Wednesday, October 12, 2016

tentang ciremai dan kenapa aku tidak menyukainya


People change, and so am I.

Dulu banget, mungkin lima atau empat tahun lalu, saya termasuk ke dalam pendaki yang ngotot banget ngejar puncak. Mau badai kek, ujan gede kek, gempa bumi sekalipun, saya tetap ngotot naik sampai ke puncak. Ngapain coba ke gunung kalau ga sampe puncak? Kan bego.

Tapi ya itu dulu, waktu dulu saya lagi lucu-lucunya, waktu perut masih kentjang-kentjangnya hahaha dan entah kenapa, betul kata orang, as we getting old, those ambitious things starts to disappear. Rasanya udah lama banget saya ga ke gunung bawa carrier segede kulkas, bawa peralatan masak lengkap, bawa logistic buat seminggu meski pendakiannya cuma dua hari, pokonya perut harus kenyang enak di atas. 

Sekarang? Saya cuma senang camping ceria sambil ngopi cantik. Kalau pun mau sampe puncak, saya pengennya tek tok aja, ga usah camping. Saya males bawa carier gede-gede, 28 liter backpack is my new carrier. Terakhir saya ke gunung, ya ke Kinabalu itu, dimana saya ngedaki macam princess, ga bawa apa-apa, sebelumnya kalau ga salah saya ke Gunung Agung, itu pun tek tok juga, saya cuma bawa day pack, sebelumnya lagi ke Gunung Merapi tek tok juga. Pokonya carrier saya ampe lumutan kayanya ga pernah dipake.


Anyway, pernah ga sih kalian tuh punya masalah yang kayanya tuh, "CUMA GUNUNG YANG BAKAL NGERTIIN AKU..." Engga yah? Hahaha. Seminggu lalu teman saya ngajak naik gunung, tujuannya Ciremai. Sebenernya Ciremai enggak ada di dalam ‘list of destination’ gunung saya, tapi karena engga ada pilihan lain dan saya lagi suntuk banget setelah tiga tahun dihajar sama pemusatan latihan buat PON dan ehm.. jujurnya lagi kecewa banget sama diri sendiri karena cuma dapat perak dari yang targetnya dapet emas,. Akhirnya setelah memohon-mohon permit izin dari suami.. berangkat lah saya.

Salah satu alasan kenapa saya mau berangkat ke Ciremai adalah karena aksesnya yang mudah. Naik kereta api ke Cirebon, duduk cantik selama tiga jam, turun di stasiun Cirebon dan naik mobil ke base camp Ciremai via Palutungan, kurang lebih perjalanannya 90 menit. Coba bandingkan jika mau naik ke gunung-gunung di Jateng, menuju Wonosobonya aja udah 9 jam sendiri. Fiuhh…

Jumat hampir tengah malam menuju Sabtu saya tiba di Palutungan bersama dengan 7 orang teman saya. Kami tidur di base camp Palutungan. Udara dingin khas gunung mulai menerpa badan saya. Sumpah, kangen banget naik gunung. Cuaca lagi ga bagus, ujan turun ga menentu, dan kemarin teman saya yang baru saja turun dari Lawu juga cerita bahwa dia kena badai di atas, but I don’t care. Saya lagi sakaw nanjak. Lagi kangen buat ngopi sama makan indomie di atas, titik. Pagi-pagi kami mulai siap-siap mendaki. Muka masih ceria, paha masih ringan, hahaa.. sampai 4 jam kemudian.. eng ing eng..

Gw yang mana? Gw yang motonya, brohh.. 

Di Ciremai via Palutungan sumber air sangat terbatas. Air bisa diambil di pos 1 atau di pos terakhir (Goa Walet, itu pun kadang ada kadang engga), jadi masing-masing dari kami harus bawa air 3 liter. Di tas saya ada baju ganti, jas hujan, sleeping bag, alat masak plus logistic lainnya., lumayan lah beratnya., terbukti baru jalan beberapa meter punggung udah pegel. -___-  Mulai deh keliatan jomponya, kaki sih masih kuat, nafas juga masih, cuma punggung aja yang ga nahan, kok ya pegel banget, ingin rasanya kubanting carrier ini, padahal carrier saya mayan punya teknologi kekinian dengan back system yang mumpuni, yang pasti bukan salah tasnya, mungkin salah punggung saya, sorry revisi, salah yang punya punggung sih, kok ya, ga nyadar usia?


Peta pos-pos yang akan dilewati via Palutungan 

Coba dimana kira-kira kita akan mulai mengeluarkan pernyataan, “Hanjaaay gw ngapain sih ke sini???” *nangis cirambay*.  Semua tebakan salah. Karena dari Palutungan ke Cigowong sendiri udah mayan ngeselin, dua jam ajaaah, lelaaah.. meskipun tanjakannya ga terlalu brutal sih. Baru deh di pos Arban sampe ke Pesanggrahan tanjakan tiada henti.


Mulai lelah... 
But you gotta keep walking.. just keep walking... 
And here comes the most painful part; baru juga sampe pos Arban, eh… HUJAAAANNNN DATAAANG… OMG haaiiii hujannnn kamu itu kenapa sih selalu datang di saat aku lagi pengen matahari? Pas kawinan aku misalnya, pas nanjak Ciremai misalnya… Hikss… tapi ya udahlaah yaa apa boleh buat, jas hujan harus terkembang, pantang pulang sebelum ngecamp!

Maka saya jalan terus..

1 jam..

2 jam..

Kok ga sampe-sampe sih ke Pesanggrahan? Punggung rasanya udah nyut-nyut-nyut.. tiap liat batang pohon gede dikit bawaannya pengen nyenderin carrier. Belum air ujan yang pelan-pelan mulai menelisik masuk ke lipetan jilbab, lalu masuk ke kerah leher dan tiba-tiba ni baju rasanya udah basah aja semua hufftt… Dan tanjakannya itu lho…  rasanya ingin banget aku ngomong kasar semacam…. BEDEBAAHH, KIMAAAEEE KAW CIREMAIII!! Hahahaha…

Sekitar jam 3 sore akhirnya saya sampai di Pesanggrahan. Hujan masih turun terus. Setelah buka tenda kami mulai masak-masakan, ngopi-ngopi, curhat, ketawa, meratapi nasib (fyi, nasib silver medalist), ketawa lagi, sedih lagi, ketawa, merenung lagi sampai akhirnya jam 9 malam kita semua tidur dengan rencana jam 2 pagi mau bangun, terus jam 3 mau ke puncak.

Rencananya, lho, ya.

Sampe jam 2 pagi, hujan masih turun. Dan sejujur-jujurnya saya sih udah males banget ke puncak, liat sunrise juga ga pengen-pengen amat, cuma pengen bangun pagi, terus bikin kopi terus ngelamun. Hahaha. Orang stress banget, lah.  Jam 4 pagi teman saya berteriak mencoba membangunkan seisi tenda.

“Kak Galuhhhh, jadi muncak ga nih?” kata dia sambil nyorongin senter ke muka saya yang tertutup sleeping bag.

“….”

Saya diem, pura-pura tidur. Asli males banget lah.

“Jadi muncak ga nihhh woyy?” katanya lagi.  

Seorang teman bangun lalu menjawab, “Ga keburu dek, kalau muncak sekarang.”

Alhamdulillah Ya Alloh, ada yang menyuarakan suara hati saya. Lalu bhayy kami semua tidur lagi. Sampai jam 7 pagi. Eng ing eng…

“Yah.. kita ga jadi deh nih ke Atap Jawa Barat…” kata teman saya lesu.
“Hah? Emang ini Atap Jawa Barat?” teman saya yang didapuk jadi komandan karena paling tua umurnya baru tersadar. Btw, komandan macam apa lagian tuh ya baru ngeh pas udah sampe di atas -____-

“Iya, tapi ya ga bisa, sekarang udah jam 7, kita jam 3 sore udah mesti sampe di base camp buat ngejer kereta ke Jakarta jam setengah 7,” kata saya, sambil nyeduh air panas bersiap ngopi.

“KALO GITU AYOK KITA MUNCAK! GPP KITA RELAIN AJA KERETANYA!” tiba-tiba ada yang jawab.

Glek. Saya langsung liat ke langit. Kabut. Full.

“Ngapain sih muncak? Tuh liat kabut semua, di atas juga percuma ga bisa liat apa-apa, mending kita santai-santai sambil ngopi di sini..” jawab saya mulai lesu. 

"Ih gilaaa, Atap Jawa Barat nihh, biar lengkap koleksi gw. Atap jawa tengah udah, Jawa Barat, tinggal Jawa Timur nanti..." si komandan tiba-tiba bersemangat. 

Alamak. Malas bukan kepalang, tapi kalau disuruh jaga tenda juga kok males ya? Takut ada babi hutan. Hehehe.. Akhirnyaaa.. dengan kaki beraaat, hati beraaat, paha beraaat, pokoknya semua berat, saya melangkah juga meninggalkan Pesanggrahan menyusuri trek ke puncak Ciremai yang bukan main nanjaknya. Belum 15 menit udah ngos-ngosan, mungkin karena ga niat, jadi makin berat perjalanan. Tidak lama kemudian kami berpapasan dengan dengan pendaki yang turun dari puncak. 

"Di atas kabut ga keliatan apa-apa.." katanya. 

Lalu hujan rintik turun. 

Makin double malesnya. Ngapain sih? cuma buat status "ive been to Puncak Ciremai?", man that's stupid. Kaya aku dulu sih, stupid. 

"Lagian ya broh, kalau naik gunung ga sampe puncak tuh kayanya ada yang kurang gitu, deh.." teman saya menimpali lagi. 

Kurang apaan sih? Seriusan deh, saya ga paham buat apa memaksakan naik di tengah cuaca yang buruk macam ini. Saya tiba-tiba jadi ingat list pendakian terburuk saya; Gunung Dempo is like the worsttttt.. man, saya nangis aja dong di atas, pengen pulang, pertama kalinya dalam idup. Gunung Kerinci is also one of the worsts, apa lagi ya hmm.. Gunung Salak, Gunung Arjuno juga lumayan berat, dan semuanya itu terjadi ketika cuaca lagi ujan-ujan ga lucu kaya gini, nih. Man, i have enough. Males. 

Untungnya, ternyata jaraknya ga terlalu jauh dari Pesanggarahan, sekitar 2 jam pendakian. Dengan kaki diseret-seret dan mulut yang terus-menerus menggerutu, eh, tiba-tiba matahari muncul, lautan awan datang, dan... akhirnya kami tiba di puncak Ciremai dengan sinar matahari benderang yang menerangi segala penjuru kawah. Woohooo.. its a nice view actually, meski ga istimewa-istimewa amat.. Gunung favorit saya tetap The Mighty Merapi dan The Pretty Rinjani, eh Gunung Agung juga sukakkk.. dan sampe atas, entah kenapa ga kaya dulu lagi, saya cuma pingin duduk diem nikmatin pemandangan, bawa kamera pun engga dikeluarin sama sekali. Ahh the peak is no longer attract me. 




Dan sesuai perkiraan, kami pun ketinggalan kereta, meskipun saya udah lari-larian dari Pesanggrahan sampe base camp dalam waktu dua jam saja, sampe kaki saya lecet parah, damn, i love you my tiny lil feet! Akhirnya kami terpaksa pulang naik bis yang baru berangkat jam setengah 12 malam dari Cirebon, sampai Jakarta jam setengah 5 pagi. On a scale of 1-10, trek Ciremai sebenarnya ga horor-horor amat sih, skornya 7 lah, tapi tetep aja sih kenapa puncaknya ga nafsuin? Plus mungkin karena hujan yang turun terus-menerus, kali ya? 

Well seperti kata Ed Viesturs dalam buku No Shortcuts to the Top; Getting to the top is optional, getting down is mandatory. Bis Cirebon Jakarta telah tiba, saatnya kembali ke dunia nyata. See you at another mountain story, within the unspecified time, fellow hikers!

Oh ya, ini kaki saya, right after descending from Ciremai muahahaha... 

***


No comments:

Post a Comment