Sunday, December 8, 2019

makan mewah cara murah: barbeque ala kintan di rumah


Siapa di sini yang suka makan Kintan? AKUUU! 

Oke, kalau gitu, siapa di sini yang suka bayarnya abis makan di Kintan? 

Moment of silence.  

Baik, kak. Masukan diterima. 

Kintan memang enak, tapi juga mahal. Aku biasanya ambil yang per pax 283.000,- (yang paling murah hahaha dan ga dapat wagyu) tapi ya kalau sering-sering makan Kintan ya boncos banget ya, kan? Seorang teman pernah bilang, aku tuh aneh deh kalau orang sering makan di Kintan, udah bayar mahal-mahal, terus abis itu disuruh masak sendiri? Ugh, no way! Bener juga sih, dipikir-pikir haha.. 

Sampai kemudian aku cek pasar harga daging, terutama wagyu. Oh wow, ternyata ga semahal itu kok gaes, 250 gr wagyu itu harganya berkisar antar 38.000 - 60.000 tergantung gradenya. Jadi, kenapa engga bikin sendiri aja di rumah? 

Bagaimana caranya? Oh sangat mudah, pemirsa! 



Pertama yang kamu butuhkan adalah bulgogi pan dan kompor portable. Ini ada banyak yang jual di shopee atau tokped, harganya range Rp150.000 - 250.000 cek sendiri,ya. Bulgogi pan dan kompor portable ini bukan cuma untuk gaya-gayaan biar kaya di film-film korea gitu ya, melainkan supaya dagingnya mateng rata dan langsung bisa dimakan di meja hangat-hangat fresh from the pan gitu. Karena rasanya beda banget kalo kamu masak di dapur terus dibawa ke meja makan dan baru dimakan gitu, percayalah.. 

Kedua, kita bikin side dish. Variantnya bisa ada banyak banget, coba cek cookpad. Tapi kali ini, aku cuma akan bikin yang gampang-gampang saja, yakni; selada (tinggal cuci lalu lepppp) dan bayam wijen. 

Cara membuat bayam wijen: 
1. Siangi daun bayam, buang batangnya. Proses ini yang agak makan waktu. 
2. Setelah daun bayam ready, rebus sebentar, jangan lama-lama ya, nanti layu. 
3. Setelah direbus, rendam daun bayam di air es supaya bayam tetap segar.
4. Sangrai bawang putih yang diiris kecil-kecil dan biji wijen sampai harum, setelah itu campur dengan kecap asin dan minyak wijen, perbandingannya kira-kira 4:3. Jadi jika kamu masukan 4 sendok kecap asin, maka minyak wijennya masukan sebanyak 3 sendok. Dikira-kira aja ya, sesuai porsi bayamnya. 
5. Kalau kamu suka rasa manis gurih, tambahkan gula pasir secukupnya, lalu dikemek-kemek deh bayemnya biar nyampur semua :)) 
6. Masukan ke kulkas karena bayam wijen lebih enak dimakan dingin (menurut aku). 


Cost untuk bayam wijen: 
4 ikat bayam = Rp. 12.000
Bumbu-bumbu (anggap saja) = Rp. 3.000
Total Rp.15.000,- 

Side dish, done. Lanjut dressing buat bumbuin daging. Oh ya, beberapa orang ga suka bumbuin daging, jadi dicelup ke bumbunya cuma pas udah mateng. Kalo aku lebih suka bumbuin dagingnya dulu, dicelupin ke saosnya, baru deh digrill. 

Cara membuat saus untuk daging: 
Bawang putih, iris kecil-kecil sekali, madu, kecap asin, minyak wijen, black pepper, dan biji wijen, campur jadi satu. Kalau mau pedas, tambahin potongan rawit. Oh ya, pake potongan daun bawang juga enak. 


Saosnya beres, lanjut siapin daging. Kali ini aku pake 500 gram wagyu blue label dan 500 gr sliced beef yang pake lemak (i prefer yang pake lemak, lebih juicy). Daging wagyu aku potong-potong seenak jidat aja, yang penting enak nyumpitnya wkwk.. 


Cost untuk daging dan saus:

Wagyu 500 gr = Rp 107.500
Sliced Beef 500 gr = Rp 40.000
Saus, agak bingung nih itung costnya karena bahan ada stock di rumah, anggep aja Rp. 10.000 ya. 
Total cost Rp 157.500 

Baiklah, mari kita mulai panaskan pan-nya! 




Setelah olas-oles, ucek-ucek, bakar bawah, bakar atas.. akhirnya daging siap dimakan! Oh ya kalau wagyu sih menurutku enaknya medium ya tingkat kematangannya, biar tetap juicy gitu, petjachhh di mulut!  Oh ya, jangan lupa sediain buah buat dimakan setelahnya, because protein works at its best when it served with fruit. Best option: semangka atau nanas dingin. :D 

Total cost untuk semua hidangan ini adalah Rp 172.500,- cukup untuk 4-5 orang. Kalau orangnya model aku (banyak banget makannya), cuma cukup buat 4 orang, kalau makannya dikit doang udah kenyang, bisa lah buat 5 orang. Gimana? Murah banget kan kalo dicompare sama makan di Kintan yang seorang bisa abis 300 rebu? 

Menu bbq ini juga yang paling sering aku sajiin kalo lagi kedatangan temen yang main ke rumah. Praktis, enak dan ga mahal. Ga boros piring juga (baca: ga boros cucian piring wkwk), karena makannya barengan aja langsung dari pan asal jangan ada yang pilek. Hehe.. Kalo sore-sore atau malem, bisa bbq-an di halaman depan, sambil semilir angin ditambah semilir ghibah, sambil bakar-bakar, enaak gaess! Bagaimana pemirsa? Tertarik mencoba? 

Selamat makan! Itadakimasu! Kaidong! Bon Appetit! Jug geura dahar!!!

Dan ditutup dengan es kopi Tuku.. Could it be any better than this? :-)

No comments:

Post a Comment