Tuesday, November 10, 2020

mengapa aku berkebun? aku ngapain? aku kenapa?


One two three four, close the door! 

Sounds familiar? Jika ya, selamat, kamu termasuk yang kebanyakan bengong nonton youtube selama pandemic. Hampir 8 bulan di rumah aja, kebetulan saya termasuk yang dapet full WFH. Alhamdulillah, tentu saja. Ga perlu berjibaku ke kantor tiap pagi dan was-was setiap berinteraksi sama orang-orang. Oleh karena itu gua benar-benar menghargai rejeki gua (berupa dapet full WFH) dengan benar-benar engga kemana-mana. Ya udah disuruh di rumah, tokh? Kenapa malah pergi liburan? *uhm..

Tempat-tempat yang gua kunjungi selama pandemi ini bener-bener cuma supermarket, Tuku (i am an avid kopi Tuku fanatic, fyi), kalau keluar kota, cuma ke Bandung, balik ke rumah nyokap. Nongkrong di cafe, pernah, tapi gua itung-itung, ga lebih dari 5 kali selama 8 bulan ini. Oh ya, piknik gua selama pandemic ini bener-bener cuma ke tengah hutan, cari tempat sepi, supaya bisa menghirup udara segar. Makan juga bawa bekal sendiri. Yes.. aku memang se-takut-itu untuk berinteraksi sama orang selama pandemi. Dan yang terakhir..... ke kang taneman 😀 

To be honest, tahun 2016 waktu beli rumah, gua sudah bertekad untuk menghijaukan rumah gua. It did happen. Tapi kemudian gua hamil dan as you know, ibu baru = riweuh maksimal. Ga keurus deh si anak-anak hejo. Alhasil pada mati. So.. kenapa gua kembali berkebun? Mari kita mulai ceritanya... 

Bulan September, siang hari.. 

Pada suatu sore gua mampir ke rumah tetangga dan duduk di teras rumahnya. Terasnya sangat asri, banyak monstera. Kok kaya hijau rimbun adem banget ya? Sontak gua jadi teringat my long lost forgotten dream; menghijaukan rumah. Ga pake lama, besoknya gua langsung berangkat ke toko taneman. Liat-liat ini itu ini itu, sampe akhirnya gua membeli lima jenis tanaman. Minggu berikutnya empat jenis tanaman.. and counting... until now.. 😆

Apa sih enaknya berkebun? Sebenarnya capek bun. Mesti beli metan, lalu diracik sesuai karakter masing-masing tanaman, beli pot, disirem, dipupuk, dielus-elus, diajak ngobrol.. tapi capek bukan berarti ga happy, kan? Justru paling enak itu capek tapi happy. Kaya olahraga gitu, capek, emang, tapi kan udahnya happy? Badan seger, endorphin meruah. HAPPY! Apalagi kalau liat tunas baru.. apakah ini perasaan yang sama kalau kita uda capek-capek kerja trus anaknya akhirnya lulus sarjana cum laude? Semacam terbayar capeknya gitu momzzzz :)))

Alocasia Dragon Scale yang gua adopsi langsung dari Kalimantan. Sempet ICU 2 minggu karena daunnya kuning semua..  Hari ini satu daun baru keluar. SO HAPPY! 
 
Tapi anyway.. tentu pengalaman berkebunku tidak selalu indah. Pertama, banyak netijen yang menjulid semacam "Halah ikut-ikutan.." or... "Yaelaah gua berkebun dari kapan tau, lu baru sekarang." Tentunya untuk komen-komen semacam itu, aku akan bilang, "BRUH BODO AMAT!" wk.. 

Kedua, ga semua tanaman berhasil gua nursing dengan baik hahaha.. salah satu keberhasilan gua adalah berhasil membuat alocasia dragon scale beranak. Setelah sebelumnya kondisinya mengkhawatirkan banget, berkat doa ibunda, akhirnya beliau berhasil hamil. 

Tapi yang paling menggenaskan adalah philodendron burlemarx variegata yang gua beli seharga Rp. 200.000,- cuyyy... dia soak dalam hitungan 1 minggu 😕 entah apa yang kulakukan padanya, dari yang asalnya ada 3 daun, tiba-tiba daunnya bonyok semua sebatang-batangnya! Sekarang yang tersisa tinggal bonggolnya aja, yang lagi gua coba ICU di rendaman perlite, berharap akarnya tambah banyak dan akhirnya tumbuh tunas. Mohon doa ya kawan-kawan! 

Oh ya satu lagi yang juga mengenaskan adalah monstera king aku yang tiba-tiba warnanya berubah jadi warna kuning. #TERSAD2020 Beneran aku ga paham apa maunya si monking. Dikasih ini salah dikasih itu salah, beneran bingung. Sekarang si daun kuningnya uda gua cut dan nyisa satu daun plus bonggolnya. Berharap dia akan kembali beranak pinak. 

Si monking yang sakit kuning...


Selain sad-sad story, tentu banyak juga yang berhasil, salah satu yang paling gua suka adalah CALADIUM (or keladi). Taneman ini sangat gua recommend buat orang yang pingin rumahnya asri tapi ga rajin ngurus tanaman, karena caladium ini sangat KUAT BINTI TANGGUH! Kena sinar matahari? ahsyiapppp, kena aer ujan? ahhhsyappppp.. beneran ga rewel dan tau-tau udah rimbun aja. Caladium ini juga banyak jenis dan warnanya. Yang sekarang lagi mahal itu caladium thailand. Motifnya emang beda sama yang local plus warnanya juga lebih variatif. 

Btw, aku paling sebel kalau ada netizen yang komen, "Keladi kok mahal-mahal banget sih? Padahal di got depan rumah gua banyak hahahaha.." atau.. "Monstera mahal banget sih? Ni gua punya ga keurus di rumah banyak banget hahaha.." 

Well.. lemme make these things clear for you...

Begini bro, yang mahal itu bukan keladi di depan got rumah lo, unless lu punya rumah di Thailand, ya kalo itu bisa jadi sih... Keladi yang banyak di depan rumah lo itu, memang betul itu banyak di kang taneman, tapi ga mahal kok, yang kecil-kecil kisaran 10 rb - 20 rb, yang super jumbo berkisar 35 rb - 50 rb. Ok paham ya? Lalu monstera? Monstera yang lu punya itu ga mahal, paling banter harganya 30 rb - 50 rb an di kang taneman. Yang mahal itu yang monstera king, atau monstera variegata. Jadi biasa aja ga usah sombong, diketawain plant influencers lau. 

Anyway, kembali ke topik. Taneman kedua yang gua suka adalah SIRIH GADING! Yepsss. taneman ini juga easy peasy strawberry beneran kuat dan ga rewel, tau-tau rimbunnnnn bunnn bunnnn... sirih gading ini banyak macemnnya, motifnya juga variatif dan hargannya juga murmer. Happy deh pokoknya miara taneman ini. 

Sekarang gua lagi berusaha menekan hasrat untuk "bagi-bagi rejeki" sama kang taneman dengan menahan diri untuk tidak beli caladium (lagi) dan anthurium (lagi). Dua taneman ini yang gua ngebet banget pengen koleksi semua jenisnya karena lucuu lucuuu banget ga kuat i am crying. 😭

My wishlist per tanggal post ini diupload would be: 
1. Caladium Chocolate 
2. Caladium Maroon (Thai) 
3. Caladium Sexy Pink (Thai) 
4. Anthurium Tarantula
5. Anthurium Silver Hybird 
6. Anthurium Dorayaki (ini gua punya sih anakannya.. tapi ternyata masih yang versi MBL jadi belum bulet banget kaya dorayaki) 

Wow banyak ya.. kalau ada yang mau ngasih.. dm aja nanti aku kasih alamat, atau aku pick up juga no problem. Peluk dulu ahh untuk semua pembaca. 🤗 Akhir kata semoga kita semua diberikan kesehatan dan tentunya KEWARASAN. Amiiin! Salam lestari alamku! Lestari tanamanku (yang aku ambil dari hutan lalu aku taro di pot, semoga tidak menganggu ekosistem alam) 😂

***

No comments:

Post a Comment