Wednesday, July 8, 2020

tempat camping ramah anak


Alkisah, setelah 3 bulan dokem di rumah aja, kok rasanya mulai bosan ya? Padahal kurva lagi naik terus-terusan, dan sejujurnya makin serem aja keluar rumah, tapi di rumah juga suntuk, gimana dong? 

But anyway, also thanks to corona, karena corona, si mbak di rumah tiba-tiba ngibrit balik ke kampungnya di Pacitan karena takut ga bisa lebaranan di kampungnya, dan karena ku bingung harus WFH tapi anak ga ada yang pegang, akhirnya kami sekeluarga pun ngungsi ke rumah orangtua di Bandung. Mau cari ART baru tapi kok lagi situasi kaya gini agak serem juga ya narik orang baru dari luar. Pertimbangan selanjutnya juga adalah karena di rumah Bandung ART nya masih ada dan sehat. So, ok, Bandung here we go! 

Thanks nomor 1: That i could spend two months in Bandung. Menikmati udara Bandung yang masih lebih enak dibanding Jakarta. Makanan Bandung yang waaah (not so thanks anyway, coz i gained 4 kgs), living (again) with my parents semacam masih single dulu, enaaak banget gaess numpang idup di rumah orangtua tuh hahahah.. Dan juga, nyokap gua bisa menghabiskan banyak waktu sama cucunya. Biasanya bokap nyokap cuma berdua doang di rumah, anak-anaknya uda pada idup masing-masing, kadang kasian mereka tuh kesepian huhu.. 

Thanks nomor 2: SO I COULD GO EXPLORING BANDUNG WILD-WOOD WOOHOO...  rules number one di kala pandemi gini, CARI TEMPAT YANG SEPI, dan tempat kaya gitu tuh di Bandung banyaaak... dan lokasinya berdekatan. Ga kaya di Jakarta yang mau liat yang ijo-ijo aja kudu ke Sentul lah, Bogor lah, duh mak, bayangin macet aksesnya aja udah malas aku. 

Sebentar, kok kaya kepanjangan preambule sih? So anyway, jadi dalam rangka mau cari "playground" yang aman dengan udara segara buat Ozzu, akhirnya selama di Bandung kemarin kami sempet piknik di beberapa spot di Bandung. Piknik ya, bukan camping. Kok ditulis di judul camping, sih Kak? Ya namanya juga click bait. 

Piknik ini adalam artian, kami pergi sekitar jam 11 siang, sampe sana sekitar jam makan siang, buka bekal yang bawa dari rumah (supaya higienis juga ya.. dan murah hahaha) makan, lalu main-main deh di situ sampe sore, lalu pulang sebelum magrib. Belum berani camping nginep semalem gitu sih, tapi mungkin bisa dicoba next time. 

1. Ranca Upas, Ciwidey
Tempat ini lumayan hits di Bandung, jadi sebenarnya aku ga kesini pas lagi pandemi gini, tapi tahun lalu, kami sempat camping bawa Ozzu ke sini. Toilet check, warung makan check, buat hiburan anak juga banyak banget, bisa kasi makan rusa, ada arena bermain, lengkap dah. Cuma ya karena hits banget, aku ga berani kesini takutnya rame.  Suhunya lumayan dingin, kalau bawa anak kecil better prepare jacket yang proper, jangan cuma bawa sweater doang. 

2. Gunung Puntang 
Kalau males ke arah Bandung Utara, bisa coba ke Gunung Puntang di area Bandung Barat. Di sini ada banyak bangunan peninggalan jaman Belanda gitu, jadi lumayan seru trekking di sini. Di sini kita bisa gelar-gelar di camping ground, tapi kalau males rame banyak orang, tinggal blusukan sedikit cari spot yang agak sepi, banyak banget. Plus di Puntang ada sungai yang gede dan airnya jernih, jadi kalau anak mau main air bisa banget. Toilet check, warung makan check, suhu ga sedingin Ciwidey, tapi tetep sih saranku tetep bawa jacket yang proper kalau mau camping. 


Oh ya kemarin kami ke sini cuma buat piknik, dan ga ke sungainya karena terlalu banyak orang. Ngeri, coy. Jadi akhirnya kami cari spot di area seberang camping ground, lumayan juga ada saluran air yang gede dan airnya bersih, ada ikannya lagi wkwk.. jadi anakku bisa main air juga. 

3. Lapangan Jendral, Cikole 
Lapangan Jendral ini berupa tanah lapang yang luas dan letaknya di dalam hutan gitu. Kalau mau kesini, sebaiknya pakai mobil tinggi atau 4wd karena kita akan sedikit blusukan. Akses kesini caranya cari aja Orchid Forest, nah sebelum gerbang masuk Orchid Forest, ada belokan ke kiri, belok deh di situ. Orchid Forest juga ramah anak sih, cuma kalau ke Orchid Forest bayarnya sekitar 200 rb satu mobil, kalau ke Lapangan Jendral sih gratis wkwk.. Aku suka gratisan. :D 


4. Bumi Perkemahan Rancacangkuang, Gambung, Ciwidey 
Kalau ngerasa Ranca Upas terlalu ramai, bisa melipir ke sini. Letaknya di bawah sebelum Ranca Upas. Di sini ada sungai tapi airnya kaya ga jernih gitu, tapi kayanya sih memang karakternya air tanah gitu, bukan karena limbah. Di sini kalau di bumi perkemahan ada toilet dan warung makanan, tapi selama pandemi kemarin, ku lihat warung makannya nggak buka, mungkin karena sedang sepi pengunjung juga. 

Nah, di musim pandemi gini kayanya hiburan keluar paling aman ya piknik-piknik di spot sepi gini dan blusukan gini sih. Daripada ke mall, ya kan? Apalagi ke GBK wkwk.. Berhubung sekarang aku udah balik ke Tanxel, jadi belum piknik lagi, nih. Ada ide tempat bagus di area tanxel ga? Mau ke Bogor tapi kok rasanya jauh amat yaah hahah.. Next week deh kalau ga mager, pingin exloring outdoor space tanxel, masak ga ada sih yang rimba dan masih belum terjamah hahah.. semoga kita semua diberikan kesehatan selalu dan corona ini segera berlalu, ya! Amiin! 

***

No comments:

Post a Comment