Wednesday, July 3, 2019

things i wish people would've told me before i got married


Udah lama banget ga nulis blog. Pingin nulis, tapi nulis apa? Ya udah ini aja. 

Setelah tiga tahun menikah, dengan segala ups and downs nya, saya jadi kepikiran pengen nulis tentang kehidupan pernikahan. The dirty laundry about being in a marriage. Seingat saya, setiap saya baca artikel tentang pernikahan, yang disebut pertama adalah rata-rata bahwa pernikahan itu menyempurnakan ibadah. Kita semua tahu, hampir semua orang selalu senang dengan sesuatu yang diiming-imingi pahala. 


Yang mungkin jarang dibahas, helawwww you gaes, ibadah itu ga gampang hahahh.. ibadah itu somehow melelahkan.. surga itu jauuhhh dan berliku-liku. Jangan seneng dulu.. 

Di tahun kedua saya menikah, saya ingat saya datang ke sebuah kajian. Di situ, Pak Ustad bilang sesuatu yang langsung terekam di otak saya. Katanya gini, 

"Kalau mau sholat, kan kita belajar dulu ilmu sholat. Kita pelajari gerakannya, kita hapalkan surat-suratnya, step-stepnya apa saja, mulai dari berniat, wudhu, dst,  baru kita bisa sholat. Kalau mau ibadah haji, kita juga belajar dulu ilmunya, kita ikut manasik haji dll. Lalu mau kawin? Modal mahar sama bismillah doang?"


Kurang banyak modalnya, bro. 

Yang harus kita pelajari pertama? Ya adabnya. Adab pernikahan. Adab jadi istri itu gimana? Adab jadi suami itu gimana? dll. Di situ aku kaya "DEG" gitu. Waktu jaman single dulu, sering ngimpi pengen jadi istri orang, orang sholeh, cakep, tajir dll. Lalu galau, kok jodoh aku ga dateng-dateng? Lalu naek gunung karena galau. Terus selalu denger nasihat "Perbaiki diri aja dulu". Oke Baique! 

Lalu aku dandan lebih cakep, beli sepatu tiga, beli skin care yang lebih mahal, beli baju yang lebih kekinian, pokonya semua harus lebih baik. Padahal seharusnya yang gua lakukan pertama kalo pengen kawin ya belajar adab dan latihan untuk jadi istri (and step selanjutnya adab jadi ibu). That's why aku sama sekali tidak menganjurkan nikah muda. 


Jaman Rasul dulu, perempuan dan laki-laki dari kecil sudah dididik adab untuk jadi istri dan suami yang  baik. Mereka uda sering dicekokin mana hak, mana kewajiban, atau apa norma dan etika dalam sebuah kehidupan pernikahan. Maka ga aneh kalo masi muda uda banyak yang nikah, secara mental udah siap karena udah banyak belajar adab pernikahan. 


Tapi di sini kan engga begitu culturenya, ya? Cuma karena uda punya kerjaan tetap, banyak orang merasa langsung siap kawin. Padahal mental belum siap untuk berkompromi hidup satu atap sama orang lain (yang bisa jadi ternyata menyebalkan), belum lagi kalo dikasi rejeki dititipin anak yang tanggungjawabnya luar biasa besar. Bisa bubar jalan. 


Atau alasan paling ga bermartabat: takut zina. 


Tong, ga ada alasan yang lebih mulia apa? 


Untuk orang-orang yang demikian aku pikir sebaiknya bukan dikawinin, tapi diiket ke pohon, ditabokin sambil diteriakin, "SADAAARRR WOYYY SADAAR!" 


Banyak banget kok cara biar ga zina. Kamu bisa ikut les karate, wall climbing, kamu bisa daki 7 summits, go on a road trip,  solo travelling, ambil les drum, ikut zumba depan Indomaret, ambil diving license, bantu emak lo nyuci piring, push up 100X ampe lemes, lanjut squat jump, bantu korban banjir, korban gempa, korban tsunami. Coy, serius, banyak banget loh kegiatan yang bisa dilakuin selama kamu single instead cuma TAKUT ZINA. Go out, explore! 


Faktanya, selama satu hari (24 jam), bagian ena-ena itu paling lama juga 30 menit. Udah gitu ya kelar, kecuali lu pake viagra. Sisanya, sebanyak 23 jam 30 menit itu kegiatannya ya tidur, adu bacot, makan, abis itu tunjuk-tunjukan siapa yang giliran cuci piring, peluk-pelukan paling lima menit, abis itu tangan keram atau gerah, terus main hp sendiri-sendiri, ga saling ngomong satu jam. 


Jadi kalo masalahnya cuma takut zina, seriusan deh, kelen tu mendowngrade makna sebuah pernikahan. Last option: kawin kontrak di Puncak atau mungkin kamu harus dirukiyah.  


Anyway, so here's my list, yang menurut aku, i would loveeee to read this before i am getting married. 

Semua orang akan menjadi asshole pada waktunya. So chill. CHILL..

Sebaik-baiknya pasanganmu, sesoleh-solehnya suami atau istri kamu, percayalah dia akan menjadi asshole pada suatu waktu. Perkaranya bisa apa aja, mulai dari hal besar, sampe hal retjeh yang kemudian kalo dikumpul-kumpul uda kaya bukit Bantar Gebang. Lalu DUAARRR, it will explode one day! Sampah semua! Oh dan ini berlaku sebaliknya, ya. Bisa juga kamu yang asshole. Coz basically, everybody is an asshole. It's all about time. :D 

Hidup berdua bertaun-taun satu rumah, ga mungkin kalo sifat buruk yang selama ini tersembunyi ga keluar. 100% aku yakin pasti keluar. Yang dulu romantis, lama-lama enggak. Yang dulu sayang banget, lama-lama sebel liat mukanya. Yang dulunya kaya ga pernah kentut, kok ternyata kentutnya bau banget, malah kadang eek ga diflush, terus kita liat. OMG. It happened.  Nah, oleh karena itu kita harus cari solusi dari masalah ini, solusinya bisa apa saja, asal jangan CARI ORANG KETIGA. 

Karena.. balik lagi ke judul tadi; semua orang akan asshole pada waktunya. Jadi (ini case yang sering aku liat ya), ketika sepasang suami-istri merasa jenuh dengan pernikahannya, lalu mereka atau salah satunya, kesambit sama orang ketiga. Lalu merasa si orang ketiga ini lebih oke, lebih menarik, lebih nyaman dsb. Lalu dia ingin cerai dari pasangannya dan menikah dengan si orang ketiga. Lalu akhirnya dia nikah dengan orang ketiga, and as time goes by.. balik lagi ke fase awal. Eh kok ni orang asshole juga, ya? Eh kok sama aja, ya? Ya mamam.. 

Hidup ini cuma repetisi aja kok, sodara-sodara :)

So intinya, (kalau aku) sih ya, selama pasangan ga melanggar hal-hal yang prinsip buat aku, semua masalah HARUS BISA selesai. Oh and remember, jangan pernah curhat soal kelemahan pasangan kamu ke teman lawan jenis, karena itu akan membuka celah untuk selingkuh. Hmm ke yang sejenis juga sebenarnya ga usah sih, tapi ya kalo udah ga tahan banget pengen curhat, ya kudu extra selektif untuk pilih teman curhat. 

Paling aman sih kalo mau curhat soal kelemahan pasangan ya ke ibunya sendiri, atau kakaknya, pokoknya ke keluarganya deh, yang uda lebih tau juga soal sifat pasangan kita. So instead of ujung-ujungnya malah jadi ghibah.. curhat ke keluarga sih mustinya lebih bisa datengin solusi buat kedua belah pihak. 

Jadi ibu, jadi istri, itu pahalanya memang banyak. TAPI CAPEQUE BANGET GILAAK. So chill. CHILL..

Di bulan pertama saya jadi istri orang, saya inget rasanya happy banget karena pas tanggal 25 tiba-tiba dapet transferan gaji suami. HAHAHA.. but it's only a beginning of our long long long journey. Ibarat naik gunung, baru sampe pos 1 atau baru sampe di pintu rimba, belum capek, masih semangat daki, logistik masih banyak, stamina masih prima. Haha.. Enam bulan setelah menikah saya hamil and here comes the drama.. 

Mulai dari yang saya nangis sesenggukan sendiri di kamar mandi cuma karena perkara dibilang "Ih kamu sekarang gendut, ya bleber.." sama suami. 

YA MONMAAP NIH CACING TANAH AJA KALO LAGI HAMIL YA GENDUT JUGA, COY!! 


Kok lebay banget, sih? Ya emang, karena selain asshole, percayalah suatu saat semua manusia akan lebay hahaha.. Selain persoalan pregnancy hormones, ya sedih aja gitu gua, dulu perut kenceng, lari kenceng, semua kenceng, sekarang bleber, kan sedih yah kita. *minta dukungan* 

In October 2017, anakku lahir. Dari situ lah perjuangan dimulai. Mulai dari baby blues, nyusuin, MPASI, anak sakit, anak vaksin, anak rewel, anak GTM, oh selain itu.. tentunya suami juga harus dikasih makan, buatin bekal untuk makan siang, sarapan, suami sakit, suami rewel, oh selain itu.. (kalo working mom), bos minta ini, minta itu, bos rewel dll. LEZAT! HAHAHAH! 

Dulu dengan keadaan gua kerja kantoran dan jadi atlet, hidupku bahkan tak pernah sesibuk sekarang. Padahal dulu rasanya capek banget tiap hari seharian beraktivitas, ya otak, ya otot, digerus semua dari mulai pagi buta. Tapi ya kalo jadi atlet ya enak, ada bayarannya, nominalnya jelas, plus badan sehat. Sekarang? Bayarannya pahala aja ukhti... 

Plus badan makin rombeng karena ga sempat olahraga. Jangankan naik gunung, disuruh business trip semalem aja mikir banget gimana ini anak gua? suami gua? Waaaww sungguh hidup yang banyak sekali pertimbangan dan yang dipertimbangkan adalah kepentingan orang lain. Sudah siap? =) *yang jawab ASHIAAPP gua gampar. 


Banyak-banyak berkaca dan berkontemplasi, saya ini manusia seperti apa? 

Ada lhoo perempuan-perempuan yang emang senengnya di rumah, mencuci baju, nyetrika, beberes, ngurus anak, memasak untuk suami dan menunggu suami pulang sembari berkebun. (Ideal banget, ya? Ga usah punya ART). Untuk manusia model begini, sejujurnya ku salut, dan manusia model begini pun cocok banget jadi istri dan ibu. Tapi kadang ada aja uda perempuannya baek-baek bener penurut mau diem di rumah, eh suaminya maen gila di luar. Banyak, lho! 


Nah, lalu.. ada juga manusia model aku yang kurang bersyukur sering ngomel-ngomel, ga suka beberes, ga suka masak, sukanya tidur, nonton film, naik gunung dan menghambur-hamburkan uang. Nah untuk yang model aku begini, harus banyak-banyak dzikir dan kompromi sama suami. Minimal menyesuaikan diri otherwise yaa.. petjah shayyy! 


Setelah berkaca dan menyadari saya ini manusia seperti apa, lalu ya tolong itu dipikir, kira-kira pasangannya bisa ga menyesuaikan diri dan mengisi kekurangan kita? Kalau ga bisa, ya kudu ditambel sendiri, kudu nyesuain sendiri, karena bagaimana pun juga, pernikahan semuanya adalah tentang KOMPROMI. 


Last, for all my sisters out there.. 


Sering orang bilang, kalau mau liat prilaku seorang laki-laki, lihatlah cara bagaimana dia memperlakukan ibunya. 


TETOTTTT! WRONG!! 


Yang benar adalah; lihatlah bagaimana ibunya memperlakukan dia. Kalau calon suami kamu terbiasa dididik di rumah dilayani ibunya dengan sepenuh jiwa, disuapin makan, dicebokin, dipijetin, dianter-jemput kalo mau pergi, ga pernah disuruh ngepel, nyapu, nyuci, benerin genteng dll. NISCAYA... ketika dia menikah denganmu, maka dia juga akan meminta kamu berlaku sama seperti ibunya. Yakanhoror.. 


In my opinion, hampir semua lelaki pada akhirnya akan menganggap istrinya juga sebagai ibunya. Eventually, dia akan buka buruk-buruknya dia, dan berharap kita masih akan cinta sama dia seperti ibunya cinta sama dia. Udah banyak fakta, laki-laki yang di luar kayanya gagah perkasa, di lapangan jago sepak bola, kuat lari marathon, nyetir berjam-jam lintas provinsi, dan lain lain.. percayalah sisterqu, sampe rumah dia akan terisak-isak mencari istrinya dan mengeluarkan seribu satu macam keluhan. Ya masuk angin lah, pegel-pegel lah, pusing lah, laper lah, keseleo lah, asam urat lah, kolesterol naek lah.. endsebreyy endsebrey.. 


Sagala karasa, kalo kata orang Sunda. 


That's why.. kalo suatu hari nanti aku punya anak laki, aku akan suruh dia nyuci, ngepel, masak, pokoknya semua pekerjaan domestik dia harus bisa. Oh yes, his future wife can thank me later! 


And last.. beneran ini last.. terakhir.. 


Kalau kamu masih dalam fase pacaran atau taaruf or whatever that name.. jangan ragu untuk bertengkar. Bertengkar, bertengkar dan bertengkar! Lihat bagaimana dia menghadapi marah kamu, emosi kamu, at your worst, lihat juga apakah kamu siap kalau liat dia marah, ngomel, ngamuk dsb. Jangan pernah takut buat ngeliatin kekurangan kita, karena in the end, percayalah semua akan terbongkar sampai yang busuk-busuknya sampe yang geli-gelinya. Lebih baik tahu di awal daripada ketahuan di akhir. 


Sebisa mungkin jangan sampe ada statement model gini keluar: "Ah nyesel gua kawin sama dia." Panjang ni urusan.. 


atau.. "Kok dia jadi beda sih sama waktu pacaran dulu?" 


Pacaran tu ibarat brosur jualan rumah yang masih pake gambar 3D. Indah banget, iya! Rumputnya hejo, awannya biru. Aslinya mah ya ga begitu, rumputnya juga kadang ga ijo tapi butek, kadang malah botak. 


Dan terakhir.. (iyeee ah beneran).. terakhir.. 


Kunci pernikahan yang long lasting dan harmonis itu ternyata bukan cinta. 


TAPI SABAR. 


Udah, gitu. 


***

6 comments:

  1. can't help myself stop laughing hahaha
    so relate to me yg padahal baru setahun 4 bulan menika & belum punya momongan.
    thank you Mba Galuh yang tulisannya selalu membuatku setuju sambil terbahak :D

    your blog reader & instagram follower
    Tami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haeeee Tami, terima kasih sudah mampir dan membaca.. terharu kadang, ternyata masih ada yang baca :")))

      Delete
  2. untung aing tara di urus sama emak gue luh, jadinya mandiri ampe rajin ngepel, nyeseuh sagala rupa, tapi da kumaha atuh, ini juga gegara meuli imah sorangan (kibas poni, pake kacamata item) mesin cuci jeung ART belon ke budget euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang ternyata setelah gua mempelajari teori parenting.. anak mandiri itu tercipta dari orang tua yang pemalas cuy... -____-

      Delete
  3. Lebih seneng baca story disini dibanding di instagram ya. Tidaq banyak pencitraaaaaaan wkwkwk

    ReplyDelete