.com trimkasih seblmnya ��

    ReplyDelete
  38. Haii mbak galuhh,baca blognya sangat bermanfaat sekaliii. Saya boleh minta CP untuk di Selaras Guest House ke email riniafriani.ra19@gmail.com trimksih seblmnya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloooo selaras guest house bisa ke (022) 7213681

      Delete
  39. Mba rumah joglo itu nampung kapasitas berapa ya?

    ReplyDelete
  40. Hai mbak galuh, boleh numpang kasih info, ledelice cafe skrg boleh muat 100-400 org, skrg sudah beres renovasi pelebaran di halaman belakang, untuk info boleh hubungi saya di : 085720155238, email : ledelicepastry@gmail.com untuk review foto2 boleh follow ig : ledelicecafe

    terimakasih mbak galuh....
    salam kami.

    ReplyDelete
  41. Hai, makasih ya atas reviewnya.
    Boleh saya minta CP Roemah Kajoe dan Tahura via email agithayusuf@yahoo.com? Thank you.

    ReplyDelete
  42. hai mbak Galuh..
    saya tertarik dengan bahasan mbak Galuh tentang tahura
    saya boleh minta CP dan (kalo boleh) rincian biaya dan vendor2 yg mbak pake buat nikahan di Tahura
    email saya andangrosidii@gmail.com

    sebelumnnya terima kasih ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. terima kasih sudah mampir, sudah diemail yaa :)

      Delete
  43. Mba..nanti update foto2 meried di Tahuranya ya...mao liat dulu..
    Tq..

    ReplyDelete
  44. Mba..nanti update foto2 meried di Tahuranya ya...mao liat dulu..
    Tq..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, iya nanti aku update. mau posting belum sempat aja. :)

      Delete
  45. Alow mba Galuh,jgn lupa nanti posting foto meried di tahuranya ya..mau liat2 dulu,kali cocok...

    ReplyDelete
  46. Halo mba galuh boleh share gak mengenai ditahura sama nanya nanya juga mba ya ... Email saya wjanwarsyah@gmail.com ... D tunggu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai..kalau mau nanya bisa email aku di galuh.sitompul@yahoo.com yaa :)

      Delete
  47. Haloo mba Galuh, saya dinar. salam kenal yaa ��
    Review nya keren bangeett..
    Oia, klo boleh, sya pengen nanya2 lebih lanjut ttg komsep pernikahan mba di Tahura, tertarik bgt soalnya..
    Email sya dinar_0304@yahoo.co.id. klo blh tlg emailkan nmr Whatsap mba, jd lebih mudah komunikasinya.
    Makasih ya mba ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba, maaf emailnya belum saya terima.
      Maaf bisa kirim ulang ke dinarsitisadah@gmail.com ?
      Makasih banyak ya mba., 😊

      Delete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Halo mba galuh

    terima kasih atas info nya. setelah membaca blog ini saya tertarik juga resepsi nikah di tahura. Bisa minta rincian biaya nikah mba galuh ke rizki.perdana1989@gmail.com

    ReplyDelete
  50. hai mba Galuh,
    boleh minta CP tahura dan rincian biaya (terutama list vendor dan detailnya)?
    buat referensi
    thanks ya mba..
    tolong kirim kan ke lucky.robertho@gmail.com

    ReplyDelete
  51. Hai Mba galuh,

    Boleh minta CP tahura,Dan vendor buat dekornya dong.sekalian email rincian p harga buat resepsi Mba galuh di tahura.

    Ane tertarik bgt nih disitu. Tolong di email ke diny.rahmanto@gmail.com ya

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk rincian budget nanti aku bikin postinganya, ya. :)

      Delete
  52. Halo mba Galuh,

    Terima kasih atas bahasan venue outdoor-nya, sangat membantu sekali..
    mau nanya nih kalau untuk venue Tahura, Wisma Joglo, Trees Cafe, Villa Saddak, dan Rumah Kajoe itu apakah harga sewanya udah termasuk PPN? Atau masih harus nambah biaya lagi? Trus utk wisma joglo, villa saddak, dan rumah kajoe itu boleh bawa catering dari luar ngga ya?
    Please contact me at annisa.desiani@gmail.com utk jawabannya.
    Makasih banyaak mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo.. semuanya sudah include PPN yaa.. untk joglo, saddak dan rumah kajoe boleh bawa catering dari luar, tapi kl wisma joglo kena charge sih, tp kmrn aku sempat nego sama ownernya untuk ga kena charge hehe..

      Delete
  53. Hi mba galuh mau nanya yg tahura biaya nya bisa ? Sama vendor waktu nikah di tahura nya hehe makasih ke email tania.khairunnisa@gmail.com

    Mba nikah d hutan gtu ribet ga ya ? Atau mendinh d gedung? Klo d akumulasikan murahan d gedung atau d tahura? Hahaha banyak nanya

    Klo bisa kirim foto wkt nikah d tahura ny mba

    Hatur nuhun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Tania, untuk dikalkulasikan lebih murah di gedung sih (tergantung gedungnya juga hehe) tapi yang pasti ga keluar banyak cost lagi untuk sewa meja kursi dan tenda. :)

      Delete
  54. Hai Mba galuh,

    Boleh minta CP tahura,Dan vendor pas nikah buat dekornya sama catring misal hehe ke email tania.khairunnisa@gmail.com

    Mba nikah d tahura ribet ga ini itu nya? Enakan mana ama di gedung? Trus mba klo misal di akumulasikan mahalan d tahura atau gedung ya? Maaf banyak nanya mba


    Makasiiiiiih

    ReplyDelete
  55. Halo mba galuh, terima kasih ya bahasanya enak banget buat di baca, cocok buat yang lagi galau cari venue nikahan :D
    anw, boleh minta CP nya tahura sama rumah kajoe ga mba?hehe tolong kirim ke dedew_rf@yahoo.com ya. makasih

    ReplyDelete
  56. Hai, mau tanya2 tentang tahura boleh..minta cp nya sama include apa aja.. Thanks yaa.. Btw tlg kirim k mdevana4@gmail.com :))

    ReplyDelete
  57. wah banyak ssekali review yg menarik.. thank u membantu banget.. kalo boleh di email kan kontak2 venuenya yg terpenting tahura.. kalo boleh sama yg lain.. thank u mba galuh yg baik hati.. email ke tedy.satria@gmail.com

    ReplyDelete
  58. Hai Mba Galuh, mohon maaf sekedar ingin memberi info dan mengetahui respon dari yang baca blognya Mba Galuh, kebetulan kami membuka wedding venue untuk outdoor yang bernama Claudia Venue. Mungkin beberapa yang sudah atau akan melakukan foto prewedding sudah tau lokasinya dimana. Untuk info lebih lanjut mengenain sewa lokasi untuk wedding dan prewedding bisa banget cek instagramnya @claudia_venue semoga membantu. Terima kasih

    ReplyDelete
  59. Hai Mba Galuh, saya sekedar nambahin informasi mengenai tempat wedding outdoor nih. Udah ada yang tau Claudia Venue? Tempat yang mungkin kebanyakan orang taunya sebagai penyedia lokasi untuk foto prewedding. Disana juga bisa loh, bagi temen2 yang mau kontaknya bisa langsung cek instagramnya aja @claudia_venue disana ada CP nya. Terima kasih, semoga membantu yaa...

    ReplyDelete
  60. Halo Mba Galuh.. Makasih banyak reviewnya membantu banget :)
    Boleh minta cp tahura dan roemah kajoe ke meridianitwap@gmail.com? Boleh ga minta jg rincian biaya yg mba keluarin buat wedding d tahura, soalnya aku tertarik bgt pgn nikah disana. Rencananya masi buat taun dpn sih, tapi mau mulai urus2 nih.. hehe
    makasih sebelumnya yaa..

    ReplyDelete
  61. Halo Mba Galuh.. Makasih banyak reviewnya membantu banget :)
    Boleh minta cp tahura dan roemah kajoe ke meridianitwap@gmail.com? Boleh ga minta jg rincian biaya yg mba keluarin buat wedding d tahura, soalnya aku tertarik bgt pgn nikah disana. Rencananya masi buat taun dpn sih, tapi mau mulai urus2 nih.. hehe
    makasih sebelumnya yaa..

    ReplyDelete
  62. mba galuh,maaf izin share venue wedding ya...Pandiga Educreation Cimahi Jl Sirnarasa no 11 Cihanjuang Cimahi cp 085861199839/5697EC3A ...

    ReplyDelete
  63. Hallo mba, boleh minta pricelist venue2 yg disebutin diatas ga ya? Sama vendor yg dipake juga hehe bisa tlg email ke ovinapd@gmail.com yaa, makasih mba :)

    ReplyDelete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  65. Mba boleh minta cp nya yg roemah kajoe sama kahura,
    Kirim ke email inoe.kertapati.ik@gmail.com
    Trima kasih mba..

    ReplyDelete
  66. waw. wisma joglo dijual yah.
    dulu smpt moto disana tuh...klien yg keren sampe mau ngubah tanggal kawinan demi dapet vendor dokumentasi kami. hahaha
    *proud*

    ReplyDelete
  67. Mba galuh ini suami ny dying hard MTB y?
    sampe ngerti danny macaskill?
    dan pertanyaan 'kenapa g nikah di KUA aja?nanti mahar ny al beliin sepeda gunung dh..'
    itu jg kluar dr mulut gw k calon..hahhaa

    ReplyDelete
  68. halo mbak :) mau minta CP trees cafe dong hehe. tolong email ke sitinurfajriahh@gmail.com
    makasiiih

    ReplyDelete
  69. halo mbak :) mau minta cp trees cafe dong hehe. tolong kirim email ke sitinurfajriahh@gmail.com
    makasiiih

    ReplyDelete
  70. halo mbak :) mau minta CP trees cafe dong hehe. tolong email ke sitinurfajriahh@gmail.com
    makasiiih

    ReplyDelete
  71. sore mba galuh, kalo tidak merepotkan boleh minta CP nya tahura ndak? thanks. email : anggarasatriowibowo@gmail.com

    ReplyDelete
  72. siang mba...apa pernah review tempat2 outdoor wedding yang buat malem2? alangkah indahnya klo mba kasih rekomendasi...sy rencana april 2017 email saya dmscinux@gmail.com ditunggu ya mba..terima kasih

    ReplyDelete
  73. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  74. Mba Galuh, saya suka konsepnya.. mau tanya pas resepsi itu hari sabtu/mimggu? akses jalan ke tahuranya gimana untuk tamu? macet atau ngga? soalnya saya beberapa kali jalan kesana macet terus pas weekend. Mohon infonya ya Mba, dan kalo berkenan share budget juga dong ke emailku: diniresdasantika@yahoo.com makasihhh :)

    ReplyDelete
  75. Halo mba, sy Ainy....

    Blog nya bermanfaat banget, terutama buat sy yg tugas d luar kota tp berencana wedding d bandung yg ga memungkinkan survey bnyk tmpt.

    Boleh minta info price list selaras guest house ga atau CP nya ..

    Makasih mba...

    ReplyDelete
  76. Halo mba, sy Ainy....

    Blog nya bermanfaat banget, terutama buat sy yg tugas d luar kota tp berencana wedding d bandung yg ga memungkinkan survey bnyk tmpt.

    Boleh minta info price list selaras guest house ga atau CP nya ..

    Makasih mba...

    ReplyDelete
  77. Haloo mba aku Ainy...

    Blognya bermanfaat. Boleh minta price list selaras guest house k email ainyjusticia16@gmail.com

    Terimakasih mba

    ReplyDelete
  78. Halo mbak, reviewnya bener-bener bermanfaat, terima kasih yaah.. boleh minta CP Rumah Kajoe ga mba? Makasiih

    ReplyDelete
  79. Halo Mba Galuh.. Makasih banyak reviewnya membantu banget :)
    Boleh minta cp tahura dan roemah kajoe ke tuan_yophi@yahoo.com ? Boleh ga minta jg rincian biaya yg mba keluarin buat wedding d tahura? soalnya aku tertarik bgt pgn nikah disana. Rencananya masi buat taun dpn

    ReplyDelete
  80. halo mba galuh,
    boleh minta CP lokasi-lokasi yang mba posting. dan kalo ga keberatan, mau minta detail kisaran pengeluaran di taman hutan raya djunda. minta tolong dikirim ke email nfputri4787@gmail.com ya mba, makasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  81. halo mba galuh,
    boleh minta CP lokasi-lokasi yang mba posting. dan kalo ga keberatan, mau minta detail kisaran pengeluaran di taman hutan raya djunda. minta tolong dikirim ke email nfputri4787@gmail.com ya mba, makasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  82. Thanks postingan nya bisa menambah wawasan bagi yang membutuhkan tempat resepsi outdoor. Tempat resepsi outdoor tantangan nya hujan, semoga tidak hujan saat acara nya.

    ReplyDelete
  83. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  84. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  85. Hi Mba galuh,

    Thanks loh postingannya membantu banget, btw kalo boleh aku mau minta contact person villa saddak. Thank You

    ReplyDelete
  86. aku mau nanya2 dong .ini email aku itsmegigy.0809@gmail.com

    ReplyDelete
  87. mba harga2 yg tercantum itu termasuk dekor ga sih???

    ReplyDelete
  88. dear mba ,,lgi kepengen juga nih merrit di tahura, bole minta list vendor yg dipake dr decor, catering, cp tahura.. di email esmothiez@gmail.com thanks mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Ella, aku udah tulis lengkap di sini yaa -->https://galuhsitompul.blogspot.co.id/2017/01/menyusun-anggaran-budget-resepsi.html

      Delete
  89. halo mba galuh,
    mba boleh minta CP Tahura?
    Terima kasih
    aci

    ReplyDelete
  90. Hai mbak galuh bole email ga cp trees cafe dan ketring yang dipakai..intansantoso@yahoo.com makasiiiiih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  91. Kak, saya belum ada niatan nikah tapi iseng google kira-kira budget yang disiapin berapa, bahkan calonnya aja kaga punya, hahah, tapi masha allah terharu nemu blog ini :" saya pecinta gunung kak, dan saya suka bgt ama ijo-ijoan, terus kok pas banget sama kakak, my dream wedding juga kaya begitu, masha Allah dan saya pernah ke tahura, dan emang rustic banget banyak pinus, dan asri banget :"" sayang saya bukan orang bandung walaupun saya suka tinggal di bandung, kunjungi blog saya kak, monggo kalo mampir ke surabaya ^^

    ReplyDelete
  92. FYI ka..

    Kita dari HIS KOLOGDAM nih ka..

    Buat Bride and Groom to-be, aku mau kasih info nih kalau tahun 2018 Gedung KOLOGDAM AD akan upgrading FULL CARPET dan FULL AC. Fasilitas venue akan seperti Ballroom Hotel Berbintang dengan ALL-IN PACKAGE yang pastinya ada banyak pilihan vendor untuk mewujudkan mimpi kalian..

    Catering, Decoration, Adat dan Siraman, Rias dan Busana, Photography, Entertainment semuaa udaah One Package jadi gausah pusing-pusing cari vendor. Kalian juga dpaat fasilitas Wedding Consultan dan Organizer lagii, semua yang direncanakan akan terorganisir sesuai kebutuhannya.

    Udah lengkap terus kalian juga akan dapat Bonus-bonus yang menggugah selera juga looh..

    Buat kaka-kaka nyaa, ayoo hubungi aja kita buat tanya-tanya di 087822011363 (AVI) bisa via WA atau Tlp. Atau dateng langsung ke Gedung KOLOGDAM AD (KODIKLAT) di Jl. Aceh no. 50

    Kami tunggu kedatangannya...

    ReplyDelete
  93. hello, mba. boleh minta CP nya Villa Saddak gak ke email neyssaclarissa@gmail.com

    ReplyDelete
  94. hello, mba. boleh minta CP nya Villa Saddak ke email neyssaclarissa@gmail.com kah? terima kasih :))

    ReplyDelete
  95. A dua
    ác ôn
    chuôm
    bậc nhất
    Bội Bạc
    Bãi công
    trao đổi
    bạn trẻ
    bao vây
    bắt buộc
    phong cách
    mách nhỏ
    hiện nay
    mẫu mã
    quanh đó
    bên cạnh
    bí quyết
    bỏ quên
    sắp xếp
    do đó
    bớt xén
    cồng kềnh
    bước đột phá
    kinh doanh
    người mua
    những
    mẫu
    cơ bản
    nguồn gốc
    cần thiết
    cẩn thận
    cắn
    cạnh tranh
    cáu
    vững chắc
    chất liệu vải
    cung ứng
    giá tiền
    chi tiết
    chính hãng
    sắm
    chống thấm nước
    chú ý
    lưu ý
    di chuyển
    dùng cho
    ra đời
    sở hữu
    công nghệ
    công ty
    cộng
    cửa hàng
    rất
    cười
    cứu
    đa dạng
    hầu hết
    tất cả
    đặc thù
    ngây ngô
    ham mê
    điệu dạng
    phá huỷ
    bệnh tật
    thứ nhất
    toàn bộ
    để dành
    đem đến
    tới
    trẻ trung
    đi ra
    ưu điểm
    thăm dò
    trang bị
    đơn thuần
    ngừng
    dùng
    dùng
    êm ả
    kém chất lượng
    gắn bó
    gần đây
    gan lì
    gần gũi
    sát nhau
    gần
    gặp gỡ
    cấp bách
    ví như
    giảng nghĩa
    giảm thiểu
    hạn chế
    hài hòa
    tận tình
    tiên tiến
    tuyệt vời
    hơi
    thua sút
    xoàng xĩnh
    rốt cục
    thành quả
    khai mạc
    luận điểm
    bao quát
    trùng hợp
    lúc
    làm cho
    không
    khuyến mãi
    khiếu nại
    lang thang
    thôn
    hướng dẫn
    lạnh lẽo
    choáng váng
    lào xào
    tiện lợi
    lôi kéo
    to
    yêu tinh
    mô tả
    mua
    cầm
    năng lực
    nặng
    nấu
    ngã
    ngạc nhiên
    nhãn hiệu
    thời gian nhanh
    nhốn nháo
    sôi động
    nổi bật
    nổi tiếng
    oai vệ
    ổn thỏa
    pha trộn
    rẻ
    phẳng lặng
    trở thành
    nguyên tắc
    yêu thích
    quảng cáo
    qua loa
    quan tâm
    rách
    um tùm
    rẻ mạt
    rõ ràng
    bát ngát
    sạch
    thông minh
    sáng
    lịch sự
    sâu sắc
    kinh hồn
    tái mét
    tai vạ
    bác tài
    tàn tật
    tang vật
    máy bay
    tha hồ
    y sĩ
    thừa mứa
    tiếp tục
    Dù vậy
    mờ mịt
    ướt đẫm
    đụng phải
    cầu xin
    vắng tanh
    lặt vặt
    xa xăm
    lãng phí
    xâm chiếm
    xanh lơ
    xấu xa
    xin xỏ
    kết thúc
    xu thế
    ý muốn
    ỷ lại
    y phục
    y sao
    yên lặng
    yêu thương
    yếu đuối

    ReplyDelete
  96. Hi kak galuh , boleh share CP untuk villa saddak ke nurviayosian@gmail.com? Terima Kasih banyak

    ReplyDelete
  97. Halo mba Galuh, agak telat gak sih kalo aku minta kontak2nya skrg? Hehe sekiranya masih ada boleh minta dikirim ke emailku ya, indahretnoss@gmail.com thank you so much for helping me <3

    ReplyDelete