Sunday, August 5, 2018

#livingwithOzzu: punya bayi, apa yang tak perlu dibeli?


Hi guys, ibu hamil, bapak beristri ibu hamil dan bapak ibu teman-teman sekalian semuanya, welcome back to my blog! :)))) Masih lanjutan dari series #livingwithOzzu, kali ini saya mau posting kebalikan dari blog post yang ini. Setelah sembilan bulan jadi ibu, saya mau sharing tentang barang-barang apa aja yang ternyata ga kepake alias ga perlu dibeli. Tapi tentunya ini juga depends on masing-masing bayi, ya! Mungkin ada ibu lain yang ternyata pake, tapi kalo di saya sih engga kepake. 


Jadi begini, sebagai seorang calon ibu yang sedang menunggu lahiran, dengan kondisi: 
1. Diem di rumah ga ada kerjaan. Biasanya sih disuruh ngepel jongkok biar cepet bukaan. Tapi kan ngepel ga seharian juga yaa, so lalu kita.... 
2. Pegang hp terus, biasanya buka shopee, tokped dll cari barang-barang bayi, namanya juga menyambut buah hati, ya, kan? Lalu.. eh kok.. 
3. Ada diskon 
4. Setelah liat diskon, lalu keluarlah lah kalimat... 

"Ya ampun lucunya.." 

Nah, udah deh, kalo kata "ya ampun lucunya" udah keluar dari seorang ibu hamil yang hormonnya berantakan, buyarlah itu segala metode perencanaan keuangan ala Safir Senduk, kelar lah itu duit di rekening (atau di dompet). Saya yakin 80% pasti dibeli, gaes! Later on, baru lah kita waras; oh ternyata ga penting ya gua beli ginian. Zzz. 

Mari kita mulai satu persatu.

1. Bedong instant super cute dan super ga penting 
Expektasi: Ini murmer sih dan seperti kubilang di atas ---> LUCU BANGET, palagi yang motif monochrome gini, ahhh lucu banget nanti anak gua pake ini terus difoto upload di instagram. 
Realita: njrit, pakeinnya aja ribet! Apalagi ibu baru kaya gue ya, ngeliat bayi newborn kok kecil banget ya, kaya ringkih banget gitu, jujurnya gue mah takut banget anak gue potong (((POTONG))) wkwk.. kaya ngilu aja gitu. Udah gitu, ni bedong instant biasanya all size, jadi mu anaknya gede, kecil, ya segitu aja ukurannya, ah pokoknya ga penting lah. Ini bedong aslinya cuma menuh-menuhin lemari, sih. 

2. Box Bayi 
Expektasi: Ibu tidur dengan tenang di kasur besar, bayi tidur dengan tenang di box bayi. Malam semakin larut, anak semakin nyenyak, ibu mulai bermimpi indah. 

YEAH RITE, THAT'S NOT GONNA HAPPEN.. 

Realita: Bayi nangis semalem bisa 3 sampe 4 kali, kalo lagi sholeh wkwk.. ibu harus bangun-tidur-bangun-tidur-bangun-tidur.. uda digendong, disusuin, pas ditaro di box.. NGEK! ngebuka lagi matanya hahaha.. Cara paling mudah adalah tidurin di sebelah kita, tiap dia nangis tinggal miringin, nyusu, bobo, kita lanjut bobo lagi juga, deh! 

Ada yang takut tidur sebelah bayi satu kasur karena takut niban? AKU! Tapi ternyata yaa.. ketika kita tidur di sebelah anak kita sendiri, otomatis badan kita juga lebih rapih tidurnya, tegak aja begitu lurus, ga gerak-gerak hahaha.. 

Yang udah-udah sih, ujung-ujungnya, itu box bayi cuma jadi tempat mainan, atau tempat baju kotor. Pokoknya cuma menuh-menuhin kamar laah.. But anyway, aku pernah baca juga sih bahwa sebaiknya memang bayi itu tidurnya di box sendiri, supaya nanti lebih mandiri. Kaya bayi-bayi bule gitu. 

Temen saya yang tinggal di luar negeri dan punya anak umur 3 tahun, setiap mau tidur, ya dia tidur aja gitu di kasur di kamarnya sendiri. Ga perlu dikelonin, ga perlu minum susu sampe teler, ga pake drama dll, kalo ngantuk ya udah tidur aja di kasur sendiri. Keren, ya? Tapi ya gitu, butuh effort juga dari ibu untuk ngedidik anak biar kaya gitu. Risikonya ya bolak-balik bangun dari kasur buat nyusuin selama anak masih nyusu. 

3. Sepatu, kaos kaki dan segala hal yang berhubungan dengan kaki 
Mulai dari Nike Sunray mehong buat bayi 6 bulan sampe segala macem pre walker gue beli dan ternyata: gaess.. ternyata sebelum bisa jalan, kaki bayi sebaiknya bare foot gaess.. karena bagus buat stimuli syaraf kakinya yang berhubungan sama motorik dia. Belum lagi kadang ketika kita lagi gendong, tau-tau sepatunya uda ilang sebelah, karena mungkin dia juga gengges kali ya di kakinya ada apaan sih hahaha.. kesel, kan? Kalo saran aku sih, beli aja kaos kaki atau sepatu satu cukup. Ga usah banyak-banyak karena akan jarang dipake. Plus they grow up so faasssttt.. belom dipake tau-tau udah ga muat huks.. 

4. Mosquito bracelet 
Entah kenapa Ozzu kalo tidur pake kelambu seringnya ga nyenyak, cepet banget bangunnya. Bingung kan, sementara ga bisa juga pake obat nyamuk. Hasil baca-baca ternyata ada alat yang namanya mosquito bracelet. Jadi sistemnya kaya gelang yang dipake di kaki bayi. Sebaiknya di kaki, kalo di tangan takutnya dimakanin sama bayi. Ehh.. udah beli dari yang harga Rp. 120.000,- sampe yang murmer Rp. 24.000,- semuanya ga ada yang ngaruh. Entah kenapa ya, apakah karena produknya mostly import dan mungkin memang formulanya emang ga diperuntukan buat nyamuk tropis yang ganas-ganas. Alhasil, ga kepake juga deh tu barang. 

Nah, so far barang-barang inilah yang saya rasakan engga ada faedahnya dan akhirnya cuma buang-buang duit dan barangnya ga terpakai. Ibu-ibu yang lain, mungkin ada yang mau menambahkan? Feel free to drop your comment, ya! Sampai jumpa di postingan berikutnya. :D 

***

No comments:

Post a Comment