Tuesday, April 25, 2017

16 going on 17


Niat hati ku ingin nulis report di blog mengenai cerita kehamilan, bagaikan emak-emak blogger yang kece-kece itu. Apa daya, hamil ternyata membuat saya mager-semager-semagernya, termager dari sepanjang sejarah kemageran yang pernah ada dalam dunia kemageran. Jangankan ngeblog, kerja aja males #eh.. CSR spending report udah ngendon di folder dan udah ditagih bos sampai 3x, dan ku masih kekeuh dengan pendirian -- membiarkan tu report membeku dalam folder. Abis suka mual kalo liat angka. Speaking of consistency...

Anwyay, hai para pembaca yang budiman (seperti biasa macem banyak yang baca).. 😀

Alkisah hari ini alhamdulillah usia kehamilan saya sudah mencapai 16 minggu. Sebagai calon parent newbie, tentunya kehamilan ini diwarnai kebodohan-kebodohan yang tak terhingga. Salah satunya adalah...


1. Pergi dan pulang ngantor masih Vespaan.. 

Padahal orang bilang trimester pertama masih rawan-rawannya, tapi jujurnya kalo bawa mobil saya malah stress sendiri. Ga tahan sama macetnya. Estimasi waktu tempuh yang biasanya cuma 10-15 menit, bisa jadi 45 menit kalau bawa mobil. Sampai pernah satu waktu saya ga tahan banget nyetir macet-macetan, akhirnya suami saya datang pake motor dan tukeran sama saya. Dia bawa mobil, saya gantian yang bawa motor. Tapi saya kadang jadi takut sendiri karena teman-teman kantor saya banyak yang suka tercengang as if i did somethin terribly stupid (mungkin memang iya sih) liat saya naik motor kemana-mana sendiri. 

"Gak apa-apa lah ya, ini kan made by Alloh, bukan made in China.." kata suami saya menenangkan sambil memegang perut saya. Entah kita berdua sama-sama bodoh, atau gimana ya, yang jelas perkataan suami saya cukup menenangkan dan alhamdulillah we made it this far! 

2. Sakaw naik gunung.. 

Mungkin kalo teman-teman deket saya udah apal banget kebiasaan saya, naik gunung sebulan sekali, atau minimal dua bulan sekali. Lebih dari tiga bulan, rasanya badan lemes, hati kacau, mood ga beraturan. Hahaha. Lebay. Emang. Tapi intinya, ya Alloh ku sangat rindu gegunungan.. sampai suatu hari yang cerah teman saya mengajak saya ke Ranu Kumbolo di Semeru. Dalam hati saya, ah udah lewat trimester 1, udah bisa kali ya diajak ngetrek dikit doang mah. Dulu tahun 2013, saya pernah ngetrek ke Ranu Kumbolo dengan waktu tempuh 2 jam. Mungkin kalau dalam keadaan hamil saya butuh empat jam, karena saya akan jalan pelan sekali. Bisa lah ya 4 jam doang mah! Lalu dengan pedenya saya whatsapp dokter kandungan saya.

"Halo dok, saya kan udah 14 minggu nih, udah boleh lah ya naik gunung? Cuma ngetrek 4 jam doang dan ga akan bawa barang berat, gimana Dok kira-kira?" 

Yang kemudian, dokter yang biasanya rajin membalas whatsapp saya itu hanya ngeread doang.. Dalem hati saya mikir, kemungkinannya cuma ada dua, antara pertanyaan saya terlalu bodoh atau jawabannya terlalu panjang untuk ditulis di whatsapp, atau mungkin dia ingin sekali menggampar saya. 

24 jam dari saya mengirim pesan di whatsapp, dokter saya akhirnya membalas, isinya: 

"Hahahaha... mau kontraksi di atas gunung kamu, Galuh?"

😶 😶 😶  Ok. He thinks that iam joking. So, apparently its a no.. 

Lalu beberapa hari kemudian suami saya tiba-tiba bilang.. 
"Beb.. kita naik gunung yuk, ke Raung.."kata dia dengan pedenya. 

APAA?!! RAUNG?!!

*ingin rasanya kukeplak jidatnya. Suami saya lebih brutal ternyata. 

(FYI. Raung itu tingkat kesulitannya kira-kira 10x lipat dibanding trek ke Ranu Kumbolo) 

Dan saking kangennya naik gunung, ada suatu masa dimana saya tiba-tiba setuju dengan ide suami saya yang berencana mau masukin anak ke pesantren dari kelas 1 SD. Dulu saya menentang ide itu. Gila aja men, anak lagi lucu-lucunya dikirim ke pesantren, ga ada deh! *emosi* 

Lalu tiba-tiba sekerjap pemikiran melintas di kepala saya. "Lehh uga nih kalo ni anak dikirim ke pesantren, jadi gw bisa bebas naik gunung!" 

I know.. i am such a bad mother.. 😟

3. Itungan sama jabang bayi 

Masuk ke umur 8 minggu kehamilan, saya mulai didera rasa mual berkepanjangan. Mualnya benar-benar hebat, kalau sebelumnya saya masih bisa tahan, pas udah masuk minggu ke 8 itu saya sering muntah-muntah. Rasanya lapar terus, tapi begitu diisi kemudian perut bergejolak dan ingin muntah. Padahal entah kenapa sejak hamil saya jadi pemilih banget sama makanan dan maunya yang mahal-mahal. 😓 Rugi banget kaan kalau dimuntahin. 

Akhirnya saya sering ngomong sama perut sendiri. "Nak, kamu tahu ga aku ngabisin berapa duit buat tu makanan yang dimuntahin? Jangan gitu lah, udah terima aja, mahal tuh makanan, mana kita mau beli rumah, belum isinya, furniture lah, AC lah, ayo lah jangan buang-buang makanan kaya gitu, udah ya terima aja tuh makanan, jangan dikirim lagi ke atas!" diucapkan sambil nunjuk -nunjuk perut kaya marahin anak kecil. 

Kaya orgil yhaaa? iyhaaa...

4. Terpana liat boobs sendiri 😀

Man, this is like the biggest boobs ive ever had in my entire life! Hahaha. Well some of you may already know that my boobs perhaps has stop growing since elementary school. I thought i could be the permanent member of the flat babe alliance. Jadi ketika tiba-tiba ngeliat boobs sendiri jadi besar, rasanya kok senang banget ya, jadi merasa bagaikan perempuan seutuhnya! #apose 😀 😀 😀

5. Makan sop kaki kambing 

Dokter saya udah bilang, dari awal saya dinyatakan hamil, makanan yang menjadi pantangan itu ada 3: kambing, duren dan nanas. Allahuakbar.. itu semua makanan saya doyan. Apalagi sop kaki kambing, apalagi otak kambing. Di trimester pertama ini saya masih ga tahan dan tetep makan sop kaki kambing meski cuma seminggu sekali. Waktu saya tanyakan ke dokter saya kenapa saya ga boleh makan kambing katanya sih karena daging kambing memicu kontraksi. Tapi alhamdulillah, dari beberapa kali makan sop kaki kambing si utun baik-baik aja, ga rewel, dan ga muntah. I think he likes it. Oh ya btw, its a he.. 👶

Intinya sih saya berusaha ga mau memanjakan diri sendiri juga, karena saya selalu teringat perkataan teman saya, "Hamil itu bukan sakit!" Masuk di trimester kedua ini saya juga berencana untuk mulai aktif olahraga lagi. Satu-satunya olahraga yang saya lakukan di trimester pertama adalah menembak, karena saya belum boleh melakukan aktivitas yang membuat badan melayang (loncat atau lari). Mungkin saya akan aktif berenang, atau jogging, atau main hockey lagi, atau naik gunung (kan olahraga juga bukannya itu? hehe #kekeuh). So wish me luck on this journey yang cukup bikin keder, yes! Ciao! 

***

4 comments:

  1. Halo mbak, menghibur banget deh tulisannya. Salam kenal ya :) kayaknya aku bakal baca terus.

    ReplyDelete
  2. Haiiii thank you so much for reading catatan yang agak kurang penting ini ya hehehe

    ReplyDelete
  3. Dan sangking kangennya naik gunung, ada suatu masa dimana saya tiba-tiba setuju dengan ide suami saya yang berencana mau masukin anak ke pesantren dari kelas 1 SD. Dulu saya menentang ide itu. Gila aja men, anak lagi lucu-lucunya dikirim ke pesantren, ga ada deh! *emosi*

    Lalu tiba-tiba sekerjap pemikiran melintas di kepala saya. "Lehh uga nih kalo ni anak dikirim ke pesantren, jadi gw bisa bebas naik gunung!"

    I know.. i am such a bad mother.
    ===

    hahaha, laki gw banget nih, udah kebelet nitipin bocah ke nyokap karena pengin motoran ke sana-sini.. lalu gw mikirnya, (titipnya) mulai umur berapa ya, baiknya?

    hmmmmm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha trusss lo rela ta anak lo dititipin? kikikikk..

      Delete